Bunda & Anak

Tips Supaya Anak Mau Makan

Tips Supaya Anak Mau Makan

Anak tidak mau makan merupakan masalah yang sering dialami para bunda. Khususnya pada anak yang masih usia balita. Sebab pada usia satu sampai lima tahun, anak masih suka aktif bergerak, yang ini mempengaruhi pola makannya. Anak menjadi lebih suka bermain dibanding makan. Sehingga tak jarang membuat bunda bingung bagaiaman menyiasati agar nafsu makan anak bertambah.

Sponsor: cream pemutih wajah

Tidak perlu bingung, artikel kali ini akan memberikan tips-tips supaya anak mau makan:

  1. Sajikan anak makanan dalam porsi kecil terlebih dulu. Tujuannya supaya anak mampu menghabiskannya. Jika habis, beri dia pujian. Agar anak semakin semangat makan.
  2. Sajikan makanan dengan desain menarik. Ini perlu agar anak tertarik untuk memakannya. Bisa dengan dibentuk dengan karakter kesukaan.
  3. Beri kesukaannya. Meskipun anak susah makan, bukan berarti ia tidak mempunyai makanan favorite. Tanya pada anak, apa yang ia ingin makan hari ini. Bisa juga dengan tanya pendapatnya tentang makanan tertentu. Apakah responnya positif atau memberi respon negative. Bila postif, masakan makanan tersebut.
  4. Kurangi pemberian camilan pada anak di antara jam makan. Agar anak tidak terlebih dulu kenyang. Sebab apabila sudah kenyang, anak akan semakin sulit untuk makan.
  5. Olah makanan dengan bervariasi setiap harinya. Supaya anak tidak bosan dengan masakan bunda. Untuk memudahkannya buat jadwal per hari. Buat list masakan setiap hari dapat membantu bunda agar tidak kehabisan ide nantinya.
  6. Beri minuman kesukaan. Ini juga bisa menjadi motivasi anak supaya mau makan. Beri anak perjanjian bahwa makanan harus habis terlebih dulu, kemudian baru dapat menikmati minuman kesukaannya.
  7. Jika anak tidak bisa meninggalkan aktivitas mainnya, bunda dapat menyiasatinya dengan menyuapi anak sembari ia bermain. Ini sangat membantu. Anak akan makan dengan melakukan aktivitas yang ia sukai. Dengan begitu si kecil akan menghabiskan makanan tanpa rasa terpaksa.
  8. Bisa juga dengan mengajaknya jalan-jalan. Sambi ia bermain sepeda, misalnya.
  9. Jika anak tidak menyukai buah, berikan dalam bentuk kripik. Saat ini sudah banyak buah yang dikemas menjadi keripik. Seperti keripik pisang, keripik apel, keripik strawberry, dan masih banyak lagi. Dapat juga diberikan buah dalam kemasan kering.
  10. Ajak anak untuk terlibat dalam proses menyiapkan makanan. Kalau perlu biarkan ia berkreasi untuk makanannya sendiri. Karena biasanya si kecil akan makan hasil dari kreasinya sendiri.
  11. Mengubah suasana makan. Misal ajak si kecil piknik, atau makan di sebuah taman dekat rumah. Mengajak teman-temannya untuk makan bersama juga bisa. Dengan bersama teman, anak akan semakin semangat untuk makan.
  12. Beri suplemen penambah nafsu makan. Saat ini telah banyak suplemen-suplemen yang dapat meningkatkan nafsu makan anak bertambah. Ini akan sangan menolong bunda agar anak mau makan.

Paling penting, bunda harus sabar menghadapi anak yang sulit sekali makan. Lebih baik jangan dimarahi. Seab akan semakin membuat anak mempunyai pengalaman pahit dalam makan. Jangan sampai membuat makan menjadi dibenci anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top