Perawatan Kulit

Tips Rawat Kulit Berkomedo

Tips-Rawat-Kulit-Berkomedo

Kulit wajah berminyak dan berkomedo merupakan permasalahan yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang. Permasalahan wajah yang terjadi antara komedo dengan kulit wajah berminyak memang saling berkaitan. Karena tak jarang munculnya komedo pada umumnya disebabkan oleh akibat dari kulit wajah yang berminyak. Komedo yang menjadi permasalah wajah tersebut ada 2 jenis, yaitu komedo dengan warna hitam dan komedo dengan warna putih. Untuk mengatasinya para wanita perlu melakukan tips rawat kulit berkomedo yang paling tepat.

Sponsor : dr rochelle skin expert

Komedo hitam merupakan komedo yang telah mengalami proses oksidasi karena tidak ditutupi oleh lapisan kulit atau epitel. Untuk komedo hitam cukup mudah dikeluarkan dan dihilangkan karena tidak tertutup lapisan kulit. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan dengan komedo putih, karena komedo jenis ini tertutup oleh lapisan kulit sehingga lebih sulit untuk di keluarkan karena merupakan gumpalan sebum atau minyak. Permasalahan komedo pada wajah dapat muncul salah satunya adalah karena pori-pori kulit besar yang pada umumnya dimiliki oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Kedua permasalahan tersebut tentunya sangat mengganggu penampilan Anda, oleh karena itu berikut akan dipaparkan tips yang dapat membantu Anda mengatasi permasalahn tersebut.

  1. Kenali jenis kulit

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak tentu sangat rentan terhadap debu dan kotoran, karena kulit yang berminyak akan lebih mudah mengikat kotoran yang menempel pada kulit wajah. Kotoran yang menempel pada kulit tersebut dapat mengakibatkan munculnya komedo karena pori-pori kulit tertutup dan tersumbat debu serta kotoran. Jadi sangat perlu untuk coba periksa kembali apakah memang kulit Anda termasuk kulit berminyak atau bukan. Untuk kulit yang berminyak pada umumnya saat siang hari akan terlihat mengkilap serta terasa lengket dan berminyak. Jika Anda pemilik kulit berminyak maka tentunya harus lebih memperhatikan produk-produk kecantikan yang digunakan dan cara perawatan kulit yang tepat.

  1. Pilih pembersih dan pelembab

Memiliki kulit wajah yang berminyak, Anda tentu harus lebih cermat dalam memilih produkn pembersih dan pelembab yang Anda gunakan. Karena pemilihan pembersih wajah yang tepat dapat membuat wajah menjadi benar-benar bersih dan terasa segar. Selain itu, Anda juga membutuhkan pelembab wajah untuk tetap menjaga wajah agar lembab dan terjaga keelastisitasannya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak sangat dianjurkan untuk memilih pelembab yang oil free.

  1. Gunakan produk yang aman

Tips yang berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah gunakan kosmetik yang aman dan tidak berlebihan. Terutama hindari produk perawatan wajah yang bersifat comedogenic. Karena biasanya beberapa produk kecantikan yang ada dapat menimbulkan komedo, seperti tabir surya, susu pembersih, shampo yang berbahan gingseng, conditioner dan juga bedak padat. Jika dibandingkan dengan bedak tabur, bedak padat ini merupakan salah satu produk kecantikan yang memiliki kandunganzat comedogenic paling tinggi. Sehingga apabila digunakan untuk jangka waktu lama, hal itu juga bukan hanya dapat menyebabkan komedo, tetapi juga dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Cuci muka secara teratur

Setelah banyaknya aktivitas harian dan make up yang digunakan, Anda perlu mencuci muka secara teratur untuk mengurangi menumpuknya kotoran dan debu pada kulit dan pori-pori wajah. Selain itu Anda juga harus menjaga pola hidup. Karena gaya hidup sehat juga merupakan cara yang paling baik untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang berminyak. Perhatikan pola makan, istirahat serta melakukan olahraga yang cukup, dengan demikian timbunan lemak yang selalu menyebabkan wajah berminyak dan munculnya komedo pada kulit wajah Anda akan semakin berkurang.

  1. Perawatan dengan bahan alami

Tips perawatan kulit berminyak dan berkomedo yang terakhir adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti masker pepaya. Perawatan dengan buah yang satu ini adalah yang paling ampuh untuk mengusir komedo yang membandel. Karena dalam buah kaya serat ini juga mengandung vitamin, antioksidan dan zat aktif lain yang baik untuk kesehatan kulit. Caranya sangat mudah yaitu, hancurkan dan haluskan pepaya yang sudah matang dan tambahkan madu murni. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan masker pepaya tersebut pada kulit secara merata, diamkan hingga kering lalu bersihkan.

Selain itu Anda juga bisa menggunkan jeruk lemon dan baking soda untuk perawatan alami ini. Karena kandungan vitamin C dalam buah lemon dapat membuat kulit wajah cerah alami. Caranya yaitu, iris jeruk lemon menjadi beberapa bagian lalu usapkan irisan tersebut pada kulit wajah Anda. Perawatan dengan jeruk lemon secara teratur mampu membuat sel kulit mati terangkat, mengurangi minyak yang berlebih serta dapat membersihkan komedo. Sedangkan untuk perawatan dengan baking soda caranya adalah dengan melauratkan baking soda dengan air, lalu aduk hingga rata dan oleskan pada kulit wajah. Saat mengaplikasikannya pijatlah dengan gerakan melingkar, hal ini bertujuan agar kotoran dan sel kulit mati terangkat.

Itulah beberapa perawatan untuk kulit berminyak dan berkomedo yang bisa Anda coba. Seperti yang sudah diketahui, merawat kulit berminyak dan berkomedo memanglah sesuatu yang gampang-gampang susah. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu merawat kulit wajah Anda. Tidak sulit bukan?

3
75%
like
1
25%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top