Kesehatan

Tips Perawatan Kesehatan Gigi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

perawatan kesehatan gigi untuk anak berkebutuhan khusus

Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus memang membutuhkan perhatian yang sangat besar dari orang tua, termasuk untuk kesehatan gigi. Ada beberapa perawatan kesehatan gigi untuk anak berkebutuhan khusus yang harus dilakukan secara rutin. Hal ini terjadi karena terkadang anak-anak dengan kebutuhan khusus sulit untuk merawat kesehatan gigi dan mulut dengan tangan sendiri. Mereka membutuhkan bantuan orang lain terutama orang tua atau perawat.

Karena itu semua ini memang menyebabkan ada masalah resiko kesehatan gigi. Jika tidak diperhatikan maka bisa menyebabkan penyakit lain termasuk resiko penyakit jantung dan kesehatan otak. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk membantu perawatan gigi bagi anak berkebutuhan khusus.

  1. Menetapkan kunjungan ke dokter gigi secara rutin

Dokter gigi memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan gigi anak. Anda tidak perlu menunggu anak sakit gigi hanya untuk pergi ke dokter gigi. Sama dengan anak yang sehat dan orang normal maka perawatan dilakukan minimal setiap enam bulan sekali. Anda bisa berdiskusi dengan dokter mengenai kondisi gigi anak dan hubungan kesehatan gigi dengan penyakit khusus yang diderita oleh anak. Kemudian Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan gigi dan dampak makanan yang menjadi kebutuhan khusus bagi anak.

perawatan kesehatan gigi untuk anak berkebutuhan khusus

Sponsor : halojasa.com

  1. Konsultasikan dengan dokter yang merawat

Tidak semua anak berkebutuhan khusus bisa dipelakukan sama. Beberapa anak minum obat secara terus menerus untuk mengendalikan penyakit yang diderita. Sementara ada anak yang menggunakan peralatan medis khusus termasuk alat bantu makan, alat bantu pernafasan dan jenis alat lain yang berhubungan dengan kesehatan mulut. Pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai cara perawatan gigi yang tepat dan bagaimana untuk menjaga fungsi gigi anak tetap sehat.

perawatan kesehatan gigi untuk anak berkebutuhan khusus

  1. Pendekatakan anak agar mandiri

Beberapa anak dengan kebutuhan khusus memang sulit untuk diajak berkomunikasi. Namun Anda tidak boleh menjadikan ini sebuah halangan. Anda bisa mengajak anak untuk mengenal cara perawatan gigi. Mengajak anak untuk bekerjasama terutama ketika dibantu untuk membersihkan gigi. Kemudian Anda juga harus memberikan pengertian ketika makanan dan minuman anak harus dibatasi karena bisa merusak gigi dan beberapa cara lain. Anda juga bisa memberikan buku gambar yang menarik tentang perawatan gigi pada anak.

perawatan kesehatan gigi untuk anak berkebutuhan khusus

  1. Mengenalkan perawatan gigi rutin

Ketika Anda merawat anak dengan kebutuhan khusus maka Anda juga harus percaya. Pastikan Anda memberikan penjelasan dengan baik dan lembut. Lakukan anak untuk praktek langsung mengenai cara merawat gigi. Anda juga harus melakukan perawatan kesehatan gigi sehingga anak juga percaya bahwa itu bukan keinginan Anda saja. Jika anak berhasil melakukan semua usaha untuk merawat gigi maka berikan hadiah atau bonus. Pastikan anak terus melakukan perawatan gigi sehingga anak tetap sehat.

perawatan kesehatan gigi untuk anak berkebutuhan khusus

Merawat anak dengan kebutuhan khusus memang membutuhkan kesabaran, termasuk untuk merawat kesehatan gigi mereka. Saat anak berhasil melakukan apa yang Anda minta maka tunjukkan rasa bahagia pada anak. Kemudian mensyukuri kehidupan anak setiap saat bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk keluarga, terutama saat anak ulang tahun. Anda bisa melakukan perayaan untuk membahagiakan anak. Jika Anda cukup sibuk maka jangan sungkan untuk menggunakan jasa ulang tahun anak dari halo jasa. Anda bisa membuat perayaan pesta yang sederhana atau mewah dan yang paling penting berkesan. Jangan lupa segera hubungi dari ponsel Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top