Cantik Alami

Tips Merawat Kutikula Kuku Menjelang Lebaran

tips merawat kutikula kuku menjelang lebaran

Apakah Anda sering merasa khawatir dengan bentuk kuku Anda? Mungkin kuku Anda memang sudah cantik dan rapi tapi bagian tepi kuku sering pecah. Kulit di sekitar kuku disebut sebagai kutikula. Ketika Anda melakukan perawatan seperti menikur maka mereka akan menghilangkan dan merapikannya. Tapi jika tidak dilakukan secara teratur maka efeknya kulit bisa pecah-pecah dan tidak nyaman.

Sponsor: pemutih wajah

Sebenarnya kutikula adalah bagian yang rentan, karena terkadang sumber infeksi bisa masuk lewat celah kecil di sekitar kuku. Kutikula juga akan melindungi kuku sehingga memang harus dirawat dengan baik. Dibawah ini adalah beberapa tips merawat kutikula kuku menjelang lebaran, sehingga Anda bisa cantik saat menyambut hari raya.

  1. Jangan memotong kutikula

Ketika melakukan perawatan kuku maka biasanya kutikula akan dipotong. Tapi ternyata memotong kutikula bisa berbahaya untuk Anda. Bagian ini memang sangat tipis dan banyak ruang yang akan terbuka jika lapisan terus dipotong. Pertumbuhan kulit yang baru tidak akan menutup dengan cepat sehingga Anda mungkin bisa terkena infeksi. Untuk memulihkannya maka biarkan kutikula hingga tumbuh kembali dan biarkan rata dengan kuku. Anda hanya perlu memotong hingga sebatas kuku dan bukan mengambil banyak bagian kutikula.

tips merawat kutikula kuku menjelang lebaran

  1. Rendam kutikula dengan air tomat

Kemudian Anda juga bisa mencoba untuk memberi masker tomat pada bagian kutikula. Tomat mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kulit sekitar kuku seperti vitamin C, biotin dan vitamin E. Cara perawatan juga sangat mudah karena Anda hanya perlu merendam tomat dalam air selama beberapa saat. Kemudian celupkan atau masukkan bagian kuku dan sekitar kutikula ke dalam air selama beberapa saat. Setelah itu keringkan dan lakukan setiap hari selama menjelang lebaran.

tips merawat kutikula kuku menjelang lebaran

  1. Rawat dengan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang sangat tinggi dan juga senyawa kimia untuk menghaluskan kulit. Anda bisa mencoba untuk mengoleskan minyak kelapa secara merata pada bagian kuku dan sekitarnya. Minyak kelapa juga memiliki sifat dingin sehingga memang bisa membuat kutikula lebih lembab. Ketika Anda memiliki banyak kutikula yang robek maka rawat dengan minyak kelapa. Dengan perawatan yang teratur maka kutikula menjadi lebih lembut dan kulit di sekitarnya akan halus.

tips merawat kutikula kuku menjelang lebaran

  1. Oleskan minyak zaitun dan lemon

Minyak zaitun dan lemon menjadi perpaduan bahan yang sangat baik untuk kuku dan kulit di sekitarnya. Kedua bahan ini sangat kaya dengan vitamin E dan vitamin C yang bisa meningkatkan kelembapan kuku dan sekitarnya. Kemudian minyak zaitun dan lemon juga bisa melawan infeksi sehingga kuku menjadi lebih sehat. Anda bisa membuat campuran minyak zaitun dan lemon, kemudian oleskan pada kuku atau rendam selama beberapa saat.

tips merawat kutikula kuku menjelang lebaran

Ternyata merawat kutikula kuku tidak terlalu sulit bukan? Anda bisa menggunakan beberapa bahan diatas sehingga kuku dan kulit di sekitarnya menjadi indah. Anda bisa lebih percaya diri saat bersilaturahmi di hari raya nanti.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top