Parenting

Tips Mengenalkan Seni Lukis pada Anak

tips mengenalkan seni lukis pada anak

Pada dasarnya semua anak-anak sejak kecil memang sangat suka menggambar. Ketika masih kecil mereka belajar untuk menggunakan pensil dengan gerakan tangan yang benar. Setelah anak bisa melakukan semua kebiasaan itu maka mereka menjadi lebih aktif untuk menulis atau menggambar. Namun Anda mungkin belum tahu jika kebiasaan anak menggambar bisa menjadi bakat yang sangat baik untuk anak.

Sponsor: produk pemutih wajah

Mengenalkan sebuah seni pada anak pada dasarnya sangat baik untuk dilakukan semua orang tua. Anak akan mengenal berbagai warna dan menggunakan warna itu sesuai dengan selera mereka. Anda tidak perlu ikut banyak campur tangan dan hanya perlu mengarahkan saja. Dibawah ini adalah beberapa tips mengenalkan seni lukis pada anak.

tips mengenalkan seni lukis pada anak

Sumber: borepanda.com

  1. Berikan pakaian yang sedikit berantakan untuk anak

Hal pertama yang perlu Anda coba adalah membuat anak mengenakan pakaian yang sedikit berantakan. Ini sangat baik untuk anak karena memberi sentuhan seni seperti yang dilakukan oleh para pelukis. Anda bisa membuat anak mengenakan celemek yang penuh dengan warna atau noda warna sebelumnya. Cara ini juga bisa membuat anak tidak merasa takut ketika baju yang digunakan terkena noda cat atau noda warna yang lain. Kemudian anak bisa menjadi lebih mudah dan berani ketika berekspresi.

  1. Membantu persiapan anak untuk melukis

Kemudian setelah anak siap dengan pakaian lukis mereka maka Anda bisa membantu anak untuk menyiapkan semua kebutuhan anak. Pertama Anda bisa menyiapkan semua tempat yang bisa digunakan untuk menumpahkan cairan dan warna. Kemudian Anda juga harus mengatur semua kebutuha anak memang dekat sehingga anak tidak perlu banyak berjalan ketika sedang melukis. Lingkungan untuk melukis anak juga harus tenang dan membiarkan anak melukis semua inspirasi dengan tenang. Ini juga sangat baik untuk membantu anak menemukan bakat dan ide mereka.

  1. Jelaskan pada anak tempat untuk melukis

Ketika anak sudah mengenal warna dan berbagai alat lukis maka anak bisa menjadi sangat penasaran. Mereka bisa ingin selalu melukis dimana dan kapan saja. Karena itu mungkin anak Anda menjadi tertarik untuk melukis di tembok atau di meja. Untuk mengatasi ini maka Anda harus memberitahu anak bahwa melukis harus di tempat yang tepat. Anda bisa menyiapkan semua perlengkapan ketika anak ingin melukis. Semua cara ini bisa mencegah anak agar tidak melukis atau membuat gambar di tempat yang tidak tepat.

  1. Pilih cat dan warna yang aman untuk anak

Kemudian langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memilih cat dan jenis warna yang aman untuk anak. Ada beberapa jenis warna cat yang memang sangat aman untuk anak sehingga tidak menyebabkan efek samping seperti masalah kesehatan untuk anak. Sementara warna cat untuk anak memang harus yang sangat aman. Bau cat juga tidak boleh menyebabkan alergi seperti bau cat yang kuat sehingga menyebabkan anak terkena gangguan kesehatan.

Jadi seperti inilah kiat untuk membuka minat lukis pada anak. Anda bisa melakukan semua tips ini untuk membuat anak mengerti tentang seni lukis dan mau untuk melakukannya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top