Tips Membuat Kue Sehat untuk Anak

tips membuat kue sehat untuk anak

Apakah anak Anda sangat suka makan kue? Semua anak biasanya memang sangat suka dengan kue. Berbagai jenis kue yang dibuat di toko memang menarik. Tampilan kue penuh dengan warna dan rasa manis yang legit. Namun jika anak terbiasa mengkonsumsi kue seperti ini maka ada banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi di masa depan. Anak Anda bisa terkena obesitas yang bisa membuat kondisi tubuh terancam dengan penyakit kompliklasi.

Sponsor: produk pemutih wajah

Ide untuk membuat kue sendiri memang bisa membuat anak lebih aman dari bahaya kue di berbagai toko kue. Anda mungkin bisa berusaha lebih namun hasilnya anak lebih sehat dan tidak terkena berbagai bahan kimia. Dibawah ini adalah beberapa tips membuat kue sehat untuk anak yang bisa dilakukan semua orang tua.

tips membuat kue sehat untuk anak

Sumber: borepanda.com

  1. Memilih tepung organik dan membatasi telur

Salah satu ancaman serius dari kue lezat yang sering dilupakan adalah berbagai bahan yang mengandung lemak jenuh. Kue bisa menggunakan minyak dan telur untuk membuat kue mengembang sempurna. Namun kue untuk anak sebaiknya tidak menggunakan minyak sawit dan telur secara berlebihan. Tepung yang digunakan sebaiknya bukan tepung komplek dan bisa digantikan dengan tepung yang mengandung protein khusus. Ini juga baik untuk membantu anak agar bisa menerima kalori sesuai kebutuhan tubuh anak. Kemudian campurkan dengan berbagai bahan perasa alami seperti lemon atau daun mint.

  1. Menggantikan perasa kue dengan buah atau sayuran

Memang sulit untuk membuat anak bisa makan buah dan sayuran secara teratur. Namun Anda tidak bisa menuruti keinginan anak jika memang itu buruk untuk kesehatan mereka.  Sebagai gantinya maka Anda bisa mencoba untuk membuat kue yang menyertakan bahan sayuran dan buah sebagai bahan utama. Misalnya kue yang terbuat dari wortel, jeruk, bit, melon, nanas, apel dan jenis buah lainnya. Anda juga bisa membuat kue dari sayuran seperti labu, bayam, brokoli, kembang kol dan jenis sayuran lain. Semua cara ini sangat baik untuk anak agar bisa makan buah dan sayuran dengan teratur.

  1. Lihat bahan pengganti yang baik untuk anak

Semua jenis kue yang dijual biasanya mengandung bahan pewarna dan perasa yang sangat kuat. Bahan ini mengandung zat kimia yang bisa berubah menjadi karsinogen dalam tubuh. Untuk mencegah anak menerima semua bahan ini maka Anda bisa mencoba menggunakan bahan perasa dan perwarna alami. Misalnya dengan susu rendah lemak sebagai pengganti susu kental yang kaya dengan lemak jenuh, jeruk lemon untuk pengganti rasa asam, jus stroberi untuk pengganti sirup dan semua jenis bahan alami. Coklat tanpa pemanis masih bisa dicampurkan karena sulit untuk menggantikan bahan coklat dalam kue yang disukai anak-anak.

  1. Membuat kue satu lapis saja

Jika Anda melihat kue maka biasanya semua kue dibuat bersusun tinggi dengan beberapa lapisan warna yang berbeda. Untuk mengatasi ini maka Anda membiasakan anak agar makan kue sebanyak satu lapis saja. Kue satu lapis yang dibuat dengan cara dipanggang lebih sehat karena jumlah kalori sesuai dengan kebutuhan anak. Selain itu semua bagian kue lebih sehat untuk anak karena bisa matang dengan sempurna.

Inilah berbagai cara yang bisa Anda coba untuk membuat kue sehat bagi anak-anak. Anda bisa merubah beberapa ide ini asalkan tetap sehat untuk anak dan memilih bahan yang sehat untuk tubuh anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top