Keluarga

Terlalu Mencintai Hewan Kesayangan, Ternyata Tidak Baik untuk Keluarga

efek buruk terlalu sayang pada binatang kesayangan

Memang saat ini banyak keluarga yang memilih beberapa binatang kesangan sebagai teman anak atau teman keluarga. Mereka memperlakukan hewan kesayangan secara khusus sehingga banyak orang yang menganggap itu juga bagian dari keluarga. Ketika memiliki binatang kesayangan maka itu bisa membuat perasaan menjadi lebih peka dan meningkatkan hubungan sesama anggota keluarga.

Sponsor: perawatan wajah

Tapi bagaimana jika semua orang dalam keluarga memiliki perasaan yang berlebihan terhadap hewan  kesayangan? Ternyata semua hal yang berlebihan memang bisa memberikan efek yang cukup buruk, termasuk untuk hubungan dalam keluarga. Berikut ini adalah beberapa efek buruk terlalu sayang pada binatang kesayangan bagi keluarga Anda.

efek buruk terlalu sayang pada binatang kesayangan

Sumber: borepanda.com

  1. Meningkatkan rasa posesif yang berlebihan

Ketika Anda memiliki binatang kesayangan maka Anda bisa membuat binatang selalu dekat dengan Anda. Bahkan mungkin anggota keluarga yang lain tidak diberi ijin untuk menyentuh atau sekedar menggoda binatang kesayangan. Jika sudah seperti ini maka Anda bisa memiliki perasaan posesif yang sangat berlebihan. Efek sikap ini tidak baik karena bisa membuat Anda melupakan berbagai perasaan sayang yang harus merata dalam keluarga. Anda juga bisa melupakan berbagai kewajiban untuk semua keluarga Anda dan membuat hubungan menjadi tidak menyenangkan.

  1. Membuat beberapa tindakan tidak masuk akal

Ketika seseorang menyayangi binatang secara berlebihan maka itu juga bisa membuat berbagai tindakan tidak masuk akal. Anda mungkin hanya ingin binatang kesayangan tidur atau duduk di tempat yang istimewa. Lalu Anda marah ketika anggota keluarga yang lain duduk di tempat itu. Kemudian ini bisa membuat perasaan dan suasana hati menjadi tidak menyenangkan. Tindakan seperti ini sangat tidak baik untuk semua orang yang tinggal dalam rumah yang sama. Jika sudah seperti ini maka semua orang dalam keluarga Anda bisa terluka.

  1. Membuat anak menjadi terlalu dekat dengan binatang

Anak-anak yang menyayangi binatang terkadang juga memiliki respon yang sangat baik terhadap hewan. Namun respon yang berlebihan bisa membuat anak sangat dekat dengan binatang kesayangan. Ketika anak menjadi sangat sayang mereka ingin memperlakukan binatang sebagai teman mereka. Anak terkadang bertindak di luar batas sehingga bisa membuat anak terluka atau binatang yang marah dengan anak Anda. Ini bisa membuat kondisi anak berada dalam tahap berbahaya dan terkadang juga muncul resiko kesehatan.

  1. Meningkatkan resiko cedera atau kecelakaan pada orang dan binatang

Bagaimanapun binatang memiliki naluri yang sangat berbeda dengan manusia. Terkadang Anda menganggap bahwa binatang kesayangan sangat jinak dan Anda bisa melakukan apa saja yang menurut Anda nyaman untuk binatang. Tapi perasaan seperti ini bisa membuat binatang marah dan juga menyebabkan cedera untuk siapa saja. Tidak hanya untuk Anda sendiri tapi juga untuk anak-anak dibawah usia. Hal ini juga bisa memicu hubungan tidak baik misalnya perbedaan pendapat antara bapak dan ibu.

Jadi itulah mengapa batas terhadap keluarga dan binatang kesayangan memang harus disadari. Jika Anda terlalu sayang maka bisa saja menyebabkan beberapa efek buruk seperti yang sudah dibahas, termasuk untuk keluarga dan binatang kesayangan Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top