Tengkorak Rusak Karena Minuman Berenergi, Ini Dampak Buruk Minuman Itu

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

Austin adalah salah satu calon ayah yang membagi pengalaman mengerikan akibat minuman berenergi. Ada dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh yang sangat fatal dan telah tidak diperdulikan oleh banyak orang. Minuman ini biasanya dikonsumsi ketika memiliki jadwal pekerjaan yang padat sehingga tubuh harus terus beraktifitas. Banyak orang yang mengatakan jika minuman ini memang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Efek kafein dalam minuman ini juga akan mencegah tubuh lemah dan mengantuk. Dan semua efek itu bisa terjadi dalam waktu yang lama.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Tapi apakah semua itu terlihat baik-baik saja? Sebenarnya tidak dan tubuh Anda bisa sangat buruk. Berikut ini beberapa hal buruk yang bisa terjadi pada tubuh Anda jika berlebihan mengkonsumsi minuman berenergi.

  1. Ada resiko serangan jantung

Untuk orang-orang yang sehat dan memiliki riwayat jantung yang sehat bisa menerima dampak buruk dari minuman berenergi. Minuman ini mengandung kafein yang sangat tinggi juga dicampur dengan soda. Efeknya bisa menyebabkan jantung bekerja sangat keras untuk memompa darah ke semua bagian tubuh. Kemudian jika dikonsumsi terus menerus maka bisa menyebabkan reaksi jantung yang berlebihan. Jantung bisa berhenti berfungsi secara mendadak sehingga tidak ada aktifitas dan aliran darah. Lalu apa yang akan terjadi? Sebuah studi membuktikan jika minuman ini akan menyebabkan peluang serangan jantung yang sangat parah.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

Sumber: borepanda.com

  1. Sering sakit kepala

Banyak orang yang mengkonsumsi minuman berenergi mengatakan jika mereka akan menderita sakit kepala. Tapi anehnya mereka mengatakan semua itu terjadi karena tidak tidur dalam waktu lama atau tubuh yang sangat lelah. Sebenarnya itu tidak selalu benar karena juga bisa disebabkan oleh minuman berenergi. Sakit kepala terjadi karena efek kafein dan soda dari minuman tersebut. Kemudian soda dan kafein juga akan meningkatkan rasa cemas karena tingkat adenosin yang meningkat. Lalu jika sudah sering mengalami hal tersebut maka bisa menyebabkan panik dan sesak nafas secara mendadak.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

  1. Sulit tidur

Sesaat setelah mengkonsumsi minuman berenergi maka tubuh Anda menjadi lebih segar. Kemudian efeknya bisa menyebabkan Anda tidak bisa tidur. Ini juga salah satu alasan ketika pekerja keras menggunakan minuman berenergi sebagai pencegah tidur. Tapi jika terus-menerus diminum maka bisa menyebabkan Anda sangat sulit untuk tidur. Semua sistem dalam tubuh tidak bisa tidur dengan baik karena pengaruh kafein dalam darah. Ini sangat berbahaya karena tubuh Anda tidak bisa istirahat dengan baik. Kabar yang mengejutkan adalah terlalu banyak kejadian kecelakaan yang terjadi karena sulit tidur akibat minuman ini.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

  1. Kecanduan dan gangguan interaksi obat

Banyak pihak medis yang sudah membuktikan bahwa konsumsi minuman berenergi juga bisa meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Kondisi ini bisa terjadi karena pankreas dalam tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang cukup. Akibatnya maka tubuh mendapatkan kadar gula darah yang tinggi. Lalu efek yang lain bisa membuat tubuh Anda merasa sangat tergantung dengan minuman ini. Jika tidak mengkonsumsi minuman maka tubuh Anda merasa lebih lemah. Dan tentu saja semua efek ini akan membuat tubuh Anda membentuk reaksi ketika minum obat tertentu. Semua bahan dalam minuman berenergi bisa menyebabkan depresi yang parah setelah minum obat.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

  1. Meningkatkan rasa gelisah

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda seperti minuman berenergi sangat buruk untuk perilaku. Banyak remaja yang mengkonsumsi minuman ini menjadi lebih mudah marah, tingkat konsentrasi yang buruk dan kesulitan untuk fokus. Kemudian dampak lain bisa membuat gelisah dan marah yang sangat buruk. Banyak masalah emosi dan mental yang akan terjadi karena kecanduan terhadap minuman berenergi. Tapi biasanya kondisi ini sering diremehkan dan tidak dianggap sebagai dampak buruk.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

  1. Alergi dan muntah parah

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berenergi sangat buruk untuk tubuh. Kafein dan soda yang sangat tinggi bisa menyebabkan asam lambung yang tinggi. Kemudian bisa menyebabkan reaksi muntah terus menerus dan tubuh kekurangan cairan. Jika hal ini sering terjadi maka bisa menyebabkan reaksi alergi yang sangat parah, sakit pada kerongkongan dan kondisi gangguan sistem pernafasan. Untuk penderita asma maka gangguan ini bisa menyebabkan serangan asma yang sangat cepat.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

  1. Penyakit hipertensi

Kafein dan soda dalam minuman berenergi juga bisa menyebabkan penyakit hipertensi. Kondisi ini sangat buruk untuk tubuh karena bisa meningkatkan resiko penyakit yang lain. Banyak penderita gangguan hipertensi akibat minuman ini juga menderita stroke, pecah pembuluh darah pada otak, kejang dan resiko penyakit berat yang lain. Ini bisa terjadi ketika tubuh mendapatkan asupan minuman dalam jumlah yang lebih banyak. Kafein yang terdapat pada minuman berenergi sangat buruk untuk tubuh karena juga bisa membuat sistem pembuluh darah dalam tubuh tidak berfungsi seperti biasanya.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

  1. Tubuh kelebihan niasin

Niasin menjadi salah satu bahan yang ditambahkan dalam semua jenis minuman berenergi yang mengandung kafein dan soda. Niasin sebenarnya memang dibutuhkan oleh tubuh tapi pada tingkat yang normal sesuai kondisi tubuh. Kemudian ketika tubuh selalu mendapatkan niasin dari minuman ini setiap hari, maka bisa menyebabkan tubuh mengalami overdosis. Tanda kelebihan niasin bisa dilihat dari beberapa gejala seperti sakit kepala, jantung berdenyut lebih kencang, muntah, gatal, asam urat yang tinggi, diare dan gelisah.

dampak buruk minuman berenergi untuk tubuh

Inilah beberapa dampak yang terjadi ketika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi minuman berenergi. Karena itu jika memang Anda memiliki kebiasaan ini maka mulailah untuk dikurangi kemudian bisa berhenti sehingga tubuh sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top