Kesehatan

Tanda Depresi Tidak Terlihat Penyebab Vokalis Linkin Park Bunuh Diri

tanda depresi yang tidak terlihat

Beberapa waktu yang lalu dunia hiburan masih terkejut dengan meninggalnya vokalis Linkin Park, Chester Bennington. Ternyata Ia menderita tanda depresi yang tidak terlihat dan mendorong penderita untuk mengakhiri hidup. Hingga saat ini depresi sering dianggap sebagai penyakit mental yang tidak perlu dirawat. Namun sekarang kita tahu bahwa dampak penyakit ini memang sangat besar. Penderita bisa terlihat sangat biasa saja termasuk tertawa dan berkumpul dengan teman dan keluarga.

Sponsor: pemutih wajah

Karena itu keluarga atau orang lain harus paham dengan kondisi penyakit mental ini. Berikut ini adalah beberapa tanda depresi yang sering disembunyikan oleh penderita.

  1. Terlihat bahagia tapi tidak

Orang yang terkena depresi mungkin akan terlihat sangat biasa. Mereka bisa tertawa atau bahagia dan itu semua terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Tapi dibalik perasaan itu ternyata mereka merasa hampa, sedih dan tidak bahagia. Orang yang terkena depresi sering tidak ingin terlihat dengan kondisi itu. Karena itu mereka cenderung justru terlihat sangat biasa dan sehat di depan orang lain. Dan ini yang sering membuat keluarga atau teman mereka terlena dan menganggap kondisi yang sangat normal.

tanda depresi yang tidak terlihat

Sumber: borepanda.com

  1. Frustasi dan berdiam diri

Ketika penderita depresi merasa frustasi maka mereka ingin berdiam diri. Mereka tidak ingin marah kepada orang lain dan justru melampiaskan rasa marah itu pada diri sendiri. Ini kondisi yang sangat kronis dimana penderita merasa sangat sakit namun tidak bisa berbuat banyak. Jika penderita depresi berobat maka mereka biasanya akan mengatakan kepada terapis tentang masalah mereka. Namun ketika penderita tidak melakukan perawatan maka mereka justru menyimpan semua perasaan tersebut. Dan ini bisa membuat penderita ingin bunuh diri untuk mengakhiri penderitaan.

tanda depresi yang tidak terlihat

  1. Terlihat normal tapi tidak punya minat

Penderita depresi mungkin akan terlihat sangat biasa dan bisa melakukan kegiatan seperti orang yang normal. Namun mereka sebenarnya telah melewati tahap dimana mereka tidak memiliki minat untuk bergerak. Akhirnya mereka tetap melakukan kegiatan yang normal namun mereka tidak fokus dalam kegiatan tersebut. Mereka bisa terlihat tersenyum namun menyimpan rasa sedih yang sangat besar. Jika sudah mencapai tahap ini maka penderita bisa terkena kondisi yang sangat parah.

tanda depresi yang tidak terlihat

  1. Terkena insomnia

Beberapa tanda depresi bisa menyebabkan penderita merasa tidak normal dan memiliki kehidupan yang lain. Hal inilah yang akan menyebabkan penderita terkena insomnia atau sulit untuk tidur. Memang ini kondisi yang sangat buruk karena penderita akan kehilangan  kehidupan yang normal. Mereka tidak ingin tidur dan justru menggunakan waktu malam hari untuk bekerja atau semua kegiatan yang mengalihkan perasaan mereka.

tanda depresi yang tidak terlihat

Jadi seperti inilah semua hal yang bisa terjadi pada penderita depresi meskipun tidak terlihat dengan jelas. Karena itulah keluarga dan semua orang terdekat harus memperhatikan semua gejala dan mendorong penderita untuk mendapatkan perawatan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top