Perawatan Bibir

Tak Disangka, Inilah Penyebab Bibirmu Pecah-Pecah!

Tak Disangka, Inilah Penyebab Bibirmu Pecah-Pecah!

Tak disangka, inilah penyebab bibirmu pecah-pecah! Ternyata bibir pecah-pecah tidak hanya disebabkan oleh kurangnya vitamin pada kulit bibir. Buktinya, ada beberapa kebiasaan yang membuat kondisi bibir menjadi lebih kering dan tidak sehat. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan dapat berdampak pada kesehatan bibir. Tidak heran, bila perawatan yang kita lakukan tak kunjung membuahkan hasil yang maksimal. Seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan bibir seorang wanita. Apa saja kebiasaan tersebut?

Tak Disangka, Inilah Penyebab Bibirmu Pecah-Pecah!2

Sponsor: produk pemutih wajah

  1. Menggunakan pasta gigi

Tak banyak yang tahu bahwa sering menggunakan pasta gigi dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Pasta gigi memang memiliki peran penting dalam membersihkan mulut dan memutihkan gigi serta menyegarkan mulut. Di sisi lain, penggunaan pasta gigi juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kulit bibir. Pasta gigi umumnya mengandung perisa buatan dimana kandungan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi. Alergi yang dirasakan oleh masing-masing orang tentu saja berbeda. Alergi cheilitis aau bibir bengkak dan stomatitis ayau mulut bengkah adalah dua contoh efek pengguaan pasta gigi.

Reaksi alergi yang terjadi berulang-ulang inilah yang menyebabkan kulit bibir menjadi terlihat pecah-pecah dan kering. Namun kondisi ini umumnya terjadi pada lebih banyak pada wanita. Lantas bagaimana agar tidak terkena alergi dan bibir pecah-pecah? Cara terbaik yang dapat kita lakukan ialah dengan cepat membilas mulut setelah menggosok gigi. Sebaiknya, jangan menggunakan pasta gigi yang bila menimbulkan reaksi alergi. Pilih pasta gigi yang terbuat dari bahan alami.

Tak Disangka, Inilah Penyebab Bibirmu Pecah-Pecah!3

  1. Menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir rupanya juga menjadi salah satu penyebab keringnya bibir. Sayangnya, kebiasaan buruk ini masih jarang diketahui oleh kaum hawa. Kebiasan menjilat bibir biasanya dilakukan pada saat bibir terasa kering. Alih-alih membuat kulit bibir lebih basah, justru bibir menjadi lebih kering dan menghitam. Ludah yang menempel di kulit bibir akan mengering dengan cepat sehingga kulit bibir menjadi kering dan hal ini berimbas pada kulit bibir pecah-pecah.

Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang Anda berhenti untuk menjilat bibir. Bila Anda sudah merasakan bibir yang kering, oleskan saja pelembab bibir atau lip balm. Lip balm lebih efektif melembabkan bibir dan menghindarkan bibir dari kondisi kekeringan. Aplikasikan lip balm saat pagi hari dan saat bibir sudah mulai mengering. Imbangi juga dengan melakukan perawatan bibir dengan scrub bibir. Gula bisa jadi bahan efektif untuk menghaluskan kulit bibir yang kasar dan pecah-pecah.

Tak Disangka, Inilah Penyebab Bibirmu Pecah-Pecah!4

Nah, itulah beberapa kebiasan yang ternyata membuat kondisi bibir menjadi terganggu dan tidak sehat. Cobalah untuk menghentikan dua kebiasan di atas agar kondisi bibir Anda mulai membaik. Bila sudah terlanjur pecah-pecah, atasi dengan perawatan yang tepat dan konsumsi buah bervitamin. Selebihnya, konsumsi air putih yang cukup dapat mengatasi kulit bibir kering dan pecah-pecah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top