Info Dokter

Sebaiknya Waspada Terhadap Jajanan Anak Saat Ini

waspada jajanan anak

Sebaiknya Waspada Terhadap Jajanan Anak Saat IniWaspada Terhadap Jajanan Anak –Di zaman semoderen ini kita orang tua haruslah lebih berhati-hati dalam memilih beragam produk dari jajanan yang sehat untuk sang buah hati kita. Hal tersebut dikarenakan saat ini kian banyak para pedagang yang nakal untuk menyelipkan beberapa zat-zat tertentu yang tergolong berbahaya untuk dikonsumsi bagi tubuh. Diperlukan untuk selalu waspada terhadap jajanan anak yang di jual di pasaran.

Seperti yang telah ditemukan oleh para konsumen terhadap Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak atau P2TP2A di Bekasi, bahwa terkait adanya jajanan anak-anak yang dikemas menggunakan wadah yang mirip dengan kondom beberapa waktu yang lalu. Jajanan tersebut telah ditemukan di pedangan makanan anak-anak di sekitar SD tersebut.

Jajanan yang telah dikemas di dalam kotak kardus tersebut terdapat tulisan  yaitu “Kotak Kado” dengan gambar aneka kartun seperti Frozen, Bobo boy hingga Angry Bird. Saat kardus dibuka susu cair di dalamnya ternyata dikemas dengan plastik yang mirip dengan kondom. Setelah itu diikat, sebelum dikonsumsi susu tersebut dikocok terlebih dahulu seperti Es Mambo.

Kejadian yang tentunya membuat geger saat itu membuat salah satu badan P2PT2A kota Bekasi bergerak cepat. Selain itu tak jarang di beberapa berita investigasi yang kerap kali menemukan bahwa aneka jajanann di pasar saat ini banyak yang tak menerapkan standar kehigenisan. Hal tersebut tentu membuat para orang tua wajib khawatir terhadap peristiwa ini.

Untuk itulah guna menghindari dampak buruk yang ditimbulkanya, sebagai orang tua kita sebaiknya membekali anak-anak kita dengan bekal makanan bergizi dari rumah. Jikalau anak tersebut menginginkan untuk membeli jajanan di luar, perlu adanya pengawasan yang ketat dari orang tua. Karna untuk menghindari memang dibutuhkan kesigapan di dalam pemonitorannya.

Beberapa dampak berbahaya jikalau makanan yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sampai termasuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya gangguan, seperti pada gangguan pencernaan, hingga ancaman penyakit kanker dapat menyerang.

Selain itu peran dari pemerintah di bawah koordinasi Badan Kesehatan serta BPOM perlu untuk selalu menggencarkan sidak di sejumlah lokasi dan wilayah, terutama di tempat-tempat seperti sekolah.

Selain menimbulkan penyakit jangka pendek, makanan yang mengndung bahan kimia dapat pula menyebabkan penyakit jangka panjang hingga gangguan pada genetik untuk keturunan nantinya. Kewaspadaan perlu ditingkatkan agar tak ada lagi kasus berbahaya yang dialami oleh sanak keluarga kita.

Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa permasalahan makanan ataupun jajanan pada anak tak menjadi hal yang besar. Padahal masalah jajanan tersebut menjadi sangat urgen dalam perkembangan anak kita. Anak yang sehat akan menjadi bermanfaat bagi umat maupun bangsa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top