Perawatan Kulit

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!

Punya kulit berjerawat, stop lakukan ini! Memiliki kulit yang berjerawat membuat setiap wanita kurang percaya diri. Bahkan kita harus menjaga konsumsi makanan. Mengapa demikian? Hal ini mengingat beberapa makanan yang dikonsumsi setiap hari justru membuat jerawat yang menempel di kulit meradang. Tak hanya mengawasi setiap makanan yang dikonsumsi, seseorang yang sudah memilki permasalahan jerawat sejak lama disarankan untuk menghentikan kebiasaan buruk. Umumnya, mereka yang memiliki jerawat tak menyadari telah melakukan kebiasaan buruk dimana kebiasaan inilah yang ternyata menyebabkan kondisi jerawat menjadi parah. Karena itu, bila saat ini Anda mengalami permasalahan mengenai kulit yang dipenuhi dengan jerawat dan tak kunjung sembuh, cobalah untuk mengecek kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari. Barangkali kebiasaan buruk tersebutlah yang membuat jerawat di kulit tak kunjung sembuh. Cek kebiasaan buruk ini dan segera hentikan agar jerawat tak semakin meradang.

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!2

Sponsor: cream perawatan wajah

  1. Menggunakan produk berbahan scrub

Kebiasaan buruk yang selama ini masih tidak disadari banyak orang ialah menggunakan produk berbahan scrub. Tahukah Anda produk-produk kecantikan kulit termasuk produk eskfoliator menggunakan bahan scrub. Bagi pemilik kulit yang berjerawat, menghindari produk berbahan scrub adalah hal yang harus dilakukan. Namun, rupanya hal ini masih belum disadari oleh banyak orang sehingga masih ada yang tetap menggunakan produk perawatan berbahan scrub.

Produk berbahan scrub memang dapat memutihkan kulit. Akan tetapi, produk ini ternyata tidak akan membantu menghilangkan jerawat. Hanya produk scrub yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang dapat digunakan untuk kulit berjerawat. Sementara scrub biasa akan menghilangkan lipid yang berada di lapisan terluar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit. Alhasil, kulit wajah pada akhirnya tak dapat mentoleransi obat dan jerawat justru semakin meradang. Apakah Anda masih sering menggunakan produk kecantikan berbahan scrub?

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!3

  1. Terlalu sering membersihkan kulit yang berjerawat

Setiap orang yang memiliki kulit berjerawat pastinya akan merasa risih dan ingin selalu membersihkan wajah agar jerawat cepat kempes dan menghilang. Alih-alih mengempeskan jerawat atau menghilangkan jerawat, sering membersihkan wajah ternyata justru menjadi penyebab parahnya kondisi jerawat di kulit lho. Apalagi bila dalam melakukan pembersihan dilakukan dengan menggunakan air hangat. Hal ini sangat tidak menguntungkan kulit wajah Anda. Air hangat memang dapat membantu membersihkan kulit dari sumbatan bakteri. Tetapi berbeda halnya dengan pembersihan kulit yang sudah ditumbuhi jerawat.

Kulit berjerawat termasuk ke dalam kulit yang sensitif. Sedikit saja sentuhan ataupun pijatan akan membuat jerawat meradang. Air hangat yang digunakan untuk membersihkan jerawat justru tak akan membuat jerawat kempes. Kulit bahkan bisa menjadi memerah lantaran kebiasaan membersihkan kulit dengan air hangat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membersihkan wajah terlalu sering. Bila hendak membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah, sebaiknya teliti dahulu kandungan yang terdapat pada pembersih wajah tersebut. Hal ini karena beberapa pembersih wajah tidak cocok dikenakan saat kulit sedang berjerawat. Misalnya saja susu pembersih wajah.

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!4

  1. Sering memegang dan memencet jerawat di kulit

Satu lagi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak wanita yang memiliki jerawat ialah memegang jerawat bahkan memencet jerawat. Disadari atau tidak, memegang dan memencet jerawat di kulit justru tidak akan memberikan keuntungan apa-apa. Kebiasaan tersebut justru akan memberikan dampak negatif karena bakteri penyebab jerawat menyebar ke seluruh kulit wajah. Bila hal ini terjadi terus-terusan maka jerawat baru akan muncul di bagian lain. Oleh karena itu, meski kondisi jerawat di kulit wajah Anda sangat parah, sebaiknya hindari untuk sesegera memencet jerawat. Memencet jerawat dengan paksa dapat menyebabkan luka parut di kulit.

Tak hanya itu, bekas jerawat akan tertinggal di kulit Anda. Bila sudah begini, kulit Anda akan menjadi lebih gelap karena dipenuhi dengan bekas jerawat. Sebaliknya, gunakan krim jerawat atau salep yang diformulasikan untuk mengurangi jerawat. Anda juga sebaiknya tak menggunakan semua jari-jari tangan dalam mengoleskan krim jerawat tersebut. Hanya gunakan satu jari saja untuk meratakan krim ke seluruh permukaan kulit yang ditumbuhi jerawat. Dengan begini, intensitas memegang jerawat bisa lebih ditekan.

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!5

  1. Menggunakan produk dengan kandungan minyak

Kebiasaan lainnya yang ternyata tak baik bagi kesehatan kulit yang berjerawat ialah penggunaan produk yang mengandung kandungan minyak. Perlu diketahui, jerawat sering muncul dan menyerang kulit karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh dimana perubahan hormon tersebut menyebabkan kelenjar minyak aktif bekerja. Agar tak bertambah parah, setiap pemilik kulit berjerawat harus menghindari produk perawatan kulit atau tabir surya yang mengandung minyak. Tak hanya itu, orang-orang ini juga disarankan untuk menghindari penggunaan make up terutama bedak padat.

Pasalnya bedak padat yang menempel kuat di permukaan kulit akan menyumbat pori-pori kulit. Agar jerawat tak meradang, Anda masih bisa menggunakan produk bebas minyak atau oil free dan noncomedigenik. Bila Anda dituntut untuk mengenakan make up sebaiknya gunakan make up yang berbahan dasar mineral. Misalnya saja dimethicone, powdered titanium dioxide, powdered silica dan powdered zinc oxide. Dengan cara menghindari produk-produk perawatan kulit yang mengandung minyak, maka kulit yang berjerawat bisa lekas sembuh.

Punya Kulit Berjerawat, Stop Lakukan Ini!6

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihentikan tatkala memiliki permasalahan jerawat. Meradangnya jerawat rupanya juga tergantung dari cara perawatan kulit yang kita lakukan. Bila kulit yang ditumbuhi jerawat dirawat dengan sembrono maka jerawat malah akan semakin meradang. Sebaliknya, jerawat di kulit bisa cepat sembuh bila ditangani dengan cara yang tepat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top