Penyebab Sobekan Ligamen Saat Olahraga dan Cara Mencegahnya

penyebab cedera sobekan ligamen saat olahraga

Melakukan berbagai jenis olahraga tentu sangat baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Jika Anda sudah bisa melakukan olahraga secara rutin maka bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Namun salah satu hal yang paling sering ditakuti ketika melakukan olahraga adalah cedera. Cedera bisa terjadi baik itu secara tidak sengaja dan juga terkena tindakan keras dari lawan main saat olahraga.

Cedera dalam olahraga menjadi hal yang menakutkan karena bisa membuat rasa sakit dan tidak nyaman. Kemudian pemulihan cedera juga membutuhkan waktu yang lama sehingga bisa menganggu aktifitas yang lain. Lantas apa penyebab cedera sobekan ligamen saat olahraga? Lihat beberapa daftar penyebabnya dibawah ini.

  1. Peregangan pada sendi

Cedera mungkin tidak bisa dihindari ketika semua penyebabnya terjadi secara spontan. Misalnya adalah ketika Anda berlari dengan cepat kemudian terjatuh dan salah satu bagian sendi kaki berusaha untuk menahan gerakan. Ini bisa menyebabkan peregangan yang terpaksa pada bagian sendi tubuh. Area yang paling sering terkena termasuk bagian tubuh dengan sendi memutar. Misalnya adalah pada bagian pergelangan kaki atau tangan. Cedera yang diakibatnya juga bisa terdiri dari beberapa level sesuai kondisi awal penyebab cedera. Cara untuk mencegah jenis cedera ini adalah dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga. Semua gerakan sendi dilakukan untuk mencegah adanya masalah ketika jatuh atau gerakan spontan.

penyebab cedera sobekan ligamen saat olahraga

Sponsor : halojasa.com

  1. Tarikan secara tiba-tiba

Kemudian bagian ligamen bisa sobek atau terluka yang menyebabkan cedera karena adanya tarikan keras secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa menyebabkan satu buah ligamen dengan satu titik mengalami penarikan dan  bahkan putus. Kondisi ini paling sering terjadi pada olahraga lari yang menyebabkan sendi lutut mengalami gerakan ekstrim dalam waktu yang cepat. Kemudian ketika berhenti secara tiba-tiba maka salah satu ligamen bisa tertahan sehingga bisa mengurangi gerakan dengan cepat. Resiko cedera ini bisa memburuk ketika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Cara untuk mencegah cedera ini adalah dengan menghindari olahraga yang sama dan mengurangi semua kegiatan olahraga ekstrim ketika tubuh tidak siap.

penyebab cedera sobekan ligamen saat olahraga

  1. Pukulan pada bagian sendi dan tulang

Kemudian penyebab cedera yang lain adalah adanya pukulan yang keras pada bagian sendi dan tulang disekitarnya. Kondisi ini paling sering terjadi pada olahraga yang memang membutuhkan kontak fisik secara langsung seperti karate, judo dan jenis olahraga lain. Dampak yang sering terjadi juga hanya pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, bahu, dan lutut. Tabrakan yang keras sebenarnya bisa membuat sendi mengalami trauma atau pergeseran dan tulang disekitarnya retak, patah atau trauma. Cara untuk mengatasi ini hanya dengan mengendalikan gerakan ketika melakukan olahraga yang membutuhkan kontak kepada orang lain.

penyebab cedera sobekan ligamen saat olahraga

Cedera saat olahraga memang akan membuat bagian tubuh menjadi tidak nyaman. Rasa sakit dan tidak nyaman setelah cedera juga bisa menyebabkan trauma ketika akan olahraga lagi. Untuk mengatasi dampak ini maka dibutuhkan ahli yang bisa membantu mengatasi cedera seperti sport massage. Tehnik dan tindakan yang tepat diperlukan untuk mengatasi cedera dan juga membuat luka cedera bisa pulih seperti semula. Anda bisa menemukan salah satu ahli dalam sport massage dari halo jasa. Hindari semua cedera yang berkepanjangan tanpa mendapatkan perawatan yang tepat hanya dengan ahli yang tepat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top