Diet

Nutrisi Dasar Diet Ini Bisa Menyelamatkan Penderita Ginjal Kronis

nutrisi dasar diet untuk penderita ginjal kronis

Ginjal adalah organ yang berfungsi sangat penting untuk tubuh. Dan sebenarnya ada nutrisi dasar diet untuk penderita ginjal kronis yang sangat menyehatkan. Biasanya penderita penyakit ginjal kronis memang sudah melewati tahapan penyakit ini. Akhirnya selama beberapa waktu maka fungsi ginjal akan menurun dan membutuhkan dialisis untuk mempertahankan fungsinya. Memang ini perawatan yang tidak mudah sehingga harus dilakukan dengan pantauan dokter.

Sementara penderita juga bisa melakukan diet untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Dan diet ini bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan saja. Berikut ini nutrisi diet yang perlu diberikan kepada semua penderita penyakit ginjal kronis.

  1. Kalori

Kalori adalah kombinasi nutrisi yang berasal dari protein, karbohidrat dan lemak. Ketiga jenis nutrisi ini yang akan membuat tubuh mendapatkan energi dan bisa beraktifitas. Jumlah kalori yang masuk harus sesuai dengan berat badan, aktifitas, tinggi badan dan jenis kelamin. Untuk penderita ginjal kronis maka kalori benar-benar harus diukur. Hindari terlalu banyak kalori karena itu juga bisa menjadi lemak untuk tubuh. Dan terlalu banyak kalori bisa membuat ginjal bekerja lebih berat dan memberikan efek untuk proses dialisis.

Diet Penderita Ginjal Kronis

Sponsor : halojasa.com

  1. Protein

Protein sangat penting untuk membantu sel tubuh tetap sehat. Ketika tubuh kekurangan protein maka tubuh bisa menjadi sangat lemah. Kemudian ketika berlebihan maka bisa menyebabkan masalah terutama kondisi kesehatan yang bisa menurun dengan cepat. Jadi untuk penderita ginjal maka protein yang masuk harus benar-benar dihitung. Sumber protein untuk penderita ginjal termasuk sumber hewan dan tumbuhan memang harus dijaga. Jadi perlu bekerjasama dengan ahli nutrisi untuk menghitung kebutuhan protein untuk tubuh.

nutrisi dasar diet untuk penderita ginjal kronis

  1. Karbohidrat

Karbohidrat memang jenis bahan yang penting untuk tubuh. Tanpa karbohidrat maka tubuh bisa menjadi sangat lemah. Dan untuk penderita ginjal kronis maka asupan karbohidrat harus berasal dari sayuran, buah dan sumber biji-bijian. Hindari mengkonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung tinggi gula termasuk nasi putih dan kue dari tepung. Kemudian jenis sumber karbohidrat yang mengandung kalium dan fosfor juga harus dibatasi agar ginjal bisa bekerja sesuai kondisi fungsi yang tersisa.

nutrisi dasar diet untuk penderita ginjal kronis

  1. Lemak dan garam

Sumber lemak untuk penderita ginjal kronis harus terdiri dari lemak sehat. Lemak dari hewan yang termasuk dalam lemak buruk atau penyebab kolesterol harus dihindari. Ini juga sangat baik untuk menjaga jantung berfungsi dengan sehat dan tidak ada masalah tinggi lemak dalam tubuh. Jenis sumber lemak seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan minyak kacang lebih baik dibandingkan minyak sawit. Garam yang ditemukan pada semua jenis makanan juga harus diperhatikan. Garam tidak baik untuk penderita ginjal kronis karena bisa mengganggu fungsi ginjal. Jadi perhatikan untuk membatasi asupan garam.

Diet Penderita Ginjal Kronis

Inilah semua diet yang khusus bisa dilakukan untuk penderita penyakit ginjal kronis. Selain itu diet ini juga penting untuk semua orang agar bisa memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal. Terlebih jika Anda ingin menurunkan berat badan. Disamping diet maka Anda bisa mencoba olahraga aktif seperti tinju. Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu menghubungi jasa pelatih tinju dari halo jasa. Anda bisa menghubungi dari ponsel dan pelatih akan membuat janji dengan Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top