Merawat Rambut Yang Terkena Hujan

merawat-rambut-yang-terkena-hujan

Rambut adalah mahkota seorang wanita. Permasalahan yang menyertainya merupakan hal serius yang harus dipikirkan penanganannya. Jika bad hair day saja sudah membuat kepala pusing tujuh keliling bahkan dapat mempengaruhi mood dan kepercayaan diri, lalu bagaimana jika Anda harus memulai hari dengan rambut basah dan lepek akibat terkena hujan ? Bayangkan saat Anda sudah rapi dengan rambut bersih dan tertata karena di kantor dan akan menemui klien, tiba-tiba saat berangkat ke tujuan Anda kehujanan dan tiba di kantor dengan kondisi rambut berantakan.

Sponsor : kezia skin expert

Hujan yang turun memang merupakan berkah dan rahmat dari Tuhan. Kedatangannya menyegarkan bumi dan membersihkan udara serta menghalau kekeringan. Namun demikian, pergantian cuaca dari kering ke lembab perlu diantisipasi. Untuk rambut indah Anda, air hujan yang baru turun dipercaya dapat menjadi pemicu kerusakan rambut karena kandungan asam dan kotoran yang terbawa bersamanya. Kandungan dalam air hujan ini dapat merusak sel rambut dan kulit kepala. Dalam kondisi musim penghujan, sebaiknya Anda mulai mengurangi atau meninggalkan alat-alat penata rambut seperti catokan. Alat semacam ini dapat menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya apabila terkena air hujan. Hujan yang baru tercurah membersihkan udara yang mengandung polutan, namun jika air hujan sudah lama turun, justru dipercaya memproduksi air bersih. Jadi berteduhlah saat hujan baru turun, setelah kurang lebih 5 menit berteduh jika Anda perlu segera beranjak, bermain sedikit air hujan tetap aman bagi rambut, meskipun harus Anda menata kembali. Hanya saja tetap diperlukan perawatan ekstra untuk rambut karena cuaca yang lembab.

Pada saat musim penghujan tiba, sebaiknya Anda lebih memikirkan kondisi rambut dan melakukan perawatan sederhana yang lebih dari sebelumnya. Masalah yang sering dihadapi rambut pada musim lembab ini adalah lepek, kusut, kaku, mengeriting hingga sulit diatur, dan masalah ini bisa berlangsung lama. Bahkan rambut Anda bisa rontok lebih dari 200 helai per hari di musim ini, sementara normalnya kita kehilangan rambut sekitar 50 hingga 60 helai per hari. Air kotor, unsur asam dan kelembaban yang ekstrim membuat rambut kita rusak. Untuk mencegah kerusakan rambut dan menjadi kesehatannya pada saat musim hujan, diperlukan trik khusus yang dapat Anda praktekkan sehari-hari.

Inilah beberapa cara untuk merawat rambut yang terkena hujan:

  1. Mencuci rambut atau keramas

Jika rambut Anda terkena hujan, disarankan untuk segera mencuci rambut atau keramas. Selain membantu untuk kebersihan rambut, segera keramas setelah hujan membuat Anda tidak mengalami pusing di kepala. Rasa pusing ini diakibatkan karena turunnya suhu tubuh khususnya pada bagai kepala yang memaksa tubuh untuk menaikkan suhu agar tidak merasa kedinginan. Karena itu jika tidak cepat kita guyur dengan air, maka kepala akan pusing atau bahkan dapat terserang flu apabila kondisi tubuh tidak fit. Keramas setiap hari juga disarankan pada musim ini. Gunakan shampoo dan conditioner yang ringan dan gantilah shampoo Anda dengan yang tidak mengandung bahan kimia. Shampoo yang bebas bahan kimia dan sesuai dengan jenis rambut Anda akan meningkatkan pertumbuhan rambut serta membuatnya tetap sehat. Jika Anda memerlukan alat pengering rambut setelah keramas, maka aturlah suhunya ke suhu rendah atau dingin.

  1. Segera keringkan rambut dan beri perlindungan

Cara selanjutnya yaitu segera mengeringkan rambut dengan handuk yang baik kualitasnya sehingga dapat cepat menyerap air untuk mencegah kondisi rambut menjadi kaku dan keriting. Lagipula rambut yang dibiarkan basah akan terlihat rapuh. Jika Anda sering melakukan perjalanan di luar ruang, sebaiknya bawa selalu handuk kecil yang berfungsi untuk mengeringkan rambut di tas Anda. Jangan sampai unsur polutan yang terkandung pada air hujan mengakibatkan iritasi pada kulit kepala. Setelah rambut kering, segera beri perlindungan pada rambut Anda dengan memoleskan gel ke rambut Anda yang basah atau gunakan perlindungan dengan termal semprot.

  1. Pijatan pada kulit kepala

Musim hujan cenderung membuat kulit kepala menjadi berminyak dan berketombe. Selain itu, rambut juga menjadi cepat rontok. Karena itu Anda perlu lebih sering melakukan pijatan pada kulit kepala rambut, terutama sehabis terkena air hujan. Lakukan dengan minyak esensial agar menimbulkan efek yang lebih baik. Kegiatan ini digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah, memperkuat rambut serta mencegah kerontokan rambut. Musim hujan membuat rambut menjadi rentan rontok, berminyak dan berketombe. Untuk mencegah datangnya ketombe, setelah mandi dan mencuci rambut, bungkuslah rambut dengan handuk panas. Saat Anda siap bepergian, pastikan rambut Anda telah benar-benar kering, karena rambut basah atau setengah basah memicu datangnya ketombe.

  1. Penataan rambut yang benar

Setelah rambut Anda kering dan siap bepergian kembali, menata rambut dengan cara mengepang adalah cara yang paling tepat. Tunggu kurang lebih 5 menit setelah penataan rambut, baru Anda keluar rumah. Jangan lupa selalu membawa sisir dan hair spray jika diperlukan untuk menjaga agar rambut selalu terlihat rapi. Jangan lupa juga untuk selalu membawa payung jika bepergian, sehingga tatanan rambut Anda tidak terganggu jika Anda harus keluar rumah dan berjalan di tengah hujan. Mempertahankan rambut tetap kering selama mungkin terutama sehabis terkena air hujan adalah cara selanjutnya. Rambut yang basah karena air hujan akan lebih lama proses kering alaminya daripada yang tidak.

Selain beberapa hal di atas, pada musim penghujan Anda disarankan untuk mengikuti diet sehat untuk kesehatan rambut. Bahan makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan salmon, telur, wortel, biji-bijian, sayuran serta sayuran hijau. Perawatan rambut dengan masker rambut atau creambath juga tetap disarankan agar rambut tetap sehat dan bersih berkilau.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top