Perawatan Tubuh

Manfaat Bulu Halus Di Tubuh

Manfaat Bulu Halus DiTubuh

Pada beberapa organ tubuh manusia, tumbuh bulu alami yang tidak bisa kita hindari. Namun, keberadaan bulu-bulu tersebut bagi sebagian orang sangat mengganggu dan akhirnya mereka memilih menghilangkannya dengan cara memotongnya, mencukur atau menggunakan beberapa bahan modern lain. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa beberapa bulu yang tumbuh di beberapa organ tertentu tersebut memiliki fungsi yang ternyata sangat penting bagi tubuh. Dengan mengetahui fungsi bulu tersebut, tentu Anda akan menjadi lebih hati-hati dan berpikir dua kali saat hendak memotong atau mencukur bulu-bulu tersebut. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa manfaat bulu halus di tubuh sesuai dengan organ tubuh manusia.

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Bulu pada kepala

Bulu-bulu tumbuh secara merata pada bagian kepala manusia yang umum disebut dengann rambut. Rambut ini tumbuh pada bagian epidermis atau bagian kulit yang luar, meskipun aslinya, bulu atau rambut ini berasal dari folikel rambut yang terdapat jauh di bawah dermis. Nah, apa fungsi rambut pada kepala ini? Rambut pada kepala memiliki fungsi yang cukup penting, yakni untuk melindungi kepala dari sengatan matahari secara langsung. Selain itu, rambut juga sangat penting untuk memberikan kehangatan pada kepala terutama saat musim dingin tiba sehingga kepala terhindar dari berbagai macam gangguan. Hubungannya dengan penampilan, rambut juga merupakan salah satu faktor yang akan meningkatkan penampilan, utamanya bagi wanita, karena rambut bagi wanita adalah serupa dengan mahkota. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rambut adalah hal yang sangat penting.

  1. Bulu pada kelopak mata dan alis

Bulu juga tumbuh pada area sekita kelopak mata dan juga alis. Bulu-bulu yang tumbuh ini tentu saja juga memiliki fungsi yang cukup penting bagi kondisi kesehatan manusia. Apa saja fungsi bulu yang tumbuh disekitar area mata tersebut? Nah, bulu yang tumbuh disekitar mata akan menahan keringat dan air hujan yang jatuh dan mengenai dahi anda. Dengan bulu mata tersebut, tentu saja air tidak akan mudah masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. Selain itu, bulu mata ternyata juga bisa menyaring cahaya yang akan diterima mata sehingga mata akan lebih terjaga kesehatannya dan terhindar dari mendapat cahaya yang berlebihan yang terkadang menyebabkan mata menjadi sakit. Untuk alis, fungsi bulu ini selain menahan air adalah untuk membuat mata menjad simetris dan meningkatkan penampilan.

  1. Bulu pada hidung

Jika dilihat sekilas, nampak ada bulu-bulu halus yang tumbuh di dalam hidung. Terkadang, bulu-bulu tersebut membuat hidung terasa gatal dan kita ingin sekali mencabutnya. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa bulu hidung tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan manusia? Ya, bulu-bulu yang tumbuh dalam hidung bukanlah bulu biasa. Bulu-bulu pada hidung memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyaring udara yang masuk ke dalam hidung sehingga udara yang dikonsumsi oleh tubuh merupakan udara yang bersih yang sudah mengalami mekanisme penyaringan oleh bulu-bulu hidung. Selain itu, bulu hidung juga berfungsi untuk memberikan kehangatan pada hidung agar terhindar dari flu yang dapat menyerang kapan saja, terutama saat musim penghujan.

  1. Bulu pada ketiak

Saat Anda mulai mengalami masa pubertas, Anda secara langsung akan melihat beberapa bulu halus mulai tumbuh di daerah sekitar ketiak. Bulu pada ketiak ini terkadang mengganggu penampilan karena terlihat kotor dan tidak rapi. Akan tetapi, sebenarnya, bulu pada ketiak memiliki fungsi yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Nah, apa fungsi bulu pada ketiak ini? Bulu pada ketiak akan menghalangi zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Dengan hal ini, tentu tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit, Selain itu, bulu pada ketiak juga akan memberikann rangsangan seksual yang lebih karena bulu tumbuh pada folikel yang berdekatan dengan kelenjar hormone. Anda tentu boleh mencukur bulu ketiak ketika dirasa mengganggu.

  1. Bulu pada kemaluan

Salah satu tanda lain saat Anda mulai menapaki masa pubertas adalah tumbuhnya bulu pada bagian kemaluan. Mungkin Anda akan merasa risih saat mengetahui bulu-bulu halus mulai tumbuh di sekitar kemaluan anda. Akan tetapi, bulu-bulu pada kemaluan memiliki fungsi yang sebenarnya penting. Bulu pada kemaluan berfungsi untuk memberikan kehangatan pada bagian kemaluan. Selain itu, bulu-bulu tersebut juga merupakan salah satu indikasi visual dari kematangan organ seksual Anda dan merupakan pelindung bagian yang sangat sensitive. Dengan mengetahui beberapa manfaatnya, tentu Anda tidak perlu merasa risih karenannya.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas rupanya kita dapat melihat bahwa bulu-bulu halus yang tumbuh di beberapa organ tubuh manusia sejatinya memiliki fungsi yang cukup penting dan berbeda-beda. Dengan mengetahui beberapa fungsi tersebut, tentu kita akan menjadi lebih tahu apa yang harus kita lakukan. Mencukur bulu-bulu tersebut memang diperbolehkan akan tetapi dengan beberapa cara dan waktu yang sudah pas. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat hendak mencukurnya karena ketidak hati-hatian Anda dapat menyebabkann iritasi pada kulit dan tentu akan menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top