Makanan Sehat

Makanan Sehat Saat Terkena Sariawan Lidah

Makanan Sehat Saat Terkena Sariawan Lidah

Sariawan yang terjadi pada lidah bisa menyebabkan Anda tidak bisa makan dengan baik. Sariawan sebenarnya kondisi kesehatan yang paling sering terjadi baik itu pada bagian bibir dan lidah. Sariawan akan menyebabkan lidah terluka, perih dan tidak bisa mengecap makanan dengan baik.

Makanan Sehat Saat Terkena Sariawan Lidah.1

Sponsorperawatan wajah terbaik

Hal ini sering menyebabkan penderita kekurangan nutrisi sehingga tubuh menjadi lebih lemah. Namun Anda juga membutuhkan makanan yang tepat sehingga tubuh bisa kembali sehat seperti semula. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat saat terkena sariawan lidah agar cepat sehat kembali.

  1. Melon dan blewah

Jika Anda ingin mengkonsumsi buah untuk membantu tubuh mendapatkan vitamin C dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk sariawan pada lidah, maka Anda bisa mencoba makan melon dan blewah. Kedua buah ini sangat sehat karena bisa membantu lidah mengecap makanan yang bersifat dingin dan lembut. Kedua buah ini mengandung rasa manis dan juga tingkat asam yang lebih rendah. Anda bisa mencoba untuk menghancurkan melon dan blewah menjadi lebih lembut sehingga tidak perlu mengunyahnya. Buah ini juga akan membantu tubuh tidak terkena dehidrasi sehingga lebih sehat.

  1. Susu

Ketika lidah sedang sariawan maka Anda pasti akan merasa malas untuk makan. Untuk membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang bisa memberi energi maka Anda bisa minum susu rendah lemak. Susu tidak mengandung kadar asam sehingga sangat baik untuk lidah. Kemudian susu juga bisa melindungi lapisan lidah karena bisa membuat konsentrasi enzim dan air liur menjadi lebih seimbang. Anda bisa mencoba untuk minum susu dingin bukan susu hangat karena susu hangat bisa menyebabkan lidah teras lebih perih.

  1. Bubur sayuran dan kacang-kacangan

Ketika Anda ingin mencoba untuk makan lebih banyak maka Anda bisa mencoba untuk makan bubur sayuran dan kacang-kacangan. Sayuran yang bisa dilembutkan seperti brokoli, kembang kol, kentang, dan jenis sayuran lain. Untuk semua jenis kacang bisa dikonsumsi saat sariawan. Rebus semua jenis sayuran dan kacang hingga lembut lalu hancurkan dengan blender. Anda bisa memasaknya lagi atau cukup menambahkan sup kaldu. Jangan menambahkan garam atau bumbu yang menyengat untuk bubur sayuran dan kacang ini karena bisa membuat lidah akan terasa lebih perih.

  1. Telur dan ikan

Meskipun lidah Anda terasa sakit akibat sariawan maka Anda juga membutuhkan nutrisi terutama protein. Tubuh Anda butuh sumber energi sehingga sariawan tidak bertambah buruk. Sumber nutrisi protein yang bisa Anda konsumsi adalah telur dan ikan. Telur dan ikan bisa diolah menjadi makanan yang sangat lembut yaitu dengan menjadi bubur atau rebusan telur dan ikan. Jika Anda tidak ingin makan nasi maka telur dan ikan sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi lebih bertenaga. Jangan mengkonsumsi ikan atau telur yang digoreng karena itu bisa membuat lidah kembali luka.

Jadi sebenarnya makanan yang khusus dibuat untuk orang yang terkena sariawan lidah tidak hanya harus lembut, tapi penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pertimbangkan untuk mengkombinasikan beberapa menu sehingga Anda tidak bosan saat sakit sariawan lidah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top