Makanan Sehat Ini Buruk untuk Penderita Maag

Makanan Sehat Ini Buruk untuk Penderita Maag

Apakah Anda menderita penyakit maag? Penyakit maag bisa disebabkan oleh infeksi dari bakteri H. pylori yang menyerang bagian lambung. Kemudian Anda bisa menderita berbagai gangguan yang tidak nyaman seperti mual, muntah, perih dan gas dalam perut. Ketika maag menyerang maka Anda juga akan sulit untuk makan. Penyakit maag bisa disembuhkan dengan obat rutin dan perawatan untuk membasmi bakteri. Namun efek penyakit maag bisa berlangsung lama terutama ketika asam lambung terus diproduksi dalam jumlah yang tinggi.

Makanan Sehat Ini Buruk untuk Penderita Maag.2

Sponsordr rochelle skin expert

Pada dasarnya makanan menjadi hal yang harus diperhatikan oleh semua penderita maag. Dibawah ini adalah daftar makanan sehat ini buruk untuk penderita maag.

  1. Tomat

Tomat adalah buah yang sangat sehat karena mengandung likopen yang sangat tinggi. Likopen dalam tomat sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Tapi tomat juga mengandung asam sitrat dan asam malat yang bisa memicu reaksi lambung terutama produksi asam lambung. Untuk orang yang sehat maka kedua jenis zat ini sangat penting untuk tubuh terutama untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit infeksi. Namun untuk penderita maag maka menerima asam yang banyak bisa menyebabkan asam lambung mencapai  bagian esofagus dan bisa menyebabkan dampak yang tidak menyenangkan untuk pencernaan.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk selama ini dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C sangat tinggi sehingga sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit. Kemudian vitamin C dalam buah jeruk juga bisa membantu pH dalam saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Namun untuk penderita maag maka jeruk bisa menjadi pemicu maag kambuh berulang dan memberi reaksi yang sangat cepat untuk lambung. Jeruk mengandung zat asam yang bisa menyebabkan asam lambung naik hingga ke bagian saluran pernafasan. Mungkin efek yang paling sering terjadi adalah adanya asam yang terasa saat bersendawa. Jadi ketika penderita maag ingin makan buah jeruk, maka batasi jumlahnya untuk mencegah maag berulang.

  1. Daun mint

Daun mint sering dijadikan obat herbal yang dicampurkan dalam makanan atau minuman. Daun mint juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Namun daun mint ternyata bisa menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Kemudian daun mint yang mengandung rasa sedikit dingin dan pedas bisa menyebabkan panas pada saluran pencernaan. Jika Anda ingin tetap mendapatkan manfaat kesehatan dari daun mint maka pertimbangkan untuk mencampurnya dengan madu untuk mengurangi efek samping.

  1. Bawang merah

Bawang merah sangat penting untuk tubuh karena mengandung sulfur yang bisa mencegah  berbagai jenis penyakit. Bawang merah juga menjadi bumbu umum untuk semua jenis masakan. Namun untuk orang yang menderita penyakit maag maka  bawang merah bisa menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Kemudian bawang merah juga bisa menyebabkan pH yang semakin rendah yang kemudian menciptakan asam berlebihan dalam lambung. Ketika Anda ingin tetap mengkonsumsi bawang merah maka hindari bawang merah yang mentah. Cara ini bisa membuat tubuh tetap sehat dan maag tidak kambuh.

Sulit untuk mengendalikan penyakit maag jika Anda terus mengkonsumsi makanan sehat tersebut namun tidak mempertahankan cara dan jumlahnya. Lebih baik jika membatasi dan segera mengenali efeknya jika terasa gejala maag.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top