Makanan Sehat

Makanan Ini Sehat Tapi Bisa Menyebabkan Alergi

Makanan Ini Sehat Tapi Bisa Menyebabkan Alergi

Memilih berbagai jenis makanan yang sehat memang sudah menjadi kebutuhan tubuh yang sangat utama. Makanan menyumbangkan berbagai nutrisi yang memang digunakan tubuh sebagai sumber energi atau untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Namun tidak semua makanan yang sehat memiliki efek yang baik untuk tubuh. Beberapa orang dilahirkan dengan berbagai kondisi yang berbeda, seperti ketika tubuh menghasilkan zat atau senyawa yang memang justru memicu alergi.

Makanan Ini Sehat Tapi Bisa Menyebabkan Alergi.2

Sponsordr rochelle skin expert

Alergi makanan menjadi masalah yang sangat penting untuk diperhatikan karena bisa menyebabkan dampak yang buruk termasuk seperti kejang dan kematian. Dibawah ini adalah daftar beberapa makanan sehat tapi bisa menyebabkan alergi.

  1. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan penyebab alergi yang sangat umum. Banyak orang yang menderita alergi telur sehingga tidak  bisa makan telur sama sekali. Telur mengandung sebuah bahan protein yang jika masuk ke tubuh bisa menyebabkan beberapa gejala alergi seperti gatal, bengkak, mual dan sesak nafas. Jika Anda memiliki alergi telur maka Anda bisa mencoba untuk tidak makan telur atau mencoba mengkonsumsi telur ayam kampung. Reaksi harus ditunggu selama beberapa saat setelah makan telur.

  1. Produk susu

Susu sering menyebabkan alergi termasuk untuk bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Susu bisa menyebabkan alergi karena disebabkan oleh beberapa masalah seperti ketika sistem pencernaan Anda tidak mampu menerima laktosa yaitu bahan enzim yang dihasilkan dalam susu. Kemudian Anda kemungkinan juga tidak  bisa menerima kasein dalam susu yang tidak bisa masuk ke pencernaan dan membutuhkan reaksi pencernaan yang lebih lama. Jika Anda mengalami alergi susu sapi dan semua produk susu sapi maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi susu kedelai atau susu jagung.

  1. Kerang

Kerang termasuk makanan laut yang sering menyebabkan alergi termasuk untuk anak dan orang dewasa. Alergi kerang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat berat seperti sakit kepala, gatal, bengkak, kejang dan kehilangan kesadaran. Reaksi alergi biasanya tidak lama setelah makan sehingga langsung akan terasa. Beberapa makanan laut penyebab alergi yang lain misalnya seperti tiram, kepiting, udang, dan lobster.

  1. Kacang tanah

Kacang tanah juga bisa menyebabkan alergi yang sangat buruk. Ketika Anda sudah terkena alergi kacang maka jangan pernah mengkonsumsi kacang.  Kacang termasuk jenis makanan yang sangat sensitif meskipun juga mengandung protein yang sangat tinggi. kacang bisa menyebabkan beberapa gejala alergi seperti diare, gas dalam perut, gatal, dan sesak nafas. Kacang juga sering memicu anafilaksis yaitu alergi buruk yang menyebabkan asma, sesak nafas dan bahkan kematian.

  1. Produk gluten

Produk gluten adalah salah satu jenis protein yang ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti gandum, gandum hitam dan barley. Gluten sering menyebabkan masalah pencernaan yang berat untuk orang yang memang sudah menderita penyakit seperti celiac. Gluten menyebabkan reaksi yang sangat sensitif sehingga sulit untuk diterima oleh saluran pencernaan. Untuk itu orang yang alergi gluten harus mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gluten dan efek buruknya bisa menyebabkan kurang nutrisi.

Berbagai jenis makanan yang sehat ini sering tidak menyebabkan reaksi apapun untuk orang yang sehat. Namun jika Anda mengalami masalah alergi maka jauhi semua makanan sehat tersebut sesuai dengan jenis alergi. Anda bisa menggantikan makanan ini dengan jenis makanan yang lain sehingga tubuh tidak akan kekurangan nutrisi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top