Keluarga

Ketika Suami Menganggur, Ini yang Harus Dilakukan Istri

saran untuk istri ketika suami menjadi pengangguran

Dalam sebuah keluarga peran suami memang memiliki kewajiban penting, seperti menjadi tulang punggung keluarga. Ada beberapa keluarga yang memang sudah bisa menjalankan hal ini. Namun bagi beberapa keluarga ternyata ada suami yang memang baru saja dipecat dari pekerjaan, mengalami masalah dikantor hingga keluar dari pekerjaan dan juga sulit untuk mencari pekerjaan baru.

Sponsor: cream perawatan wajah

Hal ini menjadi hal yang berat untuk keluarga karena penopang keuangan dalam keluarga menjadi kosong. Jika istri masih bekerja maka biasanya itu tidak masalah tapi ketika tidak maka bisa menjadi masalah keluarga yang berat. Berikut ini saran untuk istri ketika suami menjadi pengangguran dan sedang mencari kerja.

saran untuk istri ketika suami menjadi pengangguran

Sumber: borepanda.com

  1. Memberikan dukungan mental dan moral pada suami

Hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah  berusaha untuk memberikan dukungan mental dan moral pada suami. Istri harus berbicara dengan jujur dan memberikan bantuan penuh kepada suami. Masalah ini sangat rumit karena bisa menyebabkan masalah rumah tangga yang berujung pada keributan. Untuk itu maka istri harus secara jujur memberikan dukungan agar suami juga tidak mudah menyerah. Jika perlu maka istri bisa memberikan ide kesibukan pada suami agar tidak terlalu tertekan dan stres.

  1. Bersiap untuk hal buruk yang akan terjadi

Ketika kehilangan pencari nafkah dalam keluarga maka memang menjadi waktu yang paling sulit. Untuk itu setelah Anda memberi dukungan pada suami maka  bersikaplah tegar dengan semua kemungkinan. Anda juga harus mengantisipasi jika memang keuangan keluarga sudah memburuk. Katakan bahwa Anda bisa mencari kesibukan lain meskipun dengan hasil yang rendah. Jika istri sebelumnya tidak bekerja maka harus berbicara dengan suami mengenai masalah ini. Sementara jika istri bekerja maka katakan bahwa hal-hal yang berhubungan dengan keuangan akan ditangani sementara waktu hingga suami mendapatkan pekerjaan.

  1. Membuat rencana keuangan bersama

Jika keluarga Anda memiliki beberapa masalah keuangan maka Anda harus memutuskan untuk bertahan. Pertama Anda harus berbicara dengan suami mengenai berbagai kewajiban yang harus dibayarkan seperti pajak dan hutang piutang. Meskipun suami dalam keadaan menganggur maka perhitungan tetap harus dilakukan berdua. Pastikan suami juga semangat untuk memikirkan rencana keuangan keluarga. Dari rencana ini maka bisa membuat suami memiliki motivasi yang besar untuk bangkit.

  1. Jelaskan pada anak tentang kondisi keluarga

Jika Anda sudah memiliki anak yang beranjak remaja atau mulai dewasa maka Anda harus berkata jujur pada keluarga. Katakan kepada anak mengenai masalah yang sedang terjadi dan keinginan orang tua untuk anak memiliki peran yang penting. Kemudian orang tua dan anak bisa mengambil keputusan yang penting seperti mengurangi jatah uang jajan dan berbagai kebutuhan anak lain yang kurang penting. Jika orang tua bisa memberi penjelasan yang tepat dengan cara yang tepat pula maka anak bisa mengerti kondisi keluarga dengan baik dan tidak melawan.

Inilah beberapa hal yang harus dilakukan oleh istri ketika suami kehilangan pekerjaan. Kondisi ini memang sangat sulit tapi jika dilakukan dengan baik maka keluarga tetap bisa bertahan dan tetap harmonis.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top