Relationship

Jenis Hubungan yang Berubah Setelah Menjadi Orang Tua

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

Menjadi orang tua memang telah menjadi keinginan yang mulia untuk semua pasangan. Tapi ternyata ada jenis hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua. Semua ibu dan ayah baru akan merasakan hal ini kemudian sering berpikir ulang. Anak menjadi hal yang paling penting sehingga orang tua baru sering terlihat egois. Hal itu tidak hanya terjadi pada keluarga tapi juga orang lain termasuk teman dekat, sahabat dan rekan kerja. Memang anak tidak akan selalu ada di sisi ibu atau ayah tapi perasaan orang tua yang akan berubah.

Sponsor: pemutih wajah

Semua perubahan ini bisa mempengaruhi hubungan dengan orang lain. Terkadang orang lain juga tidak mau tahu dan merasa sakit karena tidak menjadi yang utama. Berikut ini adalah berbagai perubahan yang terjadi pada hubungan setelah Anda menjadi orang tua.

  1. Teman Anda yang belum menjadi orang tua

Saat Anda melihat teman-teman Anda yang belum menjadi orang tua maka mereka bisa melakukan kegiatan dengan bebas. Mereka bisa pergi kemana saja dan melakukan apa saja tanpa harus memikirkan anak. Namun Anda tidak bisa bertindak seperti itu. Saat Anda ingin pergi maka Anda harus menyusun rencana. Apakah Anda akan pergi sendiri atau pergi dengan anak? Kemudian saat anak sudah sekolah maka Anda akan menghabiskan waktu untuk mengurus kebutuhan anak, menjemput anak dan mengatur jadwal belajar mereka. Ini yang akan membuat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk bertemu dengan teman.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

Sumber: borepanda.com

  1. Anda bisa menjadi dekat dengan orang tua

Saat Anda sudah dewasa maka Anda merasa bisa membuat keputusan sendiri tanpa campur tangan orang tua. Bahkan Anda bisa tinggal sendiri dan tidak terikat dengan orang tua. Tapi saat Anda memiliki anak maka Anda bisa menjadi sangat dekat dengan mereka. Anda membutuhkan bantuan orang tua ketika harus pergi dan meninggalkan anak baik dengan pengasuh atau tidak. Anda akan merasa sangat berterima kasih kepada orang tua karena mereka telah membantu menemani anak Anda tanpa mengharapkan apa-apa.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

  1. Anda mulai menghubungi teman yang memiliki anak

Teman Anda yang sudah memiliki anak terlebih dahulu akan meninggalkan Anda sehingga hubungan menjadi tidak terlalu dekat. Tapi setelah Anda merasa menjadi orang tua maka Anda bisa menghubungi kembali teman Anda. Anda akan banyak bertanya tentang tips menjadi orang tua atau berbagi kesulitan saat anak sakit. Ini adalah dukungan yang sangat penting untuk semua orang tua baru. Teman Anda sudah memiliki banyak pengalaman dan bisa membantu Anda. Kemudian Anda juga akan menerima saran dengan tangan terbuka sehingga hubungan menjadi sangat baik.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

  1. Anda tidak bisa bertemu teman yang tinggal jauh

Apakah Anda memiliki sahabat yang tinggal jauh dari rumah Anda? Anda mungkin akan mengalami kendala ketika akan bertemu teman. Hal pertama yang sering Anda pikirkan adalah apakah anak Anda bisa diajak bepergian jarak jauh dan apakah itu akan merepotkan. Kemudian anak biasanya memerlukan waktu adaptasi untuk tempat baru sehingga mereka menjadi rewel saat di rumah teman Anda. Jadi Anda perlu berpikir banyak jika ingin berkunjung ke teman lama.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

  1. Hubungan dengan saudara jauh

Jika Anda memiliki keluarga besar maka Anda juga mungkin akan sering bertemu dengan keluarga saat acara keluarga. Tapi ketika Anda sudah memiliki anak maka Anda mungkin akan berpikir lebih banyak. Anda akan was-was pada saudara Anda yang belum memiliki anak atau bahkan adik orang tua yang belum menikah. Intinya perasaan Anda menjadi lebih sensitif karena kehadiran anak Anda mungkin bisa membuat orang lain atau keluarga menjadi sedih.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

  1. Teman yang sering Anda hubungan dengan ponsel

Saat ini banyak sekali cara untuk berkomunikasi dengan ponsel. Salah satunya dengan aplikasi chatting yang mudah digunakan. Jika sebelum memiliki anak maka Anda memiliki banyak waktu untuk chatting dengan teman. Bahkan Anda selalu mengirim gambar, foto atau video untuk menyapa teman Anda. Tapi saat Anda memiliki anak maka tidak mudah untuk melakukan itu. Saat Anda baru memegang ponsel maka anak Anda meminta minum, makan dan hal lain. Bahkan jika Anda memegang ponsel maka anak Anda menjadi cemburu dan terus mencari perhatian Anda. Jadi Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk bermain dengan ponsel.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

  1. Anda akan bekerja lebih cepat

Sebelum memiliki anak maka Anda bisa santai saat dikantor. Anda bisa lembur atau menyelesaikan pekerjaan lebih malam. Anda bisa bertemu dengan teman saat pulang kerja dan melakukan cara lain untuk melepaskan stres. Tapi saat Anda sudah memiliki anak maka Anda tidak punya waktu untuk semua itu. Anda akan bekerja lebih cepat dan efektif. Anda akan menghindari revisi untuk menghemat waktu kerja. Saat sudah selesai bekerja maka Anda akan terburu-buru pulang ke rumah untuk segera bertemu dengan anak. Jadi Anda tidak ingin membuang banyak waktu untuk hal yang tidak diperlukan.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

  1. Keluarga menjadi hal utama

Saat Anda sudah mempunyai anak maka kehidupan Anda menjadi sangat lengkap. Anda tidak mengira bahwa anak akan merubah segala hal. Anda akan merubah semua kebiasaan buruk dan mencoba menjadi orang tua yang baik. Kemudian Anda akan menghilangkan semua hal yang tidak diperlukan. Bahkan untuk segi keuangan maka anak akan menjadi prioritas utama. Pasangan Anda juga akan menempati fungsi yang sama. Dengan kata lain keluarga menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup Anda.

hubungan yang berubah setelah menjadi orang tua

Jadi seperti inilah hubungan-hubungan yang berubah ketika sudah memiliki anak. Memang semua itu tidak mudah untuk dihadapi tapi yakinlah bahwa perubahan ini akan memberi dampak baik pada keluarga dan anak Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top