Perawatan Bibir

Inilah Fakta Penyebab Bibir Bergaris

inilah-fakta-penyebab-bibir-bergaris

Bibir adalah salah satu bagian wajah yang memiliki pesona tertentu. Maka dari itu tak jarang banyak orang yang tertarik dengan seseorang karena dari bentuk bibirnya yang terlihat spesial. Terutama bagi kalangan wanita. Bagi wanita, bibir merupakan investasi dimana kecantikan tersebut berasal dari wajah orang tersebut. Sehingga banyak kalangan kaum hawa ini yang merawat dan mempercantik bibirnya. Sudah menjadi hal yang umum bahwa wanita mendambakan bibir yang sehat, indah, dan terlihat natural.

Sponsor : dr rochelle skin expert

Tetapi ada kalanya bibir menjadi rapuh, terutama pada bagian kulit bibir yang sangat tipis tersebut. Kulit bibir bila tidak dijaga dan dirawat dengan benar maka akan menciptakan masalah. Seperti salah satunya adalah bibir bergaris yang kemudian menyebabkan kulitnya pecah-pecah hingga mengelupas. Ada berbagai macam penyebab bibir bergaris, kering, pecah-pecah, hingga mengelupas yang menandakan bahwa bibir tidak sehat. Salah satu penyebab utamanya adalah kekurangan kandungan minyak alami pelembab kulit bibir.

Kulit pada umumnya memproduksi minyak sebagai pelembab alami agar tidak kering. Namun kulit yang terdapat di bagian bibir sangatlah tipis sehingga produksi kelenjar minyak pun sedikit. Karena itu untuk mengatasinya, banyak yang menggunakan produk pelembab bibir seperti lip balm dan sebagainya. Namun ada kalanya justru zat kimia yang terdapat pada pelembab bibir tersebut yang menjadi penyebab bibir bergaris, kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Selain itu juga ada beberapa penyebab yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kurangnya asupan vitamin C

Fakta membuktikan bahwa kekurangan vitamin C menyebabkan tubuh mengalami panas dalam yang juga disertai dengan sariawan. Hal ini pertama kali akan ditandai dengan munculnya kulit bibir yang kering, kasar, bergaris, dan pecah-pecah. Kenali gejala ini sebelumnya supaya panas dalam tidak akan berlangsung semakin parah. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah yang mengandung cukup vitamin C seperti tomat, jeruk, apel, dan lain sebagainya. Munculnya sariawan pada bibir pun menjadi salah satu penyebab kulit bibir menjadi lebih kering, kasar, dan bergaris. Terutama bila benjolan sariawan tersebut terdapat pada dinding mulut atau dekat bibir bagian dalam yang menyebabkan makan menjadi tidak enak.

  1. Dehidrasi yang berkepanjangan

Siapa yang tidak mengira bahwa kekurangan kandungan air putih pada tubuh ternyata akan mempengaruhi kesegaran bibir seseorang. Bibir yang kering dan bergaris bisa disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh orang tersebut. Pada dasarnya air putih yang cukup akan menyeimbangkan tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Air putih yang terkena kulit bibir tentunya akan melembabkan dan menyegarkan kembali bibir tersebut. Maka dari itu akan lebih baik melembabkan bibir dengan air putih dari pada menjilat bibir dengan air liur. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan air minum dalam tubuh seharinya. Kekurangan cairan dalam badan juga tidak hanya membuat bibir kering dan bergaris. Tetapi juga membuatnya terlihat pucat, rapuh, dan tidak sehat.

  1. Kehilangan kelembaban pada bibir

Sebelumnya telah dibahas penyebab utama bibir bergaris adalah kehilangan kelembaban pada kulit bibir. Kali ini penyebab hilangnya kelembaban tersebut ada bermacam-macam. Salah satunya adalah dengan menjilat bibir dan meninggalkan sedikit air liur di sana. Kandungan air ludah justru akan membuat bibir semakin kering dan bergaris. Selain itu, kebiasaan seperti menggigit bibir sendiri juga meninggalkan garis kering pada bibir. Ada kalanya jika Anda merasa nervous, hindari kebiasaan menggigit bibir tersebut. Kondisi suhu dan cuaca pun dapat mempengaruhi kekeringan dan kelembaban bibir. Seperti saat Anda berada di luar ruangan pada siang hari terik. Tak bisa dipungkiri bahwa sinar matahari dan cuaca panas tersebut akan membuat kulit bibir menjadi lebih kering dan bergaris.

  1. Makan makanan pedas dan asam

Makanan yang masuk ke dalam tubuh sebelumnya akan diproses terlebih dahulu oleh mulut. Dan hal inilah yang menjadi penyebab seringnya permasalahan kulit bibir terjadi. Bibir yang langsung bersentuhan dengan makanan pedas tidak akan tahan dan menjadi sangat rentan. Karena kulit bibir yang terlampau sangat tipis inilah yang membuat makanan sepedas apapun akan mempengaruhinya. Begitu pula dengan makanan atau minuman yang mengandung asam berlebih. Bila kulit biasa terkadang akan terasa panas jika terkena makanan pedas, begitu pula dengan kulit bibir yang bahkan jauh lebih rapuh dan tipis dibandingkan kulit bagian tubuh lain. Hindari makanan pedas atau asam yang terlampau ekstrim untuk mencegah bibir bergaris kering.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam penyebab bibir bergaris ini adalah pola hidup seseorang. Bagi mereka yang sering kedapatan mengkonsumsi makanan tidak sehat, makanan cepat saji, atau junk food, maka kesehatan bibir akan terpengaruh. Begitu pula dengan orang yang merupakan perokok dan suka meminum alkohol atau jenis minuman keras lainnya. Beberapa kebiasaan tersebut akan membuat bibir tidak hanya menjadi kering dan bergaris, tetapi juga warnanya menggelap dan menghitam. Pola hidup dan gaya hidup sehat perlu diterapkan untuk Anda yang menginginkan bibir sehat. Mulailah mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah untuk nutrisi setiap harinya.

23
20%
like
67
58%
love
12
10%
haha
4
3%
wow
5
4%
sad
3
2%
angry

Comments

comments

To Top