Herbal Alami

Herbal Daun Kenikir Sebagai Obat dan Sayuran

herbal daun kenikir sebagai obat dan sayuran

Apakah Anda pernah mengkonsumsi daun kenikir? Banyak ahli yang sudah membuktikan jika herbal daun kenikir sebagai obat dan sayuran sangat bermanfaat untuk manusia. Daun yang berbentuk seperti jari-jari kecil dengan banyak cabang ini memiliki aroma yang segar. Beberapa orang juga menilai daun bisa memberikan aroma yang kuat. Pohon bisa tumbuh tinggi kurang dari setengah meter, kemudian tumbuh bunga cantik berwarna merah muda dan putih dengan batang yang tinggi.

Pohon kenikir sangat mudah tumbuh karena bagian biji yang menyebar dari bunga bisa langsung tumbuh secara alami. Saat ini daun kenikir lebih sering dikonsumsi sebagai sayuran tradisional. Rasanya sedikit pahit tapi juga segar. Selain sebagai sayuran, ada bukti bahwa daun kenikir juga menjadi obat, seperti keterangan dibawah ini.

  1. Bisa menjadi obat malaria

Malaria menjadi salah satu penyakit yang berkembang di Indonesia meskipun sekarang sudah banyak berkurang. Penyakit ini disebarkan oleh parasit yang berasal dari gigitran nyamuk. Daun kemangi yang dikeringkan kemudian dibuat menjadi bahan teh sangat baik untuk memerangi malaria. Ketika senyawa seperti tanin masuk ke tubuh maka bisa membantu kadar besi dalam tubuh lebih tinggi lalu bisa menghancurkan parasit yang memicu malaria. Efeknya parasit malaria dalam tubuh akan diperangi oleh bahan kimia dari daun kenikir.

herbal daun kenikir sebagai obat dan sayuran

Sponsor : halojasa.com

  1. Bisa membantu melawan sel kanker

Daun kenikir ternyata sangat baik untuk membantu melawan pertumbuhan sel kanker, termasuk jenis kanker payudara. Daun kenikir yang bisa membantu tingkat zat besi dalam tubuh menjadi lebih tinggi kemudian zat ini bisa menjadi bahan antioksidan. Dalam sebuah penelitian disebutkan jika daun kenikir yang mengandung senyawa kimia juga bisa merubah sel yang sehat menjadi lebih kuat dan melawan pembentukan sel kanker. Kandungan karotenoid dan vitamin C juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan membantu mengurangi efek kanker.

herbal daun kenikir sebagai obat dan sayuran

  1. Bisa menyembuhkan penyakit cacingan

Penyakit cacingan adalah jenis penyakit yang sering terjadi pada anak-anak terutama dibawah lima tahun. Parasit seperti cacing kremi akan tumbuh pada bagian usus besar dan usus halus. Kemudian cacing bisa berkembang dengan cepat sehingga anak menjadi kurus dan kurang nutrisi. Jika digunakan untuk membasmi cacingan maka daun kenikir bisa menjadi obat yang ampuh. Daun kenikir bisa direbus selama beberapa saat kemudian air diminum bersama dengan campuran madu. Kemudian senyawa akan membantu membunuh cacing dalam usus juga telur cacing yang berkembang.

herbal daun kenikir sebagai obat dan sayuran

  1. Melawan bakteri dan jamur

Bakteri dan jamur bisa masuk ke semua bagian tubuh tanpa pernah kita duga. Ya, karena bakteri dan jamur masuk tanpa bisa dirasakan oleh tubuh kecuali sudah mengembangkan berbagai gejala. Termasuk juga jenis bakteri E.colli yang sering menyebabkan sakit perut dan gangguan pencernaan. Daun kenikir bisa menjadi obat untuk masalah ini. Caranya adalah dengan minum teh daun kenikir kering atau yang masih segar.

herbal daun kenikir sebagai obat dan sayuran

Ternyata menanam daun kenikir memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat herbal atau sayuran. Pohon juga mudah tumbuh dan bisa menjadi tanaman hiasan. Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak ruang di rumah untuk taman herbal? Jangan khawatir Anda bisa menggunakan jasa arsitek yang bisa merancang taman kecil atau mengatur rumah Anda kembali. Halo jasa akan memenuhi semua kebutuhan tersebut dan Anda bisa bekerjasama dengan arsitek yang sudah profesional. Jangan ragu lagi untuk segera berkunjung dan gunakan layanan konsultasi dari ponsel Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top