Heboh, Anak 9 Tahun Berani Melamar NASA! Ini Cara Mendidiknya

cara orang tua mendidik anak mengambil keputusan

Seorang anak yang bernama Jack Davis baru saja membuat geger NASA? Ini cara orang tua mendidik anak mengambil keputusan yang bisa membuat Jack Davis bisa melakukan hal itu. Ia baru berumur 9 tahun tapi sudah tahu apa yang akan dilakukan saat dewasa. Semua orang menganggap ini hal yang sangat mengejutkan. Karena ada banyak orang dewasa yang tidak berani membuat keputusan tentang masa depan mereka.

Sponsor: cream perawatan wajah

Pengaruh dari cara mendidik orang tua memang sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda bisa mendidik dengan cara yang benar maka anak bisa menjadi lebih mandiri. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendidik anak supaya berani mengambil keputusan.

  1. Jelaskan keuntungan dan kerugian

Jika Anda ingin mendidik anak agar berani mengambil keputusan maka jangan pernah menentukan pilihan untuk anak. Hal yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk menjelaskan keuntungan dan kelemahan dari setiap keputusan. Car a ini bisa membuat anak mampu untuk melakukan analisa apakah keputusan yang diambil bisa baik atau tidak. Anak Anda mungkin awalnya akan bingung tapi akhirnya mereka tahu maka keputusan yang harus diambil.

cara orang tua mendidik anak mengambil keputusan

Sumber: borepanda.com

  1. Membatasi beberapa pilihan

Saat Anda baru mengajari anak untuk mengambil keputusan maka pastikan bahwa Anda bisa memberikan beberapa pilihan yang sempurna. Tapi jika anak Anda berusia dibawah lima tahun maka berikan hanya dua pilihan. Pilihan bisa lebih banyak sesuai dengan umur anak. Ini sangat baik untuk membantu perkembangan kognitif anak sehingga anak bisa membuat sebuah analisa yang paling tepat. Anak Anda membutuhkan pengalaman sehingga bisa membuat keputusan dengan hasil pemikiran mereka.

cara orang tua mendidik anak mengambil keputusan

  1. Membantu anak menganalisa keputusan

Meskipun Anda baru mengajari anak tentang cara membuat keputusan yang paling baik, tapi Anda tetap bisa membantu anak. Perhatikan setiap konsekuensi keputusan yang akan diambil oleh anak. Anda bisa membuat anak menjadi lebih paham dan Anda juga bisa menghemat energi untuk berpikir. Misalnya ketika anak harus memilih akan pergi ke kebun binatang atau pantai, maka ungkapkan detail apa yang ada di pantai dan kebun binatang. Selanjutnya Anda bisa menjelaskan setiap kelebihan dan kekurangan. Cara ini kemudian bisa membuat anak paham mana yang harus dipilih.

cara orang tua mendidik anak mengambil keputusan

  1. Membiarkan keputusan anak

Anda mungkin juga tidak terlalu senang dengan keputusan anak, namun Anda tetap harus menerima keputusan tersebut. Tidak setiap pilihan bisa dipertimbangkan sehingga anak terkadang juga tidak terlalu banyak berpikir. Misalnya jika Anda ingin anak memakai sepatu, tapi anak lebih memilih sandal, maka biarkan anak memakai sandal. Meskipun Anda sudah menjelaskan mengenai resiko jika menggunakan sepatu dan sandal.

cara orang tua mendidik anak mengambil keputusan

Ternyata memang seperti inilah cara membuat anak bisa mengambil keputusan yang tepat. Jika Anda masih sering mengambil keputusan untuk anak, maka cobalah untuk melakukan beberapa tips diatas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
100%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top