Perawatan Kulit

Gemar Renang, Jangan Lupa 3 Hal Ini!

Gemar Renang, Jangan Lupa 3 Hal Ini!

Gemar renang, jangan lupa 3 hal ini! Meski renang tidak menimbulkan permasalahan kulit yang parah, tetapi setiap perenang wajib melakukan perawatan lho! Saat ini renang masih menjadi salah satu aktifitas yang digemari oleh kaum muda hingga tua. Bahkan kini bermunculan pelatih-pelatih renang untuk anak kecil. Aktifitas renang memang menyenangkan apalagi saat dilakukan saat cuaca sedang terik. Bagi mereka yang memiliki hunian lengkap dengan kolam renang pribadi, pastinya tidak terlalu khawatir dengan kesehatan kulit. Lain halnya dengan orang-orang yang melalukan kegiatan renang di kolam renang umum. Parahnya, kita tidak dapat mengetahui kondisi kulit orang-orang yang renang bersama Anda. Bahkan saat orang yang berenang dengan kita memiliki penyakit kulit menular pun tidak mudah dideteksi. Begitulah kelemahan renang di kolam renangn umum. Untuk itu, demi melindungi kulit Anda dari beragam faktor yang memicu penyakit kulit, jangan lupakan 3 hal berikut ini ya!

Gemar Renang, Jangan Lupa 3 Hal Ini!2

Sponsor: perawatan wajah

  1. Segera mandi setelah renang

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan kulit meski rutin berenang di kolam renang umum ialah segera mandi. Mandi dalam situasi ini menjadi hal wajib lho. Jangan berpikir untuk langsung mengganti baju yang basah dengan baju kering bila Anda belum mandi. Bila aktifitas renang yang Anda lakukan sudah selesai, segerakan diri untuk pergi ke kamar mandi dan mengguyur tubuh dengan air bersih. Hal ini bermanfaat untuk melunturkan sisa air yang kolam renang dan bakteri yang menempel di kulit tubuh.

Bila Anda takut terkena penyakit kulit setelah berenang di kolam renang uumum, bersihkan tubuh dengan menggunakan sabun mandi. Dalam keadaan ini, Anda sebaiknya juga mencuci rambut yang sudah basah terkena air kolam renang. Mengapa? Rambut yang terkena air kolam renang bisa saja basah namun disadari atau tidak, hal tersebut justru membuat rambut menjadi lebih kusut dan susah diatur saat sudah kering. Untuk itu, mencuci rambut adalah hal wajib. Gunakan pula kondisioner setelah keramas untuk menghindari rambut lepek dan susah diatur.

Gemar Renang, Jangan Lupa 3 Hal Ini!3

  1. Menggunakan pelembab kulit

Rutin berenang memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama dalam hal pernafasan. Berenang juga disebut-sebut sebagai salah satu cara yang efektif untuk melancarkan proses pertumbuhan seseorang sehingga tubuh menjadi cepat tinggi. Sayangnya, di balik manfaatnya renang tetap saja memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya ialah kulit menjadi lebih kering dan kusam. Hal ini dikarenakan zat kaporit yang digunakan pada air kolam renang.

Untuk mengatasi kulit kusam dan kering setelah renang, Anda sebaiknya segera menggunakan pelembab kulit setelah mandi. Produk pelembab akan mengembalikan kelembapan kulit yang terkena air kolam renang sehingga kulit yang tadinya kering akan menjadi lehih halus dan lembab. Tidak susah untuk mendapatkan produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Apalagi saat ini kebutuhan kulit wanita didukung dengan banyaknya produsen yang mencitpakan produk pelembab aman dan terjangkau.

Salah satu pertimbangan yang harus Anda perhatikan ialah bahan yang ada di dalamnya. Sesuaikan bahan dengan kebutuhan kulit Anda. Sebaiknya pilihlah pelembab kulit yang mengandung tabir surya, moisturizer dan kandungan antioksidan serta vitamin C. Kandungan tabir surya melindungi kulit dari efek sinar UV. Moisturizer yang terdapat pada pelembab bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih lembab dan tidak kering. Sementara itu, kandungan antioksidan dalam pelembab berperan dalam menangkal radikal bebas yang membayakan kondisi kulit. Lain halnya dengan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Gemar Renang, Jangan Lupa 3 Hal Ini!4

  1. Menggunakan sunscreen

Menggunakan sunscreen juga menjadi hal yang penting. Pengguaan sunscreen sebaiknya digukanan sebelum kita memulai aktiftas berenang. Salah satu kebiasaan yang barangkali kerap Anda lakukan di sela-sela aktifitas renang ialah berjemur di bawah terik matahari. Aktifitas tersebutlah yang membuat kita harus menggunakan sunscreen sebelum berenang. Berjemur di bawah matahari memang bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, berjemur yang menyehatkan hanya bisa dilakukan saat pagi dan tidak lebih dari jam 10. Bila kita berjemur di atas jam tersebut maka sengataan yang dipancarkan oleh matahari bukanlah sengatan yang bermanfaat melainkan memicu dampak buruk.

Oleh karena itu, cara paling aman dalam melindungi kulit saat berjemur di sela-sela aktifitas renang ialah dengan mengolesi sunblock atau sunscreen. Sunblock atau sunscreen dilengkapi dengan kandungan yang aman untuk menghalau efek buruk yang dihasilkan oleh sinar matahari. Sama dengan pelembab kulit, sunblock atau sunscreen juga mudah ditemukan di tanah air. Bahkan kita dapat menemukan beragam merek produk sunblock. Pastikan sunblock yang Anda pilih adalah produk yang benar-benar aman untuk kulit. Terutama bila kulit Anda adalah kulit yang sensitif.

Gemar Renang, Jangan Lupa 3 Hal Ini!5

Nah, itulah 3 hal utama yang harus diperhatikan saat Anda hendak berenang. Meski berenang menyehatkan, tetapi faktanya renang tetap membuat kulit lebih kering. Jadi, langkah yang musti kita lakukan ialah mengantisipasi permasalahan yang muncul pasca berenang dengan 3 hal di atas. Dengan begitu, berenang akan menjadi aktifitas yang menyenangkan dan tetap aman untuk kesehatan kulit. Jadi, yuk tetap rutin berenang dan menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan sederhana. Maksimalkan juga dengan konsumsi air putih ya. Kebutuhan cairan yang terpenuhi akan membuat tubuh terlihat segar.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top