Cara yang bisa anda lakukan agar ibadah ramadan jadi seru bag.1

Cara yang bisa anda lakukan agar ibadah 2

Cara yang bisa anda lakukan agar ibadahsaat bulan ramadan tiba, hampir sebagian besar orang akan menyambut bulan suci yang penuh berkah dan rahmat ini dengan suka cita dan berbahagia. Tapi bukan berarti tidak ada juga orang yang menyambutnya dengan rasa takut dan khawatir. Ada juga beberapa orang yang mungkin akan merasa panik saat bula ramadan datang. Karena di bulan ini, umat muslim memang diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa, dengan sahur pada dini hari dan kemudian baru bisa berbuka puasa saat maghrib tiba.

Sponsor – cream pemutih wajah

Kepanikan ini biasanya muncul dikarenakan memang puasa adalah suatu ibadah yang cuku berat, dimana umat muslim harus bangun dini hari untuk maka sahur dan kemudian melakukan puasa (tidak makan dan minum dari sejak subuh hingga maghrib tiba) yag maa hal ini seringkali akan membuat seseorang merasa lemas atau bahkan mengantuk, sehingga produktifitas kerja atau belajar jadi ikut menurun. Da tidak jarang aktifitas seperti ibadah salat tarawih menjadi sesuatu yang dirasa berat dan melelahkan karena seharian sudah berpuasa dan bekerja, dan saat malam masih disunahkan untuk melakukan ibadah tarawih.

Untuk mereka yang tidak terbiasa dengan aktifitas beribadah seperti ini, pasti akan merasakan bahwa bulan ramadan itu begitu berat. Tapi Allah sudah memberikan janji bahwa bulan ramadan adalah bulan yang penuh dengan kemudahan dan keberkahan. Sehingga berat atau tidaknya bulan ramadan itu tergantung kepada usaha yang anda lakukan dalam menjalaninya. Jika anda mempersiapkannya dengan baik, pasti bulan ramadan menjadi begitu mudah dan menyenangkan.

Cara yang bisa anda lakukan agar ibadah 2

Jadikan bulan ramadan sebagai awal dari perubahan hidup

Saat bulan ramadan, segela kebiasaan buruk harus dihentikan. Saat puasa anda tentu tidak mungkin melakukan hal seperti merokok, menggunjing atau menggosipkan tetangga, berbohong dan segala hal buruk lainnya. Karena memang tujuan dari bulan ramadan adalah untuk membiasakan manusia untuk melakukan hal baik saja. Sehingga setelah bulan ramadan lewat, hal itu masih akan terus dilakukan. Dengan adanya niat yang kuat untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT, lakukan ibadah.

Anda juga harus harus membulatkan tekad dan meneguhkan hati untuk berubah menjadi orang yang lebih baik lagi di bulan ramadan ini. bukan hanya sekedar untuk ikut-ikutan dan agar tidak diejek teman karena tidak puasa. Di bulan ramadan ini berusahalah menjadi manusia yang membawa rahmat kepada orang lain. Tidak jarang saat di bulan ramadan seseorang mejadi lebih meyebalkan karena alasan lapar, haus dan lelah. Padahal belajar untuk mengelola emosi adalah bagian dari puasa dan merupakan esensi penting dari bulan ramadan yang harus terus diterapkan meski ramadan sudah lewat.

Memperlajari ayat atau firman Allah SWT adalah salah satu hal yang akan membuat bula ramadan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Saat membaca Al quran, jangan hanya membaca teks arabnya, tapi baca dan pahami juga terjemahannya. Setelah memahaminya yang lebih penting adalah menerapkannya di kehidupan sehari-hari kita. Untuk mempelajari firman Allah SWT, sangat diperlukan yang namanya hati dan pikiran yang suci dan jernih.

Cara yang bisa anda lakukan agar ibadah 2

Melakukan hal yang benar dengan konsisten

Diharapkan tidak hanya di bulan ramadan saja kita menjadi manusia yang baik, tapi juga di bulan- bulan selanjutnya. Jangan sampai anda menjadi manusia yang baik di bulan ramadan saja, lalu di bulan depan sudah kembali lagi ke asal menjadi manusia yang … ya begitulah. Orang akan menjadi begitu jujur, baik hati dan dermawan saat di bulan ramadan saja, lalu melupkan itu semua di bulan lainnya. Padahal inti dari  bulan ramadan adalah belajar, dan kemudian selepas itu anda harus bisa menerapkannya dengan konsisten atau terus menerus. Jadi tidak hanya lurus saat bulan ramadan saja, tapi berjalan melenceng setelah ramadan usai.

Untuk membuat bulan ramadan menjadi lebih seru dan menyenagkan, anda bisa mengisi waktu anda dengan menghafal ayat Al quran. Anda bisa mengikuti berbagai program yang biasanya banyak diadakan di masjid- masjid atau lembaga pendidikan Al quran untuk memulai aktifitas ini. semua orang bisa menghafal Al quran jika mau berusaha dan terus melatih diri. Untuk awal, anda bisa mlatih diri dengan menghafal semua surat pendek, sebelum kemudian berusaha untuk menghafal surat panjang.

Kadang puasa menjadi tidak begitu menyenangkan karena anda merasa lapar, lemas dan kehausan selama puasa. Agar hal ini tidak terjadi, anda harus mempersiapkan menus untuk berbuka dan sahur yang tepat. Sehingga anda tetap berenergi selama puasa. Caranya dnegan makan buah dan sayur seperti , pisang, bayam, kacang Almond, salmon, kurma, madu telur, apel, nanas, nasi merah, dan banyak minum air putih dan susu. Jangan malah makan junk food atau gorengan, karena malah bisa membaut anda sakit.

Agar keseharian di bulan ramadan lebih seru, anda bisa membuat jurnal atau catatan ramadan, catat apa saja hikmah atau pelajaran yang anda dapatkan dalam menjalani hari- hari di bulan rmadan. Anda bisa mencatatnya di ponsel pintar dan membuat judul Ramadan Tercinta atau apapun yang sesuai.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top