Info Dokter

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Teknik Pernapasan

insomnia

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Teknik PernapasanCara Mengatasi Insomnia Dengan Teknik Pernapasan– Anda yang menderita suatu gangguan seperti insomnia atau hanya sekedar sering sulit untuk tidur? Tidak perlu untuk menenggak pil koplo atau pil tidur loh atau bahan psikotropik lainnya agar anda dapat memejamkan mata untuk beristirahat.

Seseorang yang mengalami gangguan insomnia ini membutuhkan suatu cara mengatasi insomnia tersebut dengan beberapa teknik yang akan di ajarkan kali ini. Seorang dokter dari Arizona, Amerika Serikat yang mengajarkan teknik ini dan dipercaya memiliki khasiat yang bagus bagi anda yang mengalami permasalahan sulit tidur. Metode yang digunakan ini seperti pada menerapkan pernapasan 4-7-8. Dengan menggunakan metode tersebut selama beberapa waktu maka anda akan menjadi mengantuk dalam hitungan 1 menit.

Kelebihan dari teknik yang satu ini tentu dikarenakan para penderita insom tak memerlukan untuk meminum pil tidur ataupun dengan cara mengatur pencahayaan dengan intensitas tertentu seperti cahaya dengan menggunakan intensitas tertentu guna membuat ngantuk. Metode ini pun menerapkan teknik pernapasan 4-7-8 dan ini juga disebut dengan obat penenang alami, untuk sistem yang tegang salah satuny yakni syaraf guna mengurangi bentuk ketegangan pikiran ataupun tubuh.

Adalah salah seorang Dr. Andre Weil, yang telah mempelajari ilmu kedokteran di sebuah Universitas ternama Amerika Serikat yaitu Harvad University. Cara untuk melakukannya mungkin sangat mudah hampir semua orang pun dapat melakukannya.

Bagaimanakah Cara untuk Melakukan Teknik 4-7-8.

  1. Keluarkan napas tersebut melalui mulut sampai dengan terdengarnya bunyi “wush…”
  2. Tutup mulut anda dan tariklah nafas melalui bagian hidung yang anda miliki secara perlahan-lahan sampai dengan anda merasa cukup. Selagi anda menarik napas melalui hidung cobalah untuk menghitung sampai hitungan ke 4 di dalam hati.
  3. Tahanlah napas anda sampai dengan hitungan ke angka tujuh.
  4. Buang Napas melalui mulut anda sekaligus anda menengar bunyi “wush…” yang dapat terdengar nyaring selama 8 detik waktu pernapasan.
  5. Ulangi lagi langkah di atas sebanyak banyaknya sampai dengan tiga kali hingga total untuk anda melakukannya sekitar 4 kali.

Teknik tersebut pada dasarnya daripada pranayama, yaitu metode yang berasal dari zaman india kuno, sebuah teknik pernapasan yang mampu memberikan dampak kesehatan bagi tubuh kita. Namun daripada itu memang dalam konteks kesehatan melatih pernapasan pun sangat bermanfaat, dan hal ini telah di terapkan di beberapa metode seperti meditasi ataupun olahraga.

Semakin sering kita berolahraga, maka akan semakin sehat pula diri kita. Dengan bernapas kita akan memberikan ruang pergantian nafas di dalam tubuh kita. Akibatnya oksigen yang di ikat di dalam hemoglobin akan membantu dalam mendistribusikan kesehatan di sekitar kita.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top