Kesehatan

Cara Mengatasi Frustasi Agar Tidak Depresi dan Stres

cara mengatasi frustasi agar tidak depresi

Apakah Anda pernah mengalami frustasi? Semua orang bisa mengalami frustasi terutama ketika merasa kecewa dan gagal. Banyak orang yang memiliki keinginan yang sempurna seperti bisa masuk ke universitas yang favorit, bisa mendapatkan gelar dokter dengan sempurna, bisa menjadi dokter ahli yang hebat dan berbagai cita-cita yang lain. Tentu saja mengharapkan kehidupan yang baik dimasa depan memang tidak pernah salah.

Sponsor: pemutih wajah

Masalahnya adalah tidak semua keinginan bisa diwujudkan dengan mudah. Ada banyak rintangan yang terkadang bisa membuat kita stres. Terutama ketika semua keinginan itu gagal dan membuat jiwa terpuruk. Ini bisa membuat kesehatan tubuh dan mental menurun dengan cepat. Dibawah ini adalah pedoman sebagai cara mengatasi frustasi agar tidak depresi dan stres yang bisa dilakukan semua orang.

cara mengatasi frustasi agar tidak depresi

Sumber: borepanda.com

  1. Fokus dan lihat apa yang terjadi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencoba untuk fokus. Anda bisa mencoba untuk melihat semua kegagalan dan efeknya untuk hidup atau keluarga Anda. Kemudian Anda harus melihat bahwa inilah yang terjadi dan semua hal memang sudah terlanjur terjadi. Namun hal lain yang belum terjadi masih bisa diperbaiki dengan berbagai upaya. Karena itu sejenak Anda bisa keluar rumah dan lihat betapa luasnya dunia. Anda bisa tubuh menjadi lebih tegak dan berharap bisa menatap masa depan yang lebih baik. Ini bisa membuat Anda berpikir tentang masa depan yang lain atau cita-cita yang lain.

  1. Fokus saja dengan saat ini

Kemudian Anda juga harus mencoba untuk tetap fokus saja dengan kondisi saat ini. Lakukan apa yang seharusnya sudah Anda lakukan dan lupakan semua kegagalan Anda. Anda mungkin memiliki suasana hati yang kurang baik sehingga tidak  bisa bangkit dengan cepat. Namun Anda bisa mencoba untuk melakukan semua kesukaan Anda terutama yang memberi nilai baik. Misalnya Anda mulai untuk melukis, menulis, menggambar, berjualan atau jenis kegiatan yang lain. Lakukan semua kegiatan ini dengan fokus dan penuh perhatian sehingga Anda bisa menemukan cara untuk bangkit lagi.

  1. Tetap dekat dengan teman atau keluarga

Ketika Anda sudah merasa frustasi atau tidak nyaman, maka Anda tetap harus dekat dengan orang lain. Anda bisa mengajak bicara teman dekat yang bisa dipercaya atau keluarga yang memang bisa memberikan dukungan pada Anda. Semua kebiasaan ini sangat baik karena bisa membantu Anda mengeluarkan semua perasaan buruk. Anda mungkin merasa bahwa ini tindakan yang terbatas namun efeknya sangat besar untuk perasaan Anda sendiri.

  1. Menulis daftar kegagalan dan keberhasilan

Cara lain yang tidak salah jika dicoba adalah dengan menulis semua daftar kegagalan dan keberhasilan. Semua upaya ini bisa membuat Anda sadar  bahwa sudah banyak jalan yang ditempuh. Anda bisa mencoba untuk melihat masa lalu tanpa merasa sakit. Selain kebiasan ini baik untuk perasaan maka juga bisa membantu menemukan jalan baru yang lain. Siapa tahu dari cara ini maka Anda bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Inilah empat langkah untuk membantu semua orang agar tidak frustasi dan juga depresi. Semua efek frustasi dan depresi sangat buruk untuk kesehatan sehingga memang harus dicegah sejak awal.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top