Bunda & Anak

Bunda, Bagaimana Cara Melindungi Anak Perempuan?

tips melindungi anak perempuan agar aman

Memiliki anak perempuan memang membuat semua bunda merasa lebih khawatir. Terlebih jika anak perempuan sudah masuk sekolah menengah pertama dan menengah atas. Ada beberapa isu yang sangat penting untuk diperhatikan seperti isu seksual dan pelecehan yang paling sering terjadi pada anak perempuan. Karena itu membekali anak perempuan dengan sikap hati-hati dan waspada memang sangat penting.

Sponsor: kezia skin expert

Beberapa anak perempuan juga sering menjadi objek dari perbuatan yang tidak adil. Seperti ketika berada di tempat umum dan anak perempuan selalu dipandang oleh orang lain. Ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan sehingga bunda harus lebih melindungi anak perempuan. Dibawah ini adalah beberapa tips melindungi anak perempuan agar aman dan terhindar dari perbuatan yang tidak baik.

tips melindungi anak perempuan agar aman

Sumber: borepanda.com

  1. Bunda harus konsisten dalam mendidik anak

Semua bunda dan juga ayah juga harus melakukan cara mendidik anak dengan benar. Salah satunya adalah dengan membuat sistem yang konsisten. Bunda bisa memberikan beberapa aturan yang bisa membuat anak perempuan menjadi lebih disiplin. Namun anak perempuan harus mengikuti semua aturan ini tanpa pemaksanaan dan mereka harus menyadari demi kebaikan. Jika anak perempuan sudah bisa mengikuti semua aturan ini maka pendidikan akan menjadi lebih baik dan anak perempuan lebih taat pada orang tua.

  1. Perhatikan apa yang dilihat anak perempuan

Saat ini ada banyak sumber belajar yang perlu diawasi oleh semua orang tua. Anak perempuan Anda mungkin menggunakan sosial media secara bebas dan juga semua konten yang mungkin tidak tepat. Cara untuk membuat anak  berada dalam batas adalah mengawasi apa yang dilihat oleh anak perempuan. Perhatikan juga acara televisi yang ditonton oleh anak perempuan. Hindari semua hiburan dan konten yang bersifat dewasa.

  1. Arahkan anak dalam lingkungan pergaulan yang sehat

Teman anak perempuan memiliki peran yang penting untuk pendidikan karakter anak perempuan. Untuk mengawasi ini maka Anda harus tahu bagaimana memilih teman anak. Ketika anak perempuan bertemu dengan teman yang kurang baik atau terlalu dewasa maka Anda harus memberi tahu dengan cara yang tepat. Jangan sampai anak merasa terluka karena merasa terlalu dilarang orang tua. Beritahu semua manfaat yang bisa didapatkan oleh anak perempuan jika memiliki lingkungan pergaulan yang tepat.

  1. Beri pendidikan seksual yang tepat

Memiliki anak perempuan juga rentan menjadi beberapa korban kekerasan dan pelecehan seksual. Untuk mengatasi ini maka Anda bisa mencoba memberi pendidikan seksual. Sebenarnya tidak ada batas umur kapan harus menerapkan sistem ini. Tapi Anda bisa memberitahu sistem pendidikan seksual sesuai dengan umur anak. Harapan dari pendidikan ini adalah untuk membuat anak perempuan paham kapan harus menghindari dan melindungi diri dari semua kekerasan dan pelecehan seksual.

Jadi inilah beberapa tanggungjawab bunda ketika mengasuh anak perempuan. Semua langkah ini memang tidak mudah karena itu bunda harus mulai sejak dini dan melindungi anak perempuan dengan cara terbaik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top