Perawatan Bibir

Bibir Menghitam, Awas Bisa Jadi Efek Menggunakan Lipstik Terlalu Lama!

Efek Menggunakan Lipstik Terlalu Lama

Efek menggunakan lipstik terlalu lama. Apakah Anda adalah salah satu dari banyak wanita yang sering menggunakan lipstik setiap harinya? Bila iya, ada baiknya mulai sekarang Anda berhati-hati dalam menerapkan lipstik ke bibir. Pasalnya, dibalik manfaatnya dalam memerahkan bibir lipstik ternyata dapat menjadi biang permasalahan bagi kesehatan bibir Anda lho. Sayangnya, hal ini jarang disadari oleh kebanyakan wanita. Terlebih penggunaan lipstik seiring berubahnya zaman berganti peran menjadi sebuah kebutuhan bagi kaum hawa. Meski begitu, untuk tetap mempertahankan bibir yang sehat, tidak ada salahnya Anda mencermati beberapa dampak buruk yang dihasilkan dari penggunaan lipstik yang terlalu lama berikut ini.

sponsor: cream perawatan wajah.

  1. Bibir Menghitam

Efek Menggunakan Lipstik Terlalu Lama

Lipstik pada dasarnya memang bermanfaat bagi seorang wanita. Beberapa manfaat lipstik yang sering kita gunakan ialah memerahkan bibir tanpa harus menunggu waktu yang lama, menutupi bibir yang kering dan membuat bibir lebih merona dengan variasi warna lipstik. Meski dalam penggunaanya lipstik terbilang menguntungkan namun tetap saja lipstik bisa menjadi faktor tidak sehatnya bibir Anda. Terlebih lipstik terbuat dari bahan-bahan kimia yang tidak sepenuhnya menyehatkan. Dalam penerapannya, lipstik hanya bisa bertahan di bibir 5 jam. Namun, kini banyak produsen kosmetik yang mulai menggagas daya tahan lipstik lebih dari 5 jam. Disadari atau tidak, membiarkan lipstik terlalu lama menempel di bibir bahkan berjam-jam tidaklah baik. Hal ini mengingat bahan-bahan kimia yang ada di dalamnya. Jarang membersihkan lipstik yang menempel di bibir hingga berjam-jam menyebabkan pengendapan pigmen lipstik. Pigmen lisptik akan mengendap di permukaan bibir dan membuat bibir menjadi menghitam. Menghitamnya bibir tidak akan terlihat secara langsung melainkan ketika kebiasaan membiarkan lipstik menempel di bibir dalam waktu lama tetaap dilakukan.

  1. Bibir Alergi

Efek Menggunakan Lipstik Terlalu Lama

Sama halnya menggunakan produk-produk kecantikan lainnya yang berpotensi menimbulkan alergi. Rupanya penggunaan lipstik juga berpotensi menimbulkan elergi lho. Ya, bisa dipastikan lipstik juga dapat mengakibatkan alergi pada bibir wanita. Pernahkah Anda mengalami bibir gatal-gatal setelah beberapa saat menggunakan lipstik? Bisa jadi rasa gatal-gatal pada bibir Anda tersebut diakibatkan lantaran alergi. Alergi yang terjadi pada bibir disebabkan oleh kandungan pigmen lipstik dan kandungan bahan kimia yang ada pada bibir. Bila kandungan bahan kimia dan pigmen tersebut tidak dapat diterima oleh sistem kekebalan tubuh dengan baik maka tubuh akan memunculkan reaksi diantaranya bibir terasa gatal-gatal dan pecah-pecah. Bila sudah begini, Anda harus bersusah payah untuk menyebuhkan alergi tersebut agar tidak parah. Sebenarnya alergi tersebut dapat Anda hindari dengan cara lebih berhati-hati dalam membeli lipstik. Di tanah air, produk lipstik yang aman ditandai dengan label logo dari BPOM. Tidak hanya melihat logo dari BPOM yang menandakan produk mendapatkan izin edar, sebaiknya Anda juga mencoba lipstik yang hendak dibeli pada bagian punggung telapak tangan terlebih dahulu.

  1. Bibir Kering

Efek Menggunakan Lipstik Terlalu Lama

Salah satu efek buruk dari penggunaan lipstik dalam waktu yang lama yaitu bibir menjadi kering. Saat ini produsen kosmetik berlomba-lomba dalam memberikan inovasi pada produk yang dibuat salah satunya produk lipstik. Semakin meningkatnya pengguna lipstik membuat produsen menyuguhkan inovasi baru diantaranya variasi warna lipstik yang beragam hingga bentuk lipstik. Bila dilihat dari segi bentuknya, masyarakat kini dimudahkan dengan banyaknya pilihan tekstur lipstik. Mulai dari lipstik cair atau liquid hingga lipstik yang berbentuk cream. Berbeda dengan zama dahulu, lipstik hanya didominasi dengan bentuk batangan. Mungkin Anda adalah satu pecinta lipstik matte dimana lipstik ini termasuk salah satu jenis lipstik yang menghasilkan riasan bibir kesat namun tetap berwarna. Matte juga masih menjadi pilihan kebanyakan kaum hawa di tahun 2017. Akan tetapi, sebaiknya Anda memperhatikan penggunaan jenis lipstik yang satu ini. Pasalnya, terlalu lama menggunakan lipstik matte dapat menyebabkan bibir menjadi kering. Apalagi bila Anda menggunakannya selama berjam-jam. Tekstur lipstik matte yang mudah kesat saat menempel di bibir adalah penyebab permukaan bibir kering. Karena itu, sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan lipstik salah satunya yang berjenis matte. Bila perlu manfaatkan pelembab bibir sebelum menggunakan lipstik matte untuk menghindari bibir kering.

  1. Menyebabkan Kanker

Efek Menggunakan Lipstik Terlalu Lama

Siapa bilang lipstik tidak menyebabkan penyakit berbahaya. Faktanya lipstik masih dapat menambah potensi munculnya penyakit berbahaya yaitu kanker. Bagaimana bisa lipstik dapat memperbesar munculnya potensi munculnya kanker? Hal tersebut rupanya disebabkan oleh bahan-bahan pembuatan lipstik. Beberapa produk lipstik masih mengandung bahan kimia. Salah satunya ialah merkuri. Merkuri pada dasarnya merupakan logam yang tidak berbau dan tidak dapat larut dalam air. Konon, merkuri sudah digunakan untuk dunia kecantikan sejak zaman Mesir Kuno. Bahkan kala itu merkuri dipakai dalam kedokteran. Dalam dunia kecantikan sendiri, merkuri dianggap bekerja lebih cepat terutama untuk memutihkan kulit. Namun, setelah banyak digunakan untuk dunia kecantikan penelitian membuktikan bahwa penggunaan merkuri sangat berbahaya. Terlebih merkuri mudah diserap oleh tubuh dan masuk ke dalam darah hanya dengan dioleskan pada permukaan kulit. Salah satu efek dari penggunaan merkuri yaitu kanker. Kanker pun masih terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya kanker kulit, kanker mulut rahim, kanker payudara kanker darah dan lain-lain. Bila dihubungkan dengan pemakaian lipstik, lipstik yang mengandung merkuri kemungkinan berpotensi menimbulkan kanker kulit.

Nah, itulah beberapa efek dari penggunaan lipstik yang terlalu lama dan berbahaya. Tentu saja karena efeknya juga sangat besar maka setiap wanita disarankan agar lebih berhati-hati dalam memilih lipstik. Lipstik memang menguntungkan namun karena memiliki sisi negatif yang merugikan ada baiknya kita selalu waspada dan tidak membatasi penggunaannya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top