Begini Menjelaskan pada Kakak Saat Adik Akan Lahir

cara menjelaskan pada kakak saat adik lahir

Memiliki anak pertama memang menjadi hal yang sangat menakjubkan. Namun apa yang akan terjadi pada keluarga Anda ketika anak kedua akan segera lahir. Salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan oleh orang tua adalah sikap cemburu anak pertama. Mereka marah dan tidak mau menerima kehadiran bayi yang akan segera lahir.

Sponsorperawatan wajah

Bahkan anak-anak memiliki cara sendiri untuk menunjukkan ekspresi tidak senangnya. Tidak hanya ketika adik mereka lahir tapi juga saat bayi baru sudah pulang dari rumah sakit. Supaya orang tua tidak mengalami kesulitan ini maka berikut cara menjelaskan pada kakak saat adik lahir.

cara menjelaskan pada kakak saat adik lahir

Sumber: borepanda.com

  1. Katakan bahwa adik akan menjadi teman bermain

Anda harus menjelaskan pada anak bahwa mereka perlu teman untuk bermain  bersama dan tumbuh bersama. Anda bisa memberi tahu bahwa ketika adik bayi baru lahir maka itu terlihat sangat menggemaskan. Kemudian ketika adik bayi tumbuh dengan baik maka kakak bisa mengajak adik untuk bermain dan melakukan banyak kesukaan bersama-sama. Anda bisa memberi contoh misalnya bermain bola bersama, bermain boneka bersama, makan bersama dan bahkan akan  berangkat sekolah  bersama.

  1. Berikan penjelasan tentang saudara orang tua

Anak-anak terkadang sulit menerima penjelasan ketika tidak diberi contoh yang jelas. Karena itu Anda bisa mulai menjelaskan bahwa ibu juga memiliki saudara. Ibu hidup rukun dengan tante atau paman. Begitu juga dengan keluarga ayah anak. Cara ini  bisa membantu mereka melihat bahwa saudara kandung memang penting untuk hidup mereka. Berikan contoh yang menyenangkan dan tidak rumit.

  1. Jelaskan bahwa adik tidak akan mengambil rasa cinta Anda

Biasanya anak akan merasa marah dan cemburu karena ada bayi. Banyak orang atau keluarga yang datang hanya untuk bermain dengan bayi dan melihat bayi baru yang menyenangkan. Namun Anda bisa menjelaskan bahwa kasih sayang dan perhatian untuk sang kakak tidak akan berubah. Anda harus memberi penjelasan bahwa rasa cinta itu sama hanya saja bayi membutuhkan perhatian karena mereka belum bisa banyak bergerak. Katakan bahwa semua orang juga bersikap seperti itu ketika sang kakak baru lahir.

  1. Jelaskan tentang cara merawat bayi

Anda juga bisa mengajak permainan tentang bayi. Anda bisa melakukan dengan gambar bayi dan aktifitas bayi yang dibuat dengan ilustrasi yang cerah. Katakan bahwa ketika bayi baru lahir maka bayi sering menangis karena mereka tidak bisa bicara. Kemudian katakan juga bahwa bayi perlu digendong, diberi susu dan minta ditemani ketika tidur. Dengan penjelasan ini  maka biasanya sang kaka menjadi lebih mengerti cara untuk memahami bayi yang baru lahir.

  1. Berikan kebanggaan sebagai kakak

Menjadi seorang kakak memang membutuhkan perhatian yang besar. Karena itu ketika anak pertama sedang bersiap menjadi kakak maka Anda harus menjelaskan dengan tepat. Berikan beberapa hal penting pada anak seperti cara membantu merawat adik bayi, bayi sangat senang dengan seorang kakak dan katakan juga bahwa bayi sangat mencintai kakaknya.

Dengan semua cara tersebut maka calon kakak bisa menerima kehadian bayi yang ada dalam kandungan. Dan ketika adik bayi lahir maka kakak juga bisa merasakan kebahagiaan orang tua.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top