Bahaya, Tidur Dengan Rambut Basah Picu Masalah

Bahaya, Tidur Dengan Rambut Basah Picu Masalah

Bahaya, tidur dengan rambut basah picu masalah lho. Pernahkah Anda tidur dengan rambut yang masih basah? Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Bila tidak, beberapa masalah akan menghampiri Anda. Padatnya kegiatan yang kita lakukan dari pagi hingga sore mungkin membuat kita ingin cepat-cepat pulang ke rumah dan beristirahat dan melepas lelah. Salah satu kebiasaan Anda sebelum beristirahat ialah mandi dan membahasi rambut atau bahkan keramas. Mandi sebelum tidur memang dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan tidur pun akan makin nyenyak. Hal ini karena otot-otot yang tadinya tegang akibta beban kerja serta rasa lelah menjadi hilang. Tetapi, terkadang karena rasa kantuk dan lelah yang mendera kita, kita langsung tidur tanpa memperhatikan apakah rambut sudah dalam keadaan kering atau belum. Padahal, tidur dengan rambut yang masih basah bisa memicu munculnya permasalahan rambut dan gangguan kesehatan tubuh lho. Berikut adalah bahaya tidur dengan rambut yang masih basah sehingga kita bisa yakin merubah kebiaasan buruk tersebut.

Bahaya, Tidur Dengan Rambut Basah Picu Masalah2

Sponsor: kezia skin expert

  1. Rambut menjadi mudah rontok

Sadar atau tidak, ternyata pemicu rambut rontok bukan hanya berasal dari makanan yang kita santap, shampo yang kita gunakan, pengering rambut yang sering kita manfaatkan untuk mengeringkan rambut saja. Tidur dengan kondisi rambut yang masih basah juga menjadi penyebab rambut Anda lebih rentan rontok lho. Bila Anda sangat menginginkan rambut yang sehat dan peduli pada kesehatan rambut serta kekuatan rambut, maka sebisa mungkin hindarilah kebiasaan mencuci rambut sebelum Anda tidur. Rambut yang basah dan dibiarkan tergerai saat tidur atau tertutup handuk justru membuat helai rambut menjadi lebih lemah dan rusak. Oleh karena itu, setiap orang terutama yang memiliki rambut panjang tidak disarankan tidur dengan rambut yang masih basah. Anda bisa mengeringkan rambut terlebih dahulu bila ingin beranjak tidur. Hindari mengeringkan rambut dengan kipas angin ya karena kipas angin juga menjadi penyeyab tubuh tidak sehat.

Bahaya, Tidur Dengan Rambut Basah Picu Masalah3

  1. Infeksi kulit kepala

Percaya atau tidak, kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata justru berbahaya lho. Kebiasaan tidur tanpa memperhatikan kondisi rambut adalah salah satunya. Ternyata dibalik kebiasaan ini terkuak fakta bahwa tidur dengan rambut basah memicu infeksi pada kulti kepala. Mungkin hal ini tidak disadari oleh banyak orang dan mengabaikan kebiasaan buruk tersebut. Faktanya, membiarkan rambut tetap basah saat tidur dapat meningkatkan resiko infeksi yang akan menyerang kulit kepala Anda. Mengapa? Hal ini terjadi karena saat rambut basah, mikroorganisme akan cepat bereproduksi. Terlebih keadaan ruangan tempat Anda melepaskan rasa lelah adalah tempat yang hangat. Lingkungan yang hangat akan membuat mikroogranisme dalam rambut berkembang lepih cepat. Bila ini terjadi maka iritasi dan infeksi jamur akan kerap muncul di permukaan kulit kepala Anda. Apakah Anda ingin kulit kepala terinfeksi mikroorganisme yang membuat kulit kepala tidak sehat? Saran terbaik ialah hindari keramas saat Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengeringkannya. Karena bukan kesehatan dan kebersihan rambut yang Anda dapat melainkan permasalahan lain.

Bahaya, Tidur Dengan Rambut Basah Picu Masalah4

  1. Rambut menjadi lebih berminyak

Selain merusak kesehatan kulit rambut dan membuat helai rambut mudah rontok, tidur dengan kondisi rambut yang masih banyak ternyata juga memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala dan rambut. Apakah Anda pemilik rambut berminyak dan sudah melakukan segala cara namun rambut tetap saja berminyak? Mungkin kondisi rambut berminyak Anda dipicu oleh kebiasaan tidur dengan rambut basah. Percaya atau tidak, tidur selama berjam-jam dengan rambut basah akan cenderung membuat produksi lemak meningkat. Rambut yang basah dan dalam ruangan yang lembab bisa juga pemicu utamanya. Pada kondisi tersebut, kelenjar sebaceous akan mengalami perubahan dimana tingkat pH menjadi tidak seimbang di kulit kepala. Mungkin hal ini pernah Anda alami. Saat pagi hari rambut akan terlihat lebih kusut bahkan cenderung lebih kasar. Untuk itu, mulai saat ini hentikan kebiasan tidur dengan rambut yang masih basah. Menghindari tidur dengan keadaan rambut basah bukankah tidak sulit? Bila memang ingin membersihkan rambut dari debu atau rasa gatal yang menyerang sebaiknya pilihlah waktu yang tepat untuk keramas. Anda bisa keramas di pagi hari sebelum berangkat kerja. Namun, bila tidak sempat cara paling tepat ialah segera mencuci rambut dan mengeringkannya secepat mungkin. Jangan sampai menggulung rambut yang masih basah dengan handuk dan membiarkannya begitu saja untuk tidur dan istirahat.

Bahaya, Tidur Dengan Rambut Basah Picu Masalah5

Selain memicu permasalahan rambut di atas, kebiasaan tidur dengan rambut basah juga menyebabkan gangguan kesehatan tubuh pada diri seseorang. Tidur dengan rambut basah dapat memicu nyeri otot. Hal ini terjadi karena rambut basah bisa yang mengenai leher atau bagian tubuh kita dan mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Bila peredaran darah dalam tubuh tidak lancar, otot pun akan mudah tegang. Tidak hanya itu saja, rambut basah yang dibiarkan begitu saja saat tidur dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Jamur yang berkembang cepat saat rambut basah menjadi faktor penyebabnya. Bahkan bila hal ini sering dilakukan, bukan tidak mungkin sakit kepala akan melanda Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top