Perawatan Bibir

Awas, Jangan Poles Bibirmu Berlebihan!

Awas, Jangan Poles Bibirmu Berlebihan!

Awas, jangan poles bibirmu berlebihan! Tahukah Anda kebiasaan memoles bibir dengan produk kecantikan bibir ternyata tidak selamanya berbuah manis. Hal buruk pun bisa terjadi bila kita terlalu sering memoles lipstik dan memoleskannya secara berlebihan. Lipstik sejatinya adalah salah satu varian kosmetik yang difungsikan untuk membuat bibir terlihat lebih merona. Sayangnya, kini masyarakat modern kerapkali menggunakan lipstik tidak sesuai dengan porsinya. Mereka juga kurang memahami bahaya menggunakan lipstik secara berlebihan. Menggunakan lipstik dengan wajar sah-sah saja. Hal yang tidak wajar ialah mengoleskan lisptik berulang-ulang demi mendapatkan kesan bibir yang merona. Padahal, dengan mengoleskan lipstik secara berlebihan maka Anda lebih banyak menyakiti bibir Anda sendiri. Untuk itu sebaiknya berhentilah memoles bibir dengan lipstik secara berlebihan. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda wasdapai karena telah menggunakan lipstik secara berlebihan.

Awas, Jangan Poles Bibirmu Berlebihan!2

Sponsor: kezia skin expert

  1. Bibir mulai menghitam

Salah satu hal yang haru segera diwaspadai karena telah menggunakan lipstik berulang kali dan berlebihan ialah bibir mulai menghitam. Pada dasarnya memang penggunaan lipstik ditujukan untuk mengubah warna bibir menjadi lebih menarik, merona dan lebih segar dari sebelumnya. Tapi, tahukah Anda ternyata manfaat lipstik yang sedemikian rupa juga dibarengi dengan kelemahannya yaitu membuat kulit menjadi lebih hitam. Apalagi bila bibir kita terlalu sering terpapar oleh lipstik setiap saat. Bibir yang terlihat menghitam tentu saja juga menyebabkan wajah Anda menjadi terlihat pucat. Penyebab utama bibir menghitam ini karena bibir yang tidak segera dibersihkan setelah menggunakan lipstik berjam-jam. Menghitamnya kulit bibir dipengaruhi oleh pengendapan pigmen warna lipstik itu sendiri. Tidak bersihnya bibir dapat mengakibatkan pigmen warna lipstik mengendap secara terus menerus dan menutupi warna asli bibir Anda.

Memiliki kulit bibir yang cenderung terlihat menghitam barangkali bisa mengurangi rasa percaya diri seorang wanita. Untuk itu, bila kulit bibir Anda mulai terlihat lebih gelap dari sebelumnya bisa jadi hal tersebut dikearenakan penggunaan lipstik yang tidak dibarengi dengan pembersihan yang masksimal. Mulai sekarang, lakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Pertama, bersihkan lipstik dari bibir segera mungkin setelah digunakan. Kedua, pilih lipstik yang tidak mudah mengendap di kulit bibir. Ketiga, selalu gunakan lipstik yang aman. Dengan melakukan hal ini, kondisi bibir Anda akan terlihat lebih sehat.

Awas, Jangan Poles Bibirmu Berlebihan!3

  1. Bibir rentan terkena alergi

Setiap orang di era melenial ini tak mudah untuk meninggalkan lipstik. Pasalnya menggunakan lipstik bukan lagi merupakan gaya hidup. Lipstik kini menjadi kebutuhan bagi kaum hawa di era modern. Tampaknya, akan sulit untuk membiasakan diri tidak menggunakan liptik dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, bagi banyak orang lipstik memberikan dampak positif. Ya, lipstik memang memberikan dampak positif bagi kaum hawa. Namun, hal tersebut hanya terjadi bila kita menggunakan lipstik sewajarnya dan dengan cara yang tepat. Salah menggunakan lipstik justru membahayakan kesehatan bibir Anda sendiri. Bibir yang terlalu lama dilapisi lipstik pada kenyataannya tidak selamanya bisa sehat. Dan salah satu resiko yang harus diterima bila terlalu sering menggunakan lipstik ialah bibir menjadi rentan terkena alergi.

Mengapa lipstik bisa menimbulkan resiko alergi pada bibir? Hal ini karena kandungan pigmen dan kandungan bahan kimia yang ada pada lipstik tidak dapat diterima dengan baik oleh sistem kekebalan tubuh. Karena itu, tubuh terutama bibir akan memberikan reaksi penolakan. Reaksi penolakan ini lebih kita kenal dengan alergi. Mungkin Anda akan merasakan gatal dan bibir menjadi pecah-pecah. Bila sudah begini tentu saja penampilan menjadi tidak cantik lagi bukan? Oleh sebab itu, sebelum menggunakan lipstik kenali dahulu kandungan lipstik tersebut. Cobalah mencermati aman tidaklah lipstik tersebut untuk bibir Anda. Mungkin saja Anda berpikir lipstik yang dikenakan oleh teman Anda juga cocok untuk kulit bibir Anda. Padahal, bisa saja lipstik tersebut malah membuat kesehatan bibir Anda terganggu.

Awas, Jangan Poles Bibirmu Berlebihan!4

  1. Menyebabkan kanker

Disadari atau tidak, lipstik merupakan salah satu kosmetik yang bisa berbaya tidak hanya untuk bibir tetapi juga berbahaya untuk tubuh Anda. Masih ingatkah Anda dengan kandungan merkuri yang banyak dijumpai pada kosmetik berbahaya? Kandungan merkuri merupakan kandungan berbahaya yang bila diserap oleh tubuh dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit kanker. Sayangnya, kandungan ini masih bisa kita jumpai dalam beberaa produk lipstik. Parahnya, untuk mengetahui apakah lipstik yang kita gunakan mengandung bahan kimia berbahaya tersebut cenderung tidak mudah. Kita mungkin terkecoh dengan kemasan yang bagus dan promosi yang menyakinkan.

Tak hanya kandungan merkuri, kandungan lain yang masih ada dalam beberapa kosmetik seperti lipstik ialah kandungan methylparaben. Kandungan ini hingga ini bahkan masih sering dijumpai pada produk skin care dan lipstik. Sama halnya dengan kandungan merkuri yang membahayakan bibir dan lipstik, kandungan methylparaben juga dapat meningkatkan resiko penyakit kanker pada tubuh kita. Oleh karena itu, penting bagi masing-masing orang untuk mencermati pengguaan lipstik. Jangan sampai gara-gara menggunakan lipstik, tubuh kita justru terserang penyakit mematikan.

Awas, Jangan Poles Bibirmu Berlebihan!5

Nah, itulah hal-hal yang sebaiknya diwaspadai setelah menggunakan lipstik. Ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan menggunakan lipstik. Hanya gunakan lipstik saat Anda hendak pergi berkerja atau pergi ke acara di luar rumah. Sementara bila sedang di rumah, gunakan pelemab bibir karena lebih aman.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top