Parenting

Anak Menang Lomba Perayaan Kemerdekaan? Gunakan Cara Anak Mau Kompetisi

cara anak mau kompetisi untuk belajar berani

Perayaan kemerdekaan memang khas dengan berbagai lomba yang diikuti oleh anak. Saat anak tidak mau ikut lomba Anda bisa mencoba cara anak mau kompetisi untuk belajar berani. Anda bisa mengajari anak-anak untuk berani tampil di depan umum tanpa merasa terbebani. Jangan membuat anak harus menang lomba atau merasa malu tapi agar anak berani untuk maju ke depan. Meskipun ini sangat sederhana tapi bisa membuat anak sukses di masa depan.

Lalu bagaimana cara agar anak tidak menangis atau merasa malu saat berada di depan orang banyak. Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba terapkan pada anak.

  1. Biarkan anak berpikir sendiri

Cara pertama adalah membiarkan anak untuk mencoba berpikir sendiri. Lihat apakah anak memang mau berani lomba atau tidak. Biarkan anak yang mengambil keputusan tentang jenis lomba apa saja yang diikuti dan mau untuk ikut lombat tersebut. Orang tua tidak seharusnya memaksa anak untuk terlibat dalam sebuah acara. Orang tua cukup mendorong anak untuk berani tapi tidak membuat keputusan. Cara ini bisa membuat anak belajar untuk mengetahui apa yang baik dan tidak untuk diri sendiri.

cara anak mau kompetisi untuk belajar berani

Sponsor : halojasa.com

  1. Puji anak saat sudah bekerja keras

Untuk terlibat dalam sebuah lomba sebenarnya anak sudah sangat bekerja keras. Mereka berani untuk malu dan merasakan tantangan untuk menang. Memang jiwa anak-anak hanya ingin menang lomba dan merasa bangga tapi apapun hasilnya maka berikan dukungan untuk anak. Anda bisa membuat anak merasa senang meskipun tidak menang lomba. Kemenangan bukan hal utama sehingga anak harus belajar untuk menerima kekalahan dan mau mengakui teman lain yang lebih mampu.

cara anak mau kompetisi untuk belajar berani

  1. Berani bukan karena menang

Ketika anak ikut dalam sebuah kompetisi kecil, seperti untuk perayaan kemerdekaan maka buat anak untuk berani saja. Biarkan anak berani bukan hanya untuk kemenangan tapi juga berani untuk kalah dan mendapatkan ejekan dari teman lain. Mungkin anak juga akan menerima pujian dan sedikit kata yang tidak menyenangkan dari orang lain, jadi orang tua harus memberi kekuatan. Katakan pada anak bahwa berani maju bukan hanya karena ingin menang dan menjadi juara saja.

cara anak mau kompetisi untuk belajar berani

  1. Malu itu tidak apa-apa

Hal penting lain yang dipelajari oleh semua orang tua ketika anak-anak ikut lomba adalah berani untuk malu. Orang tua harus mengajarkan pada anak-anak bahwa malu itu tidak apa-apa dan akan baik-baik saja. Malu juga penting untuk mendidik anak agar memiliki perasaan yang sensitif dan mudah untuk bergaul dengan orang lain. Malu juga bisa membuat anak tidak merasa terlalu khawatir sehingga akan menerima apapun hasil dari sebuah kompetisi.

cara anak mau kompetisi untuk belajar berani

Itulah beberapa hal yang bisa mendorong anak untuk ikut berani tampil dalam berbagai perlombaan. Tidak hanya untuk perayaan kemerdekaan saja tapi juga untuk acara yang lain. Dan tunjukkan kebanggaan Anda sebagai orang tua dengan mengambil foto anak saat terlibat kompetisi. Jika Anda ingin membuat foto kenangan sebuah acara yang indah maka cobalah menggunakan jasa fotografi event dari halo jasa. Anda bisa mendapatkan beberapa paket foto yang memang mengesankan dan bisa menjadi pajangan di rumah. Karena itu sebaiknya Anda langsung menghubungi ahli profesional ini dari ponsel Anda saja.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top