Perawatan Wajah

Amankah Sabun Mandi Untuk Wajah

Amankah Sabun Mandi Untuk Wajah

Mencuci wajah sudah menjadi sebuah kebiasaan yang tidak akan pernah dihentikan. Terlebih fungsi utama mencuci wajah ialah membersihkan pori-pori. Akan tetapi, meski mencuci wajah menjadi sebuah kewajiban agar pori-pori tetap bersih dan terhindar dari debu tidak semua sabun dapat kita gunakan untuk membersihkan wajah lho. Terlebih sabun mandi yang kita gunakan untuk membersihkan seluruh tubuh. Faktanya, hingga kini masih banyak wanita yang menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah dari riasan bahkan saat mandi. Sebenarnya, amankah sabun mandi untuk wajah kita? Percaya atau tidak, namun ada beberapa efek yang akan kita rasakan setelah menggunakan sabun mandi ketika membersihkan wajah. Apa saja efeknya? Berikut adalah efek menggunakan sabun mandi yang digunakan untuk membersihkan wajah kita.

amankah sabun mandi untuk wajah

Sponsor : halo jasa

  1. Kandungan pelembab berlebihan

Percaya atau tidak, sabun mandi yang tiap hari kita gunakan saat mandi mengandung kandungan minyak yang tinggi. Wajar saja karena kulit tubuh membutuhkan pelembab. Dan pelembab tersebut bisa didapat dengan menggunakan sabun mandi. Lantas apakah kulit wajah tidak membutuhkan pelembab layaknya yang dibutuhkan kulit tubuh kita? Kulit wajah memang membutuhkan kandungan pelembab lho. Akan tetapi, ternyata kandungan pelembab yang terdapat di sabun mandi tidak cocok untuk wajah kita. Mengapa? Hal ini karena kabanyakan produk sabun mandi diproduksi untuk memberi kelembaban ekstra pada kulit tubuh sehingga kandungan minyaknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit tubuh. Sehingga kandungan pelembab yang berlebihan tersebut justru akan membuat kulit wajah menjadi lebih berminyak. Berbeda dengan sabun wajah yang sengaja diproduksi dengan kadar minyak yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan wajah kita. Beberapa wanita mungkin akan mengalami kulit wajah yang lengket akibat produksi minyak berlebih tersebut. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari bahwa produksi minyak berlebih di wajah mungkin disebabkan karena penggunaan sabun mandi untuk membersihkan wajah. Terlebih bila sabun mandi digunakan terlalu sering bisa jadi wajah semakin berminyak. Wajah yang berminyak justru mudah terserang jerawat.

Amankah Sabun Mandi Untuk Wajah3

  1. Kadar pH yang tidak cocok

Alasan selanjutnya mengapa kita tidak disarankan untuk membersihkan wajah dengan menggunakan sabun mandi ialah karena kadar pH yang ada di dalam sabun mandi tidak sama dengan kadar pH yang ada di dalam sabun wajah. Kita mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya kadar pH pada sabun mandi lebih keras ketimbang sabun khusus wajah sehingga tidak cocok digunakan pada kulit wajah. Kadar ph yang tinggi ini ternyata disebabkan karena fungsi utama sabun mandi ialah untuk membersihkan kulit tubuh dan bukan wajah. Sementara itu, ph yang lebih rendah pada sabun muka memang difungsikan untuk membersihkan kulit wajah namun tidak memberikan efek iritasi pada kulit wajah. Apalagi kulit wajah lebih tipis dan rentan terkena iritasi daripada kulit tubuh. Bayangkan bila kulti wajah kita lima kali lebih tipis dari kulit tubuh berulang kali terkena sabun mandi yang memiliki kadar ph tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor sabun mandi tidak aman digunakan untuk membersihkan wajah. Kulit wajah bisa saja mengalami iritasi dan permasalahan lainnya yang justru membuat kesehatan wajah terganggu. Jadi, sebaiknya kita menghindari penggunaan sabun mandi dan beralih menggunakan sabun khusus wajah agar kondisi kesehatan wajah bisa terjaga.

Amankah Sabun Mandi Untuk Wajah4

  1. Pori-pori wajah tidak bersih total

Salah satu alasan tidak amannya membersihkan wajah dengan menggunakan sabun mandi ialah pori-pori wajah yang tidak bersih secara menyeluruh. Ya, mencuci wajah dilakukan dengan tujuan wajah bersih total hingga ke pori-pori. Namun, hal tersebut justru tidak bisa Anda dapat bila menggunakan sabun mandi saat membersihkan wajah. Mengapa? Rupanya sabun mandi tidak dapat mengangkat semua kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Mungkin sabun mandi Anda bisa membersihkan kulit tubuh dengan optimal namun belum tentu bisa mengangkat kuman dan sisa kotoran di pori kulit wajah lho. Sabun mandi hanya mampu mengangkat kotorang yang terdapat di permukaan kulit saja. Padahal, wajah kita bisa saja menjadi sarang mengendapnya kotoran sisa make up hingga debu yang tidak kita sadari. Apalagi bila kotoran tersebut terus menerus mengendap di pori-pori kulit wajah tentu saja hal ini akan memicu munculnya beragam masalah seperti komedo hingga jerawat yang mulai muncul. Bila sudah seperti ini kita harus lebih ekstra lagi dalam merawat wajah. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kita memilih menggunakan sabun cuci muka yang aman dengan kadar pH yang pas. Sehingga sel kulit mati akan terangkat secara menyeluruh.

amankah sabun mandi untuk wajah

Nah, beberapa efek tersebut bisa menjadi acuan bagi diri Anda untuk menghindari penggunaan sabun mandi saat hendak membersihkan wajah. Setelah wajah bersih secara menyeluruh ada baiknya Anda membubuhkan make up yang sempurna. Dewasa ini aplikasi make up bukn lagi masalah bagi kaum wanita modern. Terlebih kita bisa mendapatkan make up sempurna dari jasa make up di halo-jasa. Mau pergi ke acara resmi atau acara pesta? Jangan ragu, temukan jasa make up profesional yang akan membuat wajah Anda makin cantik dan sempurna hanya di halo jasa. Kini riasan wajah apik dan rapi bukan lagi hanya di angan-angan lho. Selamat mendapatkan wajah bersih dan riasan wajah profesional!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top