Keluarga

Aktifitas Agar Anak Rukun dengan Saudara Kandungnya

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

Dua saudara perempuan ketika masih kecil sering digambarkan sebagai hubungan yang tidak terlalu rukun. Namun Anda bisa mencoba  berbagai aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya dan kenangan itu disimpan seumur hidup. Seringkali ketika dua saudara perempuan bertemu saat dewasa maka mereka menyesal karena terlalu banyak bertengkar saat masih kecil. Mereka juga tidak memiliki kenangan bersama sehingga hubungan saat dewasa menjadi lebih canggung. Akhirnya hubungan itu tidak baik hingga dewasa sehingga sangat tidak nyaman untuk keluarga besar.

Sponsor: produk pemutih wajah

Namun Anda bisa mencegah semua itu dengan cara yang diterapkan sejak kecil. Sebagai orang tua maka Anda bisa mengajarkan beberapa aktifitas ini saat anak masih kecil.

  1. Membaca bersama

Selisih usia kedua saudara kandung perempuan biasanya membuat kakak akan pergi sekolah lebih awal. Kemudian adik akan meniru kakaknya ketika belajar. Anda tidak perlu melarang anak yang lebih kecil untuk bersama belajar dengan kakaknya. Aktifitas membaca bersama sangat baik untuk membantu agar kedua saudara ini memiliki kesukaan belajar. Kakak bisa membacakan dongeng atau cerita kemudian adik bisa mendengarkan. Saat itu maka adik dan kakak akan saling menenangkan dan membuat waktu yang dihabiskan bersama menjadi lebih menyenangkan.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

Sumber: borepanda.com

  1. Membiarkan tidur dalam satu kamar

Banyak orang tua yang melatih anak untuk mandiri dengan membuat kamar tidur sendiri. Ini artinya kedua saudara kandung juga harus terpisah dan tinggal sendiri dalam kamar. Tapi jika Anda ingin anak menikmati waktu tidur bersama maka Anda tidak perlu menghalangi. Biarkan kakak dan adik tidur berdua dan menghabiskan waktu malam dengan cara mereka. Biasanya anak akan bermain atau bercerita sebelum tidur. Tanpa disadari aktifitas ini sangat baik untuk mendekatkan perasaan antara kakak dan adik.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Membuat kekacauan bersama

Anda bisa mengajarkan anak untuk melakukan aktifitas yang membantu Anda. Misalnya seperti mengurus kebun atau menyirami tanaman. Biarkan kedua anak Anda melakukan aktifitas ini bersama. Anda tidak perlu memberi tugas yang berbeda. Mengapa hal ini harus Anda lakukan? Saat mereka berbagi tanggungjawab maka mereka akan tahu cara untuk menyelesaikan pekerjaan. Saat sudah selesai maka biarkan anak bermain. Misalnya saling menyemprotkan air satu sama lain atau bermain air. Biarkan anak bermain sesuka mereka sehingga mereka akan teringat itu sampai dewasa.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Pergi bersama

Apakah Anda selalu mengawasi anak ketika pergi keluar rumah? Misalnya ketika anak pergi ke sekitar halaman rumah atau komplek. Anda tidak perlu memberikan pengawasan yang berlebihan. Anda hanya perlu mengatakan anak tertua untuk menjaga adiknya. Jika Anda membiarkan kebiasaan ini maka bisa membuat kedua saudara saling menjaga dan tidak menyakiti. Biarkan anak tertua yang menjaga adiknya tanpa perlu dikritik atau diawasi.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Beri kesempatan berpetualang

Anak-anak biasanya sangat suka untuk bermain di luar rumah. Mereka ingin menghabiskan banyak waktu ketika tidak memiliki tugas sekolah. Anda perlu mencoba untuk membiarkan anak mengisi waktu kosong mereka. Biarkan anak bermain di luar rumah. Misalnya ketika sore hari maka beri waktu pada anak-anak untuk pergi ke taman. Biarkan mereka menghabiskan waktu dengan cara mereka sendiri. Kesempatan untuk bermain bersama dengan saudara kandung sangat baik untuk perkembangan interaksi sosial anak. Mereka akan terbiasa untuk bekerjasama dan saling memberi kasih sayang.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Saling bertanggung jawab

Pernahkan Anda meninggalkan anak sendiri dirumah? Tentu saja Anda bisa mencoba tips ini tapi Anda harus membiarkan anak yang lebih besar bersama dengan anak yang kecil. Anda sudah tahu apakah anak yang lebih besar bisa bertanggung jawab sehingga bisa menenangkan adiknya. Misalnya ketika cuaca sedang hujan maka anak yang lebih besar biasanya akan menjaga adiknya. Menemani adiknya agar tidak takut dan tidak menangis. Cara ini akan membuat kedua anak Anda tahu cara untuk menyayangi dan menjaga dengan cara yang tepat.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Bermain riasan

Dua saudara perempuan bisa memiliki hubungan yang sangat baik karena sama-sama memiliki sifat feminis. Biarkan anak-anak Anda bermain riasan dengan produk-produk yang aman untuk kulit mereka. Adik akan selalu mencontoh kakak, sehingga Anda bisa melihat bahwa itu pengalaman yang sangat lucu. Biarkan mereka membuat kekacauan di meja rias sehingga itu membuat mereka memiliki kegiatan yang tampak seperti orang dewasa. Setelah itu ajari anak untuk membersihkan ruangan Anda dan akhirnya ini akan menjadi kenangan yang sangat menarik saat dewasa.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Belajar bersama

Saat kedua anak sudah masuk sekolah atau anak yang terkecil baru masuk grup belajar maka Anda harus membiarkan mereka untuk belajar bersama. Anda tidak perlu melarang atau takut anak yang paling kecil akan mengganggu belajar anak yang sudah besar. Berikan beberapa aktifitas agar anak yang paling kecil tampak seperti belajar. Misalnya ketika kakak sedang belajar mengerjakan tugasnya maka berikan crayon agar anak yang kecil belajar untuk menggambar.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

  1. Memberi tugas bersama

Bagi dua saudara kandung ketika menerima tugas bersama maka itu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Jadi sesekali maka Anda perlu membuat anak pergi  bersama untuk membantu Anda. Misalnya seperti memberi tugas untuk pergi ke toko bersama untuk membeli beberapa roti atau bahan dapur lainnya. Meskipun ini tugas yang ringan tapi sangat baik untuk kedua saudara kandung karena mereka menerima tugas penting dan dilakukan bersama.

aktifitas agar anak rukun dengan saudara kandungnya

Inilah beberapa contoh aktifitas yang bisa membuat saudara perempuan saling rukun sampai dewasa. Bahkan beberapa kegiatan ringan ini bisa membuat kehidupan persaudaraan akan awet dan hangat sampai lanjut usia.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top