7 Cara yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

setiap hari kita dituntut untuk mengingat dan berkonsentrasi. Saat kita kerja harus mengingat tugas-tugas apa yang perlu diselesaikan hari ini. Butuh konsentrasi agar fokus dalam bekerja. Waktu di jalan, kita harus berkonsentrasi memperhatikan jalan. Di kantor, di rumah, di jalan, di pasar, di sekolah, di kampus, di mana pun kita dituntut untuk konsentrasi dan mengingat. Tetapi setiap orang memiliki tingkat ingatan dan konsentrasi yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki ingatan dan konsentrasi yang kuat, namun ada pula yang memiliki ingatan yang lemah. Bagi anda yang ingatan dan konsntrasi rendah, mungkin ini bisa menjadi masalah. Anda kerap melakukan kesalahan hanya gegara tidak ingat dan tidak mampu berkonsentrasi. Jelas hal tersebut mengganggu aktivitas dan produktivitas anda. Lain halnya untuk anda yang mempunyai ingatan dan konsentrasi yang kuat, tentu bukan sebuah masalah. Sehingga jikalau anda mempunyai masalah pada ingatan dan konsentrasi, diperlukan cara meningkatkan daya ingat  dan konsentrasi untuk mengatasi permasalahannya tersebut. Berikut ini tujuh cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

sponsor: cream pemutih wajah

  1. Olahraga

Kegiatan olahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Olahraga membantu menyegarkan otak. Otak yang terus bekerja tanpa penyegaran atau istirahat akan mengurangi funsgi otak. Otak tidak akan bekerja secara optimal. Ketika otak tidak bekerja secara optimal, akan menurunkan tingkat konsentrasi. Dampak panjangnya akan melemahkan daya ingat anda.

Lakukanlah olahraga setiap hari sebelum bekerja kurang lebih 15-30 menit. Tidak perlu yang terlalu berat. Bisa dengan lari-lari kecil, jalan kaki, dan bersepeda. Salah satu manfaat dari berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setiap hari yaitu dapat membantu mengurangi pengeluaran hormon stress cortisol yang membunuh sel-sel otak. Latihan aerobik dapat pula meningkatkan suplai darah ke otak sehingga memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk  meningkatkan fungsi otak. Selain itu, olahraga cukup membantu membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak atau berkualitas juga bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan berkonsentrasi tinggi. Kualitas tidur yang baik akan membantu mengoptimalkan fungsi otak. Sebab salah satu penyebab sulit berkonsentrasi adalah kondisi yang tidak fit. Ketika otak lelah, sulit untuk berpikir. Begitu pula saat fisik tidak lelah atau kurang sehat, otak juga tidak akan maksimal dalam bekerja.

Tidur yang berkualitas atau nyenyak tidak perlu terlalu lama. Intinya ada pada nyenyak itu sendiri. Jika anda hanya punya waktu 10-15 menit untuk istiraha, tidak masalah. Selama anda tidur dengan nyenyak. Namun bila anda tidur selama 8 jam tapi tidak nyenyak, otak pun tidak beristirahat dengan baik.

  1. Memberi Nutrisi pada Otak

Selain istirahat, otak juga membutuhkan nutrisi. Studi penelitian mengungkapkan bahwa kandungan procyanidins dalam dark chocolate bermanfaat membantu daya ingat atau memori dengan meningkatkan sirkulasi otak ketika melawan inflamasi dan oksidasi. Di samping itu, makanan yang bagus untuk sistem saraf pusat yakni makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

  1. Cobalah untuk Bersosialisasi dengan Sekitar Anda

Dengan melakukan interaksi sosial dengan sekitar dapat merangsang otak. Selain itu, hubungan yang harmonis, yang baik, dan yang saling mendukung baik dalam keluarga, pertemanan, pernikahan akan menjaga tingkat stress tetap rendah. Sehingga mampunmencegah produksi hormon cortisol yang berlebih.

  1. Latihan Mental dan Neurobics

Tetaplah membuat mental anda tetap aktif. Triknya dengan mengerjakan teka-teki silang, sudoku, dan games atau permainan yang mengaruskan untuk berpikir. Karena kegiatan tersebut dapat membantu mempertahankan kemampuan kognitif. Lalu fungsi neurobics melibatkan perubahan rutinitas atau melakukan tugas-tugas yang berbeda untuk membuat jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, menggunakan tangan kiri untuk memegang.

  1. Jangan Memikirkan Terlalu Banyak Hal yang Tidak Penting

Hindari memikirkan banyak hal yang tidak amat penting. Sebab memikirkan dan melakukan banyak hal hanya membuat anda semakin sering lupa. Karena anda  terlalu memikirkan dan memperhatian banyak hal secara bersamaan, sementara kinerja otak juga terbatas. Kinerja otak tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Anda akan kesusahan melakukan dua hal dalam waktu bersamaan. Misalnya anda sedang membaca buku, tetapi di waktu yang sama anda diajak bicara dengan teman. Pasti anda sulit berkosentrasi untuk membaca buku. Oleh sebab itu mengerjakan banyak hal dalam waktu sama dapat menurunkan konsentrasi anda. Setidaknya otaak membutuhkan sekitar delapan detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Jadi, rileks dan hindari melakukan banyak hal secara bersamaan.

  1. Menulis

Ternyata menulis dan dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anda. Hal ini terlihat sepele, tetapi cara ini cukup efektif. Jika kamu khawatir lupa tentang sesuatu yang penting, cobalah untuk menulisnya di buku harian atau selembar kertas. Menulis akan membantu untuk meningkatkan kapasitas memori untuk mengingat. Karena sewaktu menulis oksigen akan mengalir melalui darah ke area otak.

Apabila anda pelupa, anda harus menyediakan buku catatan kecil. Fungsinya untuk menulis sesuatu yang penting. Dengan terus membacanya, membantu anda untuk belajar mengingat.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top