Tampil Cantik Dengan Bulu Mata Alami

Tampil Cantik Dengan Bulu Mata Alami

Ada berbaga cara untuk melentikkan bulu mata sehingga memberi kesan indah pada wajah. Melentikkan bulu mata bisa dengan menggunakan maskara atau dengan penjepit bulu mata. Sayangnya melentikkan bulu mata dengan maskara memiliki efek yang bisa merontokkan bila tidak dibersihkan secara teratur. Sementara penggunaan alat bantu untuk melentikkan bulu mata dinilai juga kurang tepat sebab bila tidak berhati-hati bisa merusak bulu mata dan membuatnya cepat rontok. Namun kini, berbagai alasan tampil cantik dengan bulu mata alami bisa Anda dapatkan.

Sponsor: perawatan wajah 

Lentiknya bulu mata adalah tanda bahwa mata wanita sangat indah. Siapapun itu pasti ingin memiliki bulu mata indah dan panjang. Berbagai cara pun dilakukan salah satunya adalah melentikkan bulu mata secara alami. Namun ada penyebab bulu mata jadi tipis dan rontok diantaranya:

  1. Faktor usia adalah hal wajar yang mempengaruhi kelebatan bulu mata. Memasuki usia 30 tahun keatas, hormon penumbuh rambut mulai aktif sehingga rambut baik pada rambut kepala, alis atau bulu rambut juga akan mengalami penurunan kinerja pertumbuhan.
  2. Keturunan atau genetik bisa disebabkan karena orang tua yang memiliki riwayat sama, maka hampir
    70 % akan diturunkan kepada anaknya.
  3. Penggunaan kosmetik yang berlebihan seperti maskara dan bulu mata palsu dapat membuat bulu mata mengalami kerontokan.
  4. Tanda penyakit tertentu seperti diabetes, kanker serviks, atau keputihan bisa menjadi indikasi kerontokan bulu mata.
  5. Kurangnya asupan gizi seperti vitamin E, protein, asam folat, dan asam amino yang menjadi nutrisi penting bagi pertumbuhan rambut dan bulu bisa menjadi masalah terhambatnya pertumbuhan rambut secara otomatis.

Cara melentikkan bulu mata permanen secara alami:

  1. Minyak zaitun

Pada zaman dahulu minyak zaitun sering digunakan oleh Ratu Cleopatra yaitu ratu dari dataran Mesir kuno sebagai obat untuk perawatan kecantikannya. Setiap pagi Cleopatra sering menggunakan minyak alami ini untuk masker. Sementara dari hasil temuan oleh para ahli, kandungan vitamin E  pada minyak zaitun dikenal baik untuk kesehatan, imunitas dan kecantikan. Untuk bisa tampil cantik dengan bulu mata alami caranya dengan  menyiapkan minyak zaitun murni, lalu teteskan ke ujung jari, dan secara perlahan oles dengan ratakan pada bagian bulu mata. Agar mudah Anda bisa menggunakan brush khusus bulu mata sambil memejamkan mata. Tunggu hingga minyak zaitun mengering, lalu segeralah basuh dengan air dingin.

  1. Minyak kastor

Di dataran  Timur Tengah, minyak kastor sering dikonsumsi oleh masyarakat sebagai obat berkhasiat. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak kastor sangat cocok untuk merawat bulu mata secara alami. Untuk bisa mengetahui minyak kastro yang baik, pilihlah yang memiliki warna dan tekstur yang mirip dengan zaitun. Cara aplikasinya yaitu dengan menyiapkan minyak kastor secukupnya, lalu oleskan pada area bulu mata sebelum tidur. Lebih baik jangan dibilas dan biarkan mengering hingga esok pagi. Selanjutnya boleh bilas dengan air dingin.

  1. Madu

Kalau Anda sulit mendapatkan minyak kastro maupun zaitun, maka menggunakan madu juga bisa untuk melentikkan sekaligus memanjangkan bulu mata secara alami. Madu dikenal sebagai cairan yang mengandung beragam nutrisi, vitamin dan aneka ragam mineral alami. Cara melentikan bulu mata dengan madu alami yaitu pilihlah madu yang berkualitas baik madu ternak ataupun madu hutan. Kemudian oleskan merata ke bagian bulu mata, diamkan hingga mengering selama 30 menit, dan bilas dengan air dingin.

  1. Susu murni

Susu juga dikenal sebagai minuman yang nikmat, masker alami untuk memutihkan kulit dan wajah, juga bisa dipakai sebagai obat untuk melentikan bulu mata. Susu murni mengandung vitamin, protein, zat fosfor, kalsium, dan berbagai mineral alami yang bisa merangsang pertumbuhan rambut atau bulu. Cara menggunakannya yaitu ambilah susu murni tanpa pemanis tambahan, kocok dahulu dan gunakan cairan susu untuk dioleskan pada bagian bulu mata, biatkan kering lalu bilas dengan air dingin. Lakukan setelah mandi agar hasilnya maksimal.

  1. Minyak kemiri

Jangan pernah menganggap remeh manfaat minyak kemiri untuk melebatkan bulu mata. Sudah sejak lama minyak kemiri memiliki manfaat untuk membantu proses pertumbuhan rambut dan bulu. Cara menggunakannya cukup panggang buah kemiri diatas api sedang, atau Anda bisa tumbuk halus. Minyak dihasilkan nanti bisa digunakan untuk olesan ke bulu mata. Oles perlahan dengan tangan atau kuas dan biarkan kering. Terakhir bilas dengan air dingin.

Cara mencegah bulu mata agar tidak rontok:

Setelah Anda mencoba beberapa tips muda untuk melentikkan bulu mata dengan bahan alami diatas, kini saat Anda tahu cara agar membantu bulu mata Anda yang lentik agar tidak rontok atau mencegah kerontokan.

  1. Pertama seringlah menyisir bulu mata dengan menggunakan sisir bulu mata khusus yang lembut atau halus.
  2. Kemudian perbanyak mengkonsumsi makanan biotin yang kaya vitamin E seperti apel, jambu, pepaya, brokoli, bayam, atau kacang-kacangan.
  3. Selanjutnya jangan lupa untuk membiasakan mencuci wajah atau membersihkan riasan mata dengan menggunakan remover khusus bulu mata. Anda bisa membeli brush atau kuas bulu mata yang berkualitas dan tidak membuat sakit.
  4. Jangan pernah memaksa mengucek mata terlalu sering saat mata terkena debu. Lebih baik Anda bisa atasi dengan menggunakan obat tetes mata atau membasuhnya dengan air bersih. Bila Anda terlalu sering mengucek mata, maka bulu mata akan mudah rontok atau tercabut.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tampil cantik dengan bulu mata yang indah. Seperti diketahui, memiliki bulu mata yang lebat bisa memancarkan pesona kecantikan seorang wanita. Oleh karena itu, tidak ada yang salah bila Anda merawatnya secara alami dan rutin.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top