Bunda & Anak

Manfaat Mengenalkan Anak Pada Binatang

manfaat-mengenalkan-anak-pada-binatang

Mengajarkan anak untuk untuk dekat dengan alam, tanaman, dan binatang, akan mendorong anak untuk memiliki kepekaan yang lebih besar terhadap sesuatu hal yang berkaitan dengan objek-objek tersebut. Lebih jauh lagi ternyata ada banyak sekali hal yang berguna. Karena itu, yuk lihat manfaat mengenalkan anak pada binatang.

Kepekaan anak akan terefleksikan melalui respon tubuh, contohnya adalah saat memeluk binatang peliharaan. Dalam keseharian, respon tubuh anak tampak pada saat membuang sampah, membereskan kamar, dan hal-hal lainnya.

Binatang peliharaan seperti anjing pitbull bukan saja bisa menjadi teman di rumah, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa, khususnya untuk anak.

Mary Renck Jalongo, PhD, profesor pendidikan di Indiana University of Pennsylvania dan penulis dari buku berjudul The World of Children and Their Companion Animals, mengatakan memiliki binatang peliharaan bisa membantu anak-anak tumbuh berkembang dengan baik.

Bagi anak-anak menyaksikan binatang adalah suatu kesenangan tersendiri. Dengan melihat binatang akan menciptakan rasa penasaran dan ingin tahu yang besar. Itu sebabnya, tidak jarang anak-anak banyak yang merengek meminta pada orangtua untuk diantarkan ke Kebun Binantang hanya sekedar ingin melihat binatang yang belum pernah dilihatnya secara dekat. Sesampainya di kebun binatang, tak sedikit pula anak-anak yang ingin menyentuh atau memberi makan binatang yang menarik hatinya. Mereka akan tahu bahwa ternyata binatang juga dapat menjadi kawan bermain yang menyenangkan.

 

manfaat mengenalkan anak pada binatang

sponsored: halojasa

Mengenalkan anak pada binatang ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Dalam sebuah penelitian juga menemukan, binatang peliharaan seperti anjing pitbull, bisa membuat anak mudah belajar membaca dan jauh dari stres.

Seperti yang dilansir lampost.co, mengenalkan bermacam macam tipe binatang terhadap anak-anak adalah suatu proses yang amat penting. Dengan mengenalkan anak pada binatang kecerdasan naturalis pada anak dapat terasah dengan baik.

Lebih jauh tentang manfaat mengenalkan anak pada binatang, kita lihat daftarnya ini yuk:

1. Memberi rasa nyaman bagi anak

Binatang peliharaan akan berpengaruh pada perasaan anak. Umumny, anak yang  mengenal binatang peliharaan di rumah, perasaannya akan lebih tenang dan lebih rileks. Saat anak bersedih, marah atau tertekan, alihkan perhatian anak pada binatang peliharaan, dan ini adalah salah satu cara yang tepat. Binatang peliharaan yang dapat membawa ketenangan contohnya adalah anjing, mereka menyediakan kasih sayang yang tak terbatas bagi siapapun yang dianggap dan dikenal sebagai majikannya.

2. Mengajarkan nilai-nilai kebaikan

Bergaul bersama binatang peliharaan mengajarkan anak untuk mengenal tanggung jawab. Ia akan belajar bahwa binatang juga membutuhkan makan, mandi, bermain, dan perhatian seperti halnya manusia. Tangan kecilnya akan belajar bagaimana menyentuh dengan lembut binatang peliharaannya.

Dari kegiatan interaksi antara anak kepada binatang, maka ia juga akan mempelajari respon balik binatang kepadanya berdasarkan apa yang ia lakukan. Dari hal ini maka anak akan belajar tentang menjaga ikatan antar sesama makhluk hidup. Berperilaku baik terhadap binatang akan mengarahkan perilaku anak terhadap manusia di masa mendatang.

3. Belajar mengelola emosi dan kepedulian sosial

Selain beberapa nilai-nilai kebaikan di atas, maka anak juga akan belajar untuk mengelola emosi, belajar peduli dan juga empati. Itu sebabnya, binatang peliharaan sering digunakan oleh para therapist untuk melakukan terapi pada beberapa anak berkebutuhan khusus.

4. Belajar bertanggungjawab

Memiliki binatang peliharaan atau mengenalkan anak pada binatang sedari dini akan membuat anak lebih bertanggung jawab.  “Dengan begitu mereka akan lebih pandai dan bisa bertanggung jawab lebih,” kata Gail F. Melson, PhD, Professor Emeritus bidang studi perkembangan anak di Purdue University, Indiana. Ya betul, dengan memiliki binatang peliharaan sendiri maka anak akan terlatih untuk memberikan makan, memandikan dan merawat binatang peliharaan mereka sendiri.

Memberikan hadiah berupa binatang peliharaan pada anak adalah cara yang baik untuk mengajar anak bertanggungjawab. Memelihara binatang peliharaan, butuh perawatan yang baik, karena itu berilah penjelasan dan damping anak dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan pada binatang peliharaannya.

Selalu dampingilah anak untuk tahap awal, sesudah anak nampak siap dengan tugas dan tanggungjawab merawat binatang peliharaannya, maka biarkan dia melakukannya sendiri. Seperti memberi makan, menggiring hewan untuk membuang air dan mengajak jalan-jalan di halaman rumah. Dengan rutinitas seperti ini, perlahan-lahan anak akan belajar bertanggung jawab.

5. Lebih aktif dan percaya diri

Anak yang memiliki binatang peliharaan lebih penyayang, tidak mudah menarik diri dan lebih aktif. Karena ia bisa menceritakan semua hal kepada binatang peliharaannya dengan spontan. Seringkali terlihat anak-anak berbicara pada binatang yang dijumpainya, dan bahkan mereka tidak segan untuk menceritakan rahasia apapun kepada binatang khususnya peliharaan.

Anak-anak lebih aktif tetapi dengan cara yang baik. Daripada anak berkutat dengan gadget, lebih baik anak bermain dan berbincang dengan binatang peliharaannya.

Binatang peliharaan akan mencintai siapapun yang mencintai mereka. Sehingga mereka akan menemani apapun aktivitas anak. Saat anak bicara dan bermain dengan binatang peliharaannya tersebut, ia tidak akan merasa kesepian sekalipun tak ada orang di sekitarnya.

Saat anak berbincang akrab dengan binatang peliharaannya, maka dia akan merasa mendapat kawan yang baik, karena binatang hanya akan duduk diam mendengarkan apapun yang dikatakan anak kepadanya. Bahkan dari sebuah riset menyebutkan bahwa saat anak membacakan buku keras-keras kepada pendengar yang tidak punya sikap menghakimi seperti binatang, ia akan belajar membangun rasa kepercayaan dirinya.

6. Meningkatkan imun

Anak yang dari kecil sudah berinteraksi dengan binatang akan lebih mudah beradaptasi dengan mikroba baik yang ada pada binatang. Hal ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melatih anak agar tidak mudah alergi.

Dalam sebuah riset menyebutkan bahwa bayi dilingkungannya terdapat binatang peliharaan akan lebih jarang sakit. Penelitian pada tahun 2012 menemukan fakta bahwa bayi yang punya anjing peliharaan memiliki sistem imun lebih kuat daripada bayi yang tidak memiliki binatang peliharaan.

Imun anak dapat berjalan baik, jika orangtua pun ikut memantau kebersihan binatang peliharaannya. Salah satunya adalah menjaga agar binatang peliharaan tetap di dalam rumah. Karena binatang yang biasa bermain di dalam rumah tentu akan memiliki kandungan mikroba yang berbeda dengan binatang peliharaan yang sering bermain di luar rumah.

Perlu diingat bahwa binatang juga harus divaksin secara rutin agar tidak khawatir dengan penyebaran virus dan hal-hal yang tak diinginkan yang justru akan merugikan anak dan diri sendiri.

Itu tadi beberapa manfaat dari mengenalkan anak pada binatang sejak dini. Perlu diingat ketika akan memberikan hadiah binatang peliharaan kepada anak, adalah orangtua harus memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang seluk beluk memiliki binatang peliharaan, agar tidak timbul kerugian di kemudian hari. Salah satu hal penting ketika orangtua mengenalkan anak pada binatang adalah menjaga kebersihan. Jika cukup sibuk sehingga tidak sempat mencuci, maka orangtua dapat memakai jasa laundry. Dengan begitu, fokus orangtua bisa digunakan untuk hal penting lainnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top