Bunda & Anak

Makanan Sehat Bergizi Untuk Anak Dengan Harga Murah

makanan sehat bergizi untuk anak dengan harga murah

Banyak orangtua khususnya Ibu, seringkali bingung untuk menyiapkan makan untuk anak. Karena makanan untuk anak harus dibuat khusus tanpa berbagai banyak penambahan zat makanan, ataupun cara mengolahnya yang berbeda dengan cara mengolah makanan untuk orang dewasa. Ibu harus memikirkan bagaimana membuat makanan sehat bergizi untuk anak dengan harga murah.

Karena kadangkala, ada Ibu yang panik memilih makanan untuk anak, sehingga seringkali justru boros. Ibu harus paham bahwa saat memikirkan makanan apa yang cocok untuk anak, pasti prioritasnya adalah makanan yang sehat dan mengenyangkan. Namun terkadang apa yang ingin disajikan setiap hari tidak sejalan dengan apa yang diinginkan oleh anak.

Para balita dan anak-anak masih dalam proses menjalani masa pertumbuhan, sehingga jelas membutuhkan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh mereka. Untuk itu, sebagai orang tua, berusahalah untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyajikan makanan bergizi.

 

makanan sehat bergizi untuk anak dengan harga murah

Sponsored: halojasa

Makanan anak yang sehat dan bergizi tidak harus mahal. Karena ada banyak sekali bahan-bahan alami di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan sehat. Beberapa orangtua justru seringkali membuat pot-pot tanaman organic di lahan sempit mereka, lalu menggunakan sayuran itu untuk membuat berbagai olahan menu makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan anak.

Karena, ketika nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi secara baik maka bukan tidak mungkin jika anak-anak akan mudah sakit dan gampang kelelahan. Apalagi jika anak-anak sudah memasuki usia sekolah, berbagai macam nutrisi harus terpenuhi dengan baik untuk menunjang aktivitasnya. Dengan demikian sebagai ibu harus mengetahui menu dan resep makanan yang sehat dan murah untuk anak.

Hal penting lainnya adalah selalu menasehatkan agar anak mengkonsumsi makanan sehat sejak anak-anak berusia di bawah lima tahun. Sehingga masa balita mereka harus mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan dalam masa pertumbuhannya. Makanan anak sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin, dan lemak sehat yang mampu membuat tumbuh kembangnya baik, cerdas, dan aktif seiring dengan perkembangan usianya.

Makanan sehat harus udah dikenalkan kepada anak-anak ketika mereka mulai berusia 6 bulan, yaitu pada saat masa MPASI. Pada usia 6 bulan anak-anak sudah bisa mulai dikenalkan makanan yang diolah sendiri dengan cara yang baik dan sehat.

Berikut adalah inspirasi makanan sehat dengan harga terjangkau serta mudah dibuat untuk anak-anak:

1. Telur

Makanan Sehat Bergizi Untuk Anak Dengan Harga Murah

Telur adalah bahan makanan yang murah dan mudah ditemukan di warung, pasar ataupun supermarket. Telur juga bahan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai macam panganan yang cocok untuk anak-anak.

Selain, mudah mengolahnya dan harganya terjangkau, di dalam telur mengandung banyak protein yang baik dikonsumsi oleh siapapun juga, termasuk anak-anak, khususnya untuk menu sarapan. Telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

Terkadang orang tua ingin menyajikan sesuatu yang mengeyangkan selain nasi putih. Maka, olahan berbahan dasar telur dan tepung maka jadilah pancake yang bisa menjadi salah satu variasi sajian sarapan untuk anak selain nasi putih dan roti. Cara membuatnya praktis dan anak-anak pasti menyukainya.

Kalau ibu tidak terlalu banyak mempunyai waktu luang untuk mempersiapkan masakan di rumah, maka buat saja omelet telur. Tinggal tambahkan toping atau campuran sesuai dengan kesukaan anak, seperti keju, daun bawang, atau bisa juga dengan ham yang diiris kecil-kecil. Kalau sudah begini, rasanya tidak ada anak yang mau menolaknya.

2. Kentang

Makanan Sehat Bergizi Untuk Anak Dengan Harga Murah
Kentang adalah salah satu bahan makanan yang murah dan mudah dijumpai di sekitar kita. Tidak harus kentang import, karena negara kita adalah negara agraris yang punya hasil panen kentang dengan kualitas juara. Di dataran tinggi Dieng, disebut sebagai salah satu lokasi yang menghasilkan kentang dengan kualitas ekspor. Kentang merupakan salah satu sumber serat, vitamin A, mineral dan juga karbohidrat.

Kentang mudah diolah, dan untuk anak-anak bisa siapkan kentang rebus, atau kentang panggang dengan taburan keju dan irisan daging ham diatasnya, sajikan selagi panas sebagai menu sarapan.

Atau, bisa juga dengan membuat camilan dari kentang untuk anak-anak. Contohnya kentang goreng, atau kroket kentang isi ayam, atau isi sayuran dan berbagai macam olahan dari kentang. Cemilan yang satu ini bisa disajikan di rumah saat anak sedang bosan atau susah makan nasi. Setidaknya sajian berbahan kentang ini bisa membuat mereka kenyang.

3. Tahu dan Tempe

Makanan Sehat Bergizi Untuk Anak Dengan Harga Murah

Tahu dan tempe bisa menjadi alternatif sumber protein yang bagus untuk tubuh anak.  Berdasarkan penelitian ternyata tiap 100 gram tempe murni memiliki kandungan 20,8 gram Protein. Selain itu, kalau dilihat secara keseluruhan, bahan makanan bergizi yang diolah dari kacang kedelai ini juga tak kalah bernutrisi dibanding daging-dagingan. Tahu dan tempe mengandung vitamin b kompleks, magnesium, zat besi, kalsium, seng, hingga fosfor. Yang menarik bagi tempe dan tahu adalah, semua orang bisa mengkonsumsinya, termasuk para vegetarian, mengingat banyaknya kandungan baik di dalamnya.

Tahu dan tempe juga mudah untuk diolah. Contohnya saja, ibu bisa menyiapkan tumis tahu saus tiram yang disajikan dengan kuah atau tanpa kuah. Dengan begitu, anak-anak sudah mendapatkan asupan gizi yang baik dengan bahan yang murah.

Kacang kedelai adalah sumber protein dan mengandung lemak baik yang menyehatkan jantung. Jadi jangan ragu menyiapkan sajian tahu dan tempe untuk balita dan anak-anak agar mereka bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

4. Nasi

Makanan Sehat Bergizi Untuk Anak Dengan Harga Murah

Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Ya! Banyak orang dewasa yang  mengatakan bahwa belum makan jika belum menyantap nasi, meski demikian tidak begitu halnya dengan anak-anak.

Nasi adalah salah satu makanan yang mudah dibuat dan bahannya pun mudah dijumpai. Jadi, ibu bisa menyiapkan berbagai macam olahan nasi untuk anak-anak. Nasi baik untuk dikonsumsi.

Nasi putih memiliki nutrisi yang komplit seperti protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu nasi juga mengandung serat yang berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan serta vitamin dan mineral. Karbohidrat dalam nasi adalah salah satu nutrisi tercepat yang bisa diubah menjadi energi.

Contoh olahan nasi untuk anak, adalah nasi goreng ikan asin, nasi goreng yang biasa saja dengan sosis atau telur, dan lain sebagainya. Berbagai macam olahan nasi goreng ini bisa menjauhkan anak dari kebosanan.

5. Buah-buahan

 

makanan sehat bergizi untuk anak dengan harga murah

Indonesia, adalah salah satu negara penghasil buah yang hebat. Beberapa jenis buah justru hanya dapat ditemukan di Indonesia. Contohnya nangka, manggis, mantau dan masih banyak lagi.

Hampir semua buah-buahan baik untuk balita dan anak-anak. Sebab di dalamnya mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya. Buah-buahan adalah sumber makanan untuk anak, yang mudah dicari dan harganya pun terjangkau. Berikan balita dan anak-anak buah-buahan setiap hari untuk mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuhnya.

Selain dengan mengkonsumsi buah langsung, ibu pun bisa membuat aneka macam olahan dari buah. Misalnya sop buah, jus, atau pudding buah. Semua itu untuk mengatasi agar anak tidak bosan untuk mengkonsumsi buah.

Nah, itu tadi adalah jenis-jenis makanan yang mudah dijumpai dengan harga yang terjangkau serta mudah untuk dibuat sajian anak-anak. Dengan menyajikan makanan bergizi maka akan mendukung tumbuh kembang anak yang sehat jasmani dan rohani. Jika ibu kebingungan dengan berbagai macam olahan makanan, ibu bisa berkonsultasi dengan ahli seperti personal chef di halojasa. Dengan bertanya pada ahli maka wawasan dan keahlian ibu dalam menyajikan makanan untuk anak akan bertambah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top