Bunda & Anak

Kreasi Menu Bekal Sekolah Anak

kreasi menu bekal sekolah

Bukan anak-anak namanya kalau tidak pakai acara suka ngadat makan. Apalagi jika menu yang disiapkan kurang variatif, pasti anak-anak akan mudah untuk menolak. Jadi, supaya mereka tidak ngadat makan, yuk lihat kreasi menu bekal sekolah disini.

Kadangkala, kalau anak sudah mulai ngadat, dia hanya mau makanan yang dia sukai saja. Kalau sudah begitu, orangtua berpikir daripada anak tidak makan, lebih baik membuatkan makanan yang dia sukai saja, dan akhirnya lama-lama anak bosan.

Itu pula yang menyebabkan seringnya, menu bekal anak sekolah didominasi oleh menu mie instan atau “paket” chicken nugget dan sosis sebagai pendamping nasi. Kenyang sih, tapi di sisi lain asupan gizinya tidak cukup baik untuk mendukung proses tumbuh kembang anak.

Nah, untuk menyiasati kebosanan dan mencegah ngadat makan, maka Anda bisa sesekali meracik bekal anak sekolah yang bebas nasi tapi tetap sehat sekaligus mengenyangkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan kecukupan nutrisi anak selama dia belajar di sekolah.

Permasalah lainnya, kadangkala bukan pada anak yang ngadat makan, atau bosan dengan menu yang disiapkan. Tetapi, kalau orangtua sibuk dengan pekerjaan, maka urusan membuat bekal anak sekolah bisa jadi sesuatu hal yang cukup menyita perhatian, waktu dan pikiran. Tidak heran kemudian banyak orangtua yang mencari resep bekal sekolah anak yang praktis, namun bisa dinikmati oleh anak.

Hal penting yang perlu diperhatikan untuk bekal sekolah anak adalah harus mengandung gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi, tidak hanya asal kenyang.

Orangtua harus pandai-pandai mencari akal untuk membuat kreasi makanan bekal sekolah anak, apalagi jika anaknya termasuk yang “picky” atau suka pilih-pilih makanan.  Anak-anak seperti ini, cenderung lebih tertarik dengan makanan-makanan yang bentuknya unik dan warnanya yang mencolok.

 

kreasi menu bekal sekolah anak

Sponsored : halojasa

Memang, anak-anak tidak selalu melahap habis bekal makanannya, bisa saja karena mereka bosan, atau sedang tidak enak badan, atau memang betul-betul tidak suka. Itulah kenapa Ibu harus semakin kreatif menciptakan bekal menu-menu menarik untuk anak.

Nah, yuk kita cari ide menu-menu yang menarik untuk bekal sekolah anak:

1. Kreasi Roti

kreasi menu bekal sekolah

Jika anak sedang bosan dengan nasi, maka beri bekal sekolah yang berbahan roti. Bisa roti tawar biasa, atau roti gandum.

Roti ini bisa Anda buat sandwich, atau roti goreng, atau bisa juga dengan membuat roti isi selai coklat, kacang. Bahan roti adalah salah satu bahan yang praktis dan mudah untuk dikreasikan. Selain beberapa kreasi di atas, roti juga bisa dibuat sandwich.

Anda bisa menyiapkan 2 lembar roti tawar atau roti gandum, lalu memberi isian ikan tuna yang ditumis dengan bayam. Selesai ditumis sebentar lalu tambahkan mayonnaise. Jangan lupa, supaya lebih sehat tambah susu kotak kesukaan dia. Hmm.., pasti anak-anak akan menyukainya. Selain kenyang, maka kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi.

2. Kreasi Kentang

kreasi menu bekal sekolah

Kentang panggang juga tak kalah enak, praktis dan menarik untuk bekal anak. Kukus kentang, lalu padukan dengan daging giling, daun peterseli, smoked beef, dan taburan keju, kemudian dipanggang dalam oven. Kombinasi daging, keju dan sayuran akan meningkatkan nafsu makan anak.

Jika tidak dipanggang, maka kentang bisa digoreng, lalu tinggal Anda tambahkan parutan keju di atasnya, sertakan saus tomat atau saus sambel di dalamnya. Jangan lupa bawakan juga buah pisang atau buah potong kesukaan dia. Coba, Anda kreasikan menu ini.

3. Kreasi Nasi

kreasi menu bekal sekolah

Onigiri dan bento adalah jenis masakan khas Jepang. Jenis bekal sekolah seperti ini sangat digemari anak-anak. Onigiri atau Bento adalah juga cara kreasi bekal nasi untuk anak, supaya tidak bosan dengan nasi yang hanya disusun begitu saja. Nasi, adalah makanan pokok orang Indonesia, sehingga sangat jarang orang Indonesia yang tidak makan nasi dalam sehari-harinya.

Cara membuat Onigiri atau Bento pun tidak ribet, hanya saja perlu kreativitas yang baik. Onigiri dibuat dari nasi kepal dengan balutan nori atau rumput laut kering, yang bisa Anda beli di toko-toko makanan. Untuk pendampingnya, Anda tinggal tambahkan cah sayuran, atau brokoli rebus, ditambah dengan nugget, sosis, atau telur dadar. Agar Onigiri atau Bento menarik buat anak, hiaslah dengan berbagai macam karakter kartun yang lucu-lucu yang disukai anak, seperti angry bird, atau dora emon, dan lain sebagainya. Praktis bukan?

4. Kreasi Bihun atau Mi

kreasi menu bekal sekolah

Untuk menu yang satu ini, rasanya tidak ada anak yang dapat menolaknya. Karena, rata-rata anak menggemari bahan makanan yang satu ini. Mi atau bihun adalah salah satu jenis bahan yang bisa Anda kreasikan untuk membuat bekal sekolah anak.

Tetapi, supaya lebih bergizi maka Anda bisa membuat bihun atau mi dengan menambahkan sayuran seperti daun sawi, kembang kol, brokoli atau wortel. Lalu, untuk sumber protein hewani bisa ditambahkan telur puyuh rebus, telur ayam orak arik, udang, sosis, atau bakso ikan. Sajikan di dalam kotak makan anak, dengan menambahkan buah potong, atau edamame rebus.

5. Kreasi Daging atau Ikan

 

kreasi menu bekal sekolah anak

Kalau anak sedang tidak ingin menyantap nasi yang Anda siapkan bersama lauknya, jangan panik. Besok lagi Anda bisa menyajikan hanya dagingnya saja.

Misalnya Anda membuat ikan salmon atau ayam panggang dengan saus teriyaki dengan salad sayuran ringan kesukaan anak.  Jangan lupa, agar gizinya seimbang Anda bisa tambahkan beberapa potong buah dan susu kotak.

Itu tadi beberapa kreasi menu bekal sekolah anak. Selain sederhana dan cepat mengolahnya, menu-menu yang Anda siapkan harus memenuhi kebutuhan gizi anak. Berkreasi menu bekal anak ke sekolah juga menyenangkan untuk Anda dan anak juga.

Saat ini, ada banyak sekali pedagang yang menjajakan makanan di dekat sekolah-sekolah, yang seringkali makanannya kurang bergizi, bahkan ada beberapa yang diolah dengan cara kurang higienis, sehingga membahayakan kesehatan anak.

Itu sebabnya, orangtua harus peduli dan berhati-hati dengan bekal sekolah anak. Anda pastinya juga tidak berharap anak sakit karena jajan sembarangan kan?

Nah, agar anak-anak nggak jajan sembarangan, sebaiknya mulai dari sekarang Anda rajik membuat bekal anak ke sekolah yang bergizi. Kalau Anda tidak pe-de atau perlu menambah ilmu dalam memasak, Anda pun bisa kursus private dengan personal chef. Selamat berkreasi ya Moms?

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top