Tips Perawatan Cantik

Cara Mengatasi Kantong Mata

Cara Mengatasi Kantong Mata

Cara mengatasi kantong mata bisa didapatkan dengan perawatan alami. Kantung mata bisa membuat penampilan jadi kurang menawan. Beberapa faktor yang menyebabkan kantung mata bisa muncul yaitu kurang tidur, dehidrasi, penuaan, merokok, menangis, paparan sinar matahari, atau terlalu banyak melihat layar computer. Dan faktor lainnya bisa karena keturunan atau genetika yang memang cukup sulit dihilangkan dengan perawatan biasa. Kantung mata yang tidak diatasi, hasilnya akan bisa berakibat pada masalah wajah kusam. Selain melakukan perawatan alami, sebagian orang berupaya melakukan treatmen khusus hingga rela melakukan operasi.

Sponsor: kezia skin expert

Tips ampuh mengatasi kantung mata atau mata panda sebenarnya tak cukup sulit dilakukan. Sayangnya sebagian orang lebih memilih jalan pintas seperti operasi dibanding melakukan perawatan sederhana di rumah. Memang benar bahwa membutuhkan usaha dan kerja keras untuk menghilangkan kantung mata. Kantung mata bisa terjadi akibat pembengkakan oleh menumpuhnya cairan di area sekitar mata atau istilah medisnya yaitu edema periorbital. Penumpukan cairan ini bersifat sementara. Penyebab dan hal mengakibatkan munculnya kantung mata yaitu:

  • Kurang tidur. Kantung mata akan muncul jika tubuh kurang tidur atau cukup waktu istirahat. Kurang tidur bisa karena suka begadang dan menyebabkan pembulu darah pada bagian bawah mata mengalami pelebaran yang akhirnya menimbulkan perubahan warna menjadi lebih gelap.
  • Pola makan tidak baik. Untuk mencegahnya, bisa dimulai dengan menjaga pola makan dengan memasukkan asipan gizi dan nutrisi yang baik ke dalam tubuh. Minum sekurangnya 8 gelas air putih setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka mudah berpengaruh pada kondisi mata.
  • Beberapa orang kadang rentan mengalami alergi atau bereaksi pada alersi seperti bersin, mata berair yang diikuti juga dengan munculnya lingkaran hitam di area mata.
  • Faktor usia. Penuaan adalah faktor paling nyata yang menyebabkan munculnya kantong mata. Faktor ini cukup sulit dihindari karena seiring bertambahnya usia otot dan struktur jaringa di sekitar mata akan mengendur dan menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata. Lemak di sekitarnya juga akan bergerak ke bawah mata sehingga mata terlihat membengkak diikuti munculnya lingkar mata.
  • Penyebab lain bisa karena kebiasaan suka minum alcohol, polusi, merokok, menangis atau kelainan pada kulit. Peradangan dan infeksi juga berpengaruh pada kulit mata yang menghitam.

Cara ampuh mengatasi kantung mata secara sederhana:

1. Tidur cukup

Tidur cukup 8 jam sehari adalah budaya sehat yang pertama bisa diterapkan. Menberikan waktu cukup untuk tubuh beristirahat bisa mengurangi dan mencegah kantung mata. Anda bisa mengawali tidur malam antara pukul 8 atau 9 malam dan usahakan tidak sampai tidur diatas jam 10 malam. Menurut sebuah penelitian di Thailand, terlalu banyak terjaga atau begadang di malam hari bisa menyebabkan kanker hati, mudah lelah, membuat otak terus bekerja dan menyebabkan kantung mata.

2. Kompres mata

Lakukan perawatan awal jika kantung mata muncul dengan mengompres mata menggunakan es batu. Es batu bisa membantu menyamarkan kantung mata dan membuat mata yang bengkak menjadi kemps. Kompres kantung mata selama 10 menit. Cara mengompresnya yaitu dengan ambil es batu dan bungkus dengan kain atau handuk. Tempelkan pada area kantung mata.

3. Bekas teh celup

Cara lain mengompres mata panda yaitu dengan menggunakan bekas teh celup. Teh celup sudah cukup lama dilakukan banyak orang untuk mengatasi kantung mata bahkan jerawat dan komedo. Zat tannin yang terdapat dalam teh dapat mengurangi pembengkakan mata. Tanin sendiri mampu menjada kelenturan kulit dan menghalang masuknya bakteri ke dalam kulit. Cara mengompres maka dengan teh celup yaitu siapkan 2 kantung teh celup bekas dan remdamlah terlebih dahulu ke dalam air dingin. Kompres mata dan biarkan selama 10-15 menit. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin sebelum atau setelah tidur.

4. Menggunakan bahan alami

Anda bisa gunakan bahan alami yaitu kentang, mentimun dan bengkoang. Ketiga bahan ini sudah dipercaya sejak lama sangat ampuh membantu mengatasi dan mencegah kantong mata.

  • Bahan pertama dengan kentang. Kentang mengandung asam sitrat serta asam fosfat, sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit. Caranya kupas kentang dan cuci, lalu haluskan dengan diparut atau blender. Kemudian bungkus kentang dnegan kain tipis dan kompreska ke mata sambil didiamkan selama 25-20 menit.
  • Cara kedua dengan mengagunakan mentimun karena mengandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids yang mampu mengatasi pembengkakan dan iritasi kulit. Caranya dengan cuci bersih mentimun dan iris tipis. Tempelkan langsung ke mata dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Cara berikutnya dengan menggunakan bengkoang. Di dunia kecantikan bengkoang sangat ampuh mengatasi masalah kulit. Kandungan vitanmin B1 dan C nya dapat membantu menghilangkan kantung mata. Caranya, kupas bengkoang dan cuci, lalu parut bengkoang dan oleskan pada kantung mata. Diamkan 10-15 menit lalu bilas.

5. Gunakan krim mata

Pilih krim mata yang mengandung kolagen, vitamin C dan retinol. Ketiga bahan utama ini dapat mengatasi iritasi mata bengkak penyebab kantung mata. Jika Anda tidak ingin menggunakan krim berbahan kimia, bisa diganti dengan menggunakan tomat, atau bah beriberian untuk mendapatkan kandungan vitamin C secara alami.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top