Fashion

Batik semanggi khas surabaya yang tak kalah dengan batik lainnya

batik semanggi khas surabaya.

Batik telah menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Di Indonesia sendiri, kekayaan batik itu sendiri tercermin dari banyaknya varian corak kain batik yang khas dan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Selama ini kita pasti sudah mengenal betul bermacam-macam batik dari berbagai daerah. Mulai dari batik parang khas jogja, ada pula batik khas kalimantan dengan ciri khas corak seperti relief. Hampir semua daerah memiliki batik yang has dengan kotanya. Termasuk salah satunya Surabaya yang memiliki batik semanggi khas surabaya.

batik semanggi khas surabaya

Sponsor – perawatan wajah terbaik

Mungkin tidak banyak yang mengetaui tentang batik semanggi khas surabaya. batik semanggi ini merupakan batik asli yang di buat oleh warga surabaya. Terletak di Surabaya Barat tepatnya di daerah Sememi, Kampung Batik Semanggi telah berdiri sejak tahun 2010 meramaikan industri kreatif yang ada di Surabaya. sesuai dengan namanya, kampung Batik Semanggi merupakan kampung pemroduksi kain batik dengan corak khas daun semanggi yang tidak di miliki oleh batik dari daerah-daerah lainnya.

Daerah Sememi memang terlebih dahulu dikenal sebagai gudangnya penjual Makanan Semanggi. Berawal dari sebuah pelatihan membatik selama 7 hari yang diikuti oleh sebanyak 25 ibu-ibu PKK RW 9 RT 1-5, siapa sangka mampu membuka peluang bisnis batik untuk memperbaiki taraf ekonomi warga kampung ini. Dan rupanya makanan khas Kota Surabaya tersebut menjadi sumber inspirasi tercetusnya ide menggunakan daun semanggi sebagai corak batik dari daerah tersebut.

Motif daun semanggi yang cantik membuat masyarakat tertarik untuk membelinya. Tak ayal, respon positif dari masyarakat luas ini membuat para pembatik di kampung Batik Semanggi ini semakin memantapkan hatinya untuk berkecimpung lebih dalam lagi pada industri batik. Bahkan bagi para pengrajin batik ini, kata “Semanggi” bagi mereka memiliki arti tersendiri yakni singkatan dari “Semangat Tinggi” yang mencerminkan kebulatan tekat para pengrajin batik semanggi untuk berkarya.

Selain motifnya yang unik dan cantik, salah satu keunggulan batik semanggi dibandingkan dengan batik-batik produksi di tempat lain ada pada bahan pewarnanya. Batik Semanggi diketahui hanya menggunakan bahan pewarna alami seperti kulit jati, mangga, akar pohon pace, kunir dan tanaman-tanaman lainnya sebagai bahan campuran untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Penggunaan bahan alami sebagai pewarna batik semanggi tentu bukan tanpa sebab. Para pengrajin ingin menjadikan kampung batik semanggi sebagai industri tekstil yang ramah lingkungan. Mereka sadar apabila menggunakan bahan pewarna kimia, dan sisa cairan pewarna tersebut akan dapat mencemari lingkungan sekitar. Oleh karena itu dipilihlah bahan-bahan alami sebagai pewarna kain batik semanggi. Bahkan sisa cairan pewarna batik semanggi digunakan kembali untuk produk-produk turunan seperti tutup gelas.

Perkembangan kampung batik semanggi semakin tahun semakin maju. Apalagi turut pula dibantu oleh para mahasiswa dari universitas-universitas di Surabaya melalui program pengabdian masyarakatnya (Pengmas). Pendampingan dari para mahasiswa di bidang manajerial dan marketingnya membuat batik Semanggi mampu melebarkan sayapnya hingga ke luar pulau Jawa. Bakan untuk pemasarannya sendiri, kini para pengrajin batik semanggi telah meanfaatkan teknologi informasi seperti blog.

Semangat Tinggi yang tercermin dari batik Semanggi membuat Kampung batik Semanggi semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tak jarang kampung batik semanggi menjadi jujukan para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berbelanja kain batik semanggi ataupun mencicipi kuliner khas Kota Pahlawan, Semanggi Suroboyo.

Apabila anda tertarik membeli batik semanggi, anda bisa langsung mengunjungi kampung batik semanggi di kelurahan sememi, Suurabaya barat. Di sana anda bisa mmengetahui bagaimana proses pembuatan batik semanggi mulai dari menggambar pola di secarik kain, mencanting, hingga proses pewarnaan batik semanggi. Selain bisa berbelanja batik dengan harga yang lebih terjangkau, anda juga bisa menambah wawasan mengenai proses pembuatan batik semanggi.

Memang hingga ini batik semanggi masih mempertahankan proses produksi yang manual. dalam menggambar pola di kain masih menggunakan tenaga manusia, berikut juga ketika mencanting lilin panas sesuai dengan pola yang di gambar di atas kain tersebut masih mengandalkan tenaga manusia. Batik yang seratus persen produksi hand made ini tentu jauh lebih bernilai dibandingkan batik yang mengandalkan mesin untuk produksinya. Batik yang juga ramah lingkungan karena menggunakan pewarna alami ini juga tidak akan menimbulkan iritasi di kulit. Khususnya bagi anda yang memiliki alergi dengan pewarna buatan atau tekstil.

Selain itu dalam segi warna batik semanggi, termasuk awet. Meskipun menggunakan pewarna alami, warna yang terlahir di batik semanggi ini dapat lebih hidup, dan tidak mudah luntur ketika di cuci. Tentu akan sangat cantik apabila batik semanggi ini dijahit menjadi sebuah kebaya atau dress cantik untuk dikenakan. Tidak hanya kebaya dan juga dress, batik semanggi ini juga cocok untuk dijadikan kemeja kantor bagi para pria. Anda akan terlihat lebih gagah dengan batik semanggi yang cenderung memiliki warna kuat di setiap kain batiknya. Selain itu anda juga telah turut membantu warga surabaya lebih berdaya lagi dalam memenuhi kebutuhan hidup perekonomiannya.

Jika anda memiliki bisnis di bidang fashion, dan ingin meningkatkan bisnis anda, dengan bantuan dari penyedia jasa. anda bisa mendapatkan tenaga profesional untuk mengelola bisnis anda. Halo jasa akan membantu anda untuk mengatasi masalah bisnis anda.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top