Kesehatan

Mengerikan! Tubuh Anda Terkena Ancaman Penyakit Berbahaya Ini Jika Obesitas

Mengerikan,Tubuh Anda Terkena Ancaman Penyakit Berbahaya Ini Jika Obesitas

Sebuah penelitian medis telah membuktikan bahwa obesitas bisa memicu beberapa jenis penyakit autoimun. Penyakit ini muncul karena sistem kekebalan tubuh pada dasarnya akan merusak sistem itu sendiri. Sehingga seolah-olah tubuh tidak memiliki kemampuan apapun untuk mengendalikan kekebalan tubuh. Penyakit Crohn dan multiple sclerosis telah menjadi ancaman yang sangat serius ketika tubuh terkena obesitas.

Sponsor: cream pemutih wajah

Namun kondisi obesitas juga bisa memicu berbagai penyakit lain yang juga berbahaya. Pada dasarnya hormon dalam tubuh yang dikeluarkan oleh jaringan lemak bisa menyebabkan peradangan yang berbahaya. Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang bisa mengancam tubuh jika terkena obesitas, baik untuk anak muda atau orang dewasa.

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung selalu dikatakan sangat mudah terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebihan. Penyakit ini bisa terjadi pada anak-anak atau orang dewasa yang memang terkena obesitas. Penyakit jantung bisa mempengaruhi kualitas hidup dan bahkan menyebabkan kematian mendadak. Pada dasarnya kondisi ini sangat berhubungan dengan masalah kolesterol dalam tubuh, penumpukan lemak atau plak di beberapa arteri jantung dan juga resiko yang berhubungan dengan masalah tekanan darah tinggi.

2. Gangguan tidur berpotensi kematian

Kemudian kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan masalah yang sangat berat untuk sistem pernafasan atas. Kondisi ini yang akan menyebabkan bahaya yang terjadi saat tidur. Kelebihan berat badan bisa menyebabkan amandel membesar dengan cepat, kemudian lidah yang membesar dan juga adanya penumpukan lemak berlebihan pada bagian leher. Bahkan bagi orang yang sudah menderita asma maka kegemukan bisa menyebabkan henti nafas saat tidur yang bisa menyebabkan serangan berat. Kematian mendadak akibat obesitas saat tidur juga sudah meningkat dan ini tidak terjadi pada orang dewasa tapi juga anak-anak.

3. Penyakit kanker

Lemak yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan tingginya tingkat estrogen yang berpotensi menyebabkan kanker. Kemudian lemak yang tinggi dalam tubuh juga bisa menyebabkan tingginya tingkat leptin yaitu senyawa seperti adipokine yang bisa merangsang sel sehat menjadi sel kanker. Beberapa jenis kanker yang paling sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker kerongkongan, ginjal, kantung empedu dan kanker tiroid. Jadi ada banyak kanker yang bisa terjadi hanya karena obesitas dan pola hidup yang tidak sehat.

4. Lemak dalam hati

Kegemukan juga bisa membuat organ hati memiliki tumpukan lemak yang sangat berlebihan. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan minum alkohol. Namun obesitas juga menyebabkan hati mengandung lemak berlebihan. Awalnya obesitas bisa membuat tubuh mengalami resistensi insulin dimana tubuh tidak peka terhadap insulin sehingga kadar gula meningkat dengan cepat. Lalu kondisi ini juga akan menyebabkan fungsi hati terganggu akibat penumpukan lemak di hati.

Ternyata kegemukan bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya untuk tubuh. Potensi penyakit yang berbahaya ini terkadang juga muncul tanpa gejala sehingga membuat semua orang harus waspada. Dan mulai sekarang Anda bisa merubah berbagai kebisaan hidup yang buruk yang bisa memicu kegemukan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top