Kesehatan

Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Tidak Bisa Tidur?

Apa yang Harus Anda Lakukan Saat TidakBisa Tidur

Tidur menjadi cara yang sangat baik untuk membuat tubuh bisa istirahat dengan baik. Ketika tubuh Anda selalu kekurangan tidur maka ini bisa menyebabkan kelelahan akut. Rasa lelah yang terus menerus bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh. Kemudian efeknya semua sistem enzim dan hormon menjadi tidak seimbang. Jika terus terjadi dalam waktu lama maka Anda bisa mengalami resiko berbagai penyakit yang berat.

Sponsor: kezia skin expert

Tidak hanya insomnia tapi juga kerusakan sel yang menyebabkan kanker, obesitas, penyakit jantung dan beberapa penyakit lain. Tubuh membutuhkan mekanisme khusus agar bisa tidur dengan baik. Jika Anda sering tidak bisa tidur dengan baik, maka lakukan tips agar bisa tidur dengan nyenyak untuk penderita imsomnia seperti dibawah ini.

1. Jangan minum kopi atau teh malam hari

Banyak orang yang menghabiskan waktu bersantai di malam hari dengan minum kopi atau teh. Mereka berpikir bahwa minuman ini bisa memberikan kesan santai untuk tubuh setelah lelah bekerja. Namun minuman seperti teh dan kopi mengandung kafein yang bisa membuat rasa mengantuk hilang. Kafein akan membuat sistem dalam tubuh menjadi lebih cepat seperti aliran darah yang lebih dari biasanya. Ini akan membuat efek jantung bekerja keras sehingga detak jantung menjadi lebih cepat. Dan kemudian kafein juga bisa menghilangkan enzim yang membuat rasa mengantuk secara alami. Jadi lebih baik untuk minum air putih sebelum tidur daripada kopi atau teh.

2. Membuat tempat tidur menjadi nyaman

Salah satu penyebab sulit tidur mungkin termasuk tempat tidur yang tidak nyaman. Anda merasa bahwa ruang tidur Anda membosankan atau memberikan kesan takut. Jika seperti ini maka Anda bisa melakukan berbagai perubahan. Gunakan warna seprai, selimut atau bantal yang menjadi kesukaan Anda. Bersihkan kamar tidur Anda sehingga bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih nyaman. Anda juga bisa merubah tata letak perabot dan membuat akses yang nyaman ke luar rumah, seperti tempat tidur yang menghadap jendela. Lalu gunakan suhu AC yang sesuai dengan kondisi tubuh agar tidur lebih nyaman.

3. Sempatkan waktu untuk latihan rutin

Salah satu masalah ketika Anda tidak bisa tidur mungkin juga karena tubuh Anda kurang sehat akibat kurang latihan. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mencoba untuk melakukan latihan secara teratur. Beberapa latihan yang dianggap bisa membantu tubuh lebih sehat seperti jalan kaki atau berlari saat pagi hari. Saat tubuh Anda terasa lelah maka efek mengantuk bisa lebih cepat. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk latihan maka Anda bisa berlatih di waktu luang.

4. Jangan memegang gadget menjelang tidur

Kebiasaan melihat media sosial dan email menjelang tidur bisa menyebabkan hilangnya rasa mengantuk. Kondisi ini paling sering terjadi jika Anda termasuk orang yang aktif. Media sosial dan email bisa membuat otak tetap bekerja keras meskipun Anda sudah ingin tidur. Jadi letakkan ponsel jauh dari tempat tidur Anda. Radiasi ponsel yang mengenai tubuh saat malam hari juga bisa merusak sistem kesehatan.

Saat Anda merasa tidak ingin tidur maka jangan pernah memaksa tubuh Anda untuk tidur. Anda bisa bersantai disofa sambil membaca buku agar lebih santai. Dan segera tidur saat Anda benar-benar merasa mengantuk.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top