Kesehatan

Fakta Virus Zika yang Wajib Diketahui

Fakta Virus Zika yang Wajib Diketahui

Beberapa waktu yang lalu mungkin Anda pernah mendengar berita tentang penyebaran virus Zika. Virus ini menjadi sangat menakutkan karena bisa menyebabkan kematian dengan cepat dan tidak diketahui bagaimana cara untuk mengendalikan penyebaran virus. Virus disebarkan oleh nyamuk kemudian bisa menyebabkan infeksi dalam waktu yang sangat cepat.

Fakta Virus Zika yang Wajib Diketahui.2

Sponsorproduk pemutih wajah

Bagian yang paling menakutkan dari virus ini adalah ketika virus mengenai ibu hamil dan bisa menyebabkan resiko cacat janin dan kematian yang sangat mengerikan. Dibawah ini adalah berbagai berita tentang fakta virus Zika yang wajib diketahui, sehingga kita bisa lebih waspada.

  1. Negara yang terkena virus Zika

Kasus virus Zika memang berkembang di beberapa negara seperti Brazil, Puerto Rico, dan Kolombia. Beberapa negara bagian Amerika juga terkena seperti Texas, New York, Florida dan California. Sebenarnya virus ini menyebar dengan gigitan nyamuk yang terdiri dari campuran nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang lebih banyak berkembang di negara tropis, sub tropis, dan negara dengan iklim sedang. Namun akhirnya nyamuk ini juga banyak  berkembang di negara dengan suhu dingin.

  1. Cara penularan virus Zika

Virus Zika menyebar lewat gigitan nyamuk campuran dua Aedes seperti yang telah disebutkan diatas. Ketika penderita sudah digigit oleh nyamuk maka virus akan melewati darah dan kemudian penyebaran darah melewati transfusi juga bisa berkembang dengan cepat. Orang yang sudah terkena juga bisa menyebarkan virus dengan cepat melalui  hubungan seksual dan kontak lendir dalam tubuh. Karena penyebaran ini maka virus Zika bisa berkembang dengan cepat.

  1. Bagaimana cara mencegah penyebaran?

Untuk mencegah penyebaran maka hal yang perlu dilakukan adalah melindungi tubuh agar tidak terkena gigitan nyamuk penyebar virus Zika. Anda bisa mencoba untuk menggunakan pakaian yang panjang ketika keluar rumah, masuk ke kebun atau taman dan menjaga agar kondisi lingkungan atau rumah menjadi  bersih dan sehat. Anda juga bisa melengkapi jendela rumah dengan kawat penyaring nyamuk dan menggunakan bahan senyawa khusus untuk membunuh nyamuk namun aman untuk manusia.

  1. Bagaimana gejala infeksi virus Zika?

Gejala untuk infeksi virus Zika memang sangat mirip dengan gejala penyakit lain. Pada tahap awal Anda bisa merasakan nyeri sendi, demam, ruam pada kulit, mata menjadi merah, nyeri otot dan juga sakit kepala. Namun pada tahap awal ini maka banyak penderita yang tidak tahu karena gejala yang mirip seperti penyakit flu biasa. Kemudian semakin berat infeksi maka bisa menyebabkan gejala yang lenbih parah sehingga tubuh bisa sangat lemah. Dibutuhkan waktu selama beberapa hari hingga minggu sampai infeksi akan jelas terlihat.

  1. Ketika ibu hamil terkena infeksi virus Zika

Ketika ibu hamil sudah terkena infeksi virus Zika maka ada beberapa dampak yang terjadi pada janin. Kemungkinan janin akan mengalami penyakit seperti Microcephaly. Ini adalah sebuah cacat bawaan yang akan menyebabkan bayi lahir dengan kepala yang lebih kecil dan penyusutan volume otak yang cepat. Kondisi ini bisa menyebabkan bayi terlahir cacat dengan kondisi mental dan fisik yang lemah sehingga terkadang juga bisa menyebabkan kematian pada bayi.

Beberapa waktu yang lalu memang ada berita tentang vaksin untuk mencegah virus Zika. Hingga saat ini virus Zika memang masih menjadi virus yang misterius dan terus dilakukan penelitian untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top