Info Dokter

Yang Harus Dipahami Tentang Gejala dari Kanker Tulang

Gejala dari Kanker Tulang2

Jumlah penderita penyakit kanker tulang lebih sedikit kalau dibandingkan dengan penderita jenis kanker yang lain. Kira-kira prosentasenya hanya sekitar 0,2% dari keseluruhan penderita penyakit kanker. Sehingga bisa dibilang termasuk penyakit langka. Menurut data penelitian, setiap tahun terdapat sekitar 2890 orang saja di seluruh dunia yang yang didiagnosa mengidap kanker tulang, Walaupun dibilang langka, kanker tulang termasuk pada jenis kanker yang agresif dan aktif. Dan lebih banyak menyerang usia 10-20 tahun Bahaya dari penyakit ini, begitu menyerang dapat menggerogoti tulang hingga butuh tindakan amputasi. Sebab kalau tidak, akan berisiko terhadap keselamatan jiwa penderita. Sehingga setiap dari kita wajib mengetahui dan memahami gejala kanker tulang. Pada artikel kali ini akan menjelaskan macam dan gejala dari kanker tulang.

gejala dari kanker tulang

Sponsor  – halo jasa

Jenis Kanker Tulang

Berdasarkan atas penyebab kanker tulang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer ialah kanker yang terjadi karena sel-sel kanker bersumber dari tulang itu sendiri. Sedangkan penyakit kanker tulang jenis sekunder di mana sel-sel kanker berasal dari organ-organ tubuh lain yang terinfeksi, seperti kanker otak, kanker rahim, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, serta jenis kanker lainnya. Sebab kanker juga dapat menyerang organ lainnya. Sementara kanker tulang primer sendiri terdapat 3 jenis, yakni:

  • Osteosarcoma: kanker tulang yang sering menyerang lutut dan lengan bagian atas. Sel-sel kankernya bersumber dari jaringan osteoid yang terdapat pada tulang.
  • Chondrosarcoma: Kanker tulang yang kerap menyerang bagian panggul, bahu, serta kaki bagian atas. Sel-sel kanker berasal dari jaringan tulang rawan.
  • Ewing Sarkoma: Kanker tulang yang selalu menyerang pada bagian tulang lengan dan kaki, tulang punggung, serta tulang panggul. Sel-sel kanker ini bersumber dari jaringan syaraf primitif pada jaringan lunak ( jaringan fibrosa, otot, pembuluh darah, lemak, serta jaringan pendukung lainnya) dan tulang.

gejala dari kanker tulang

Penyebab Kanker Tulang

Pada umumnnya munculnya kanker tulang, yang kerap menjadi gejala awal adalah deformasi patologis tulang, rasa sakit yang terus menerus pada bagian punggung, terjadinya patah tulang pada satu atau beberapa bagian tubuh tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya, serta terjadinya distal mati rasa pada bagian tubuh disebabkan penekanan pembuluh darah pada syaraf yang dilakukan oleh tumor. Selain itu biasanya muncul benjolan di permukaan tulang, terjadi peradangan, merasakan lelah berlebih, berat badan turun drastis secara tiba-tiba, sakit terus menerus di bagian persendian tulang disertai bengkak.

Berawal dari gejala-gejala itulah kanker tulang kemudian berkembang melalui beberapa tahapan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Rasa Nyeri Berkepanjangan Pada Tulang. Salah satu ciri kanker tulang yang paling mudah dideteksi yakni merasakan nyeri berkepanjangan di tulang belakang. Utamanya pada bagian punggung dan leher, pula disertai dengan rasa nyeri dan ngilu. Kemudian rasa sakit tersebut lambat laun menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Penyebaran terjadi karena dipengaruhi oleh tempat pertumbuhan abnormal. Apabila sel-sel kanker hanya menyebabkan iritasi dan peradangan kecil, maka rasa sakit akan muncul di bagian belakang tubuh. Tetapi jika syaraf ditekan oleh sel-sel kanker, rasa nyeri menyebar ke bagian-bagian yang menjadi tempat penyebaran sel kanker tersebut.

Menurunnya Kemampuan Beraktifitas. Kemudian gejala kanker tulang yang selanjutnya yaitu dengan perlahan tingkat kreatifitas menurun. Gejala ini akan sedikit mempengaruhi aktifitas anda. Sebab sel-sel kanker yang menekan syaraf dengan sangat kuat, bisa menyebabkan kemampuan seseorang selama beraktifitas menurun. Hal tersebut terjadi karena terjadinya gangguan terhadap tulang belakang, terutama pada bagian impuls-impulsnya. Sewaktu kanker memicu terjadinya peradangan besar, maka kemampuan otak dalam berkomunikasi dengan anggota tubuh yang lain tidak lagi dapat berjalan dengan maksimal. Sehingga kaki terasa susah untuk digunakan berjalan, saat memegang sesuatu tangan terasa meraih dan gejala-gejala  lainnya.

Kepekaan Mengalami Penurunan. Ketika dirasa kepekaan terhadap sentuhan mengalami penurunan, bisa jadi ini gejala kanker tulang. Disebabkan adanya peradangan, tekanan dan pengaruh kanker tulang belakang, karena syaraf pusat berada pada bagian sumsung tulang belakang. Menurunnya kepekaan inilah yang menyebabkan penderita kanker tulang mulai sulit merasakan suhu yang panas atau dingin saat menyentuh sesuatu. Begitu halnya dengan menurunnya kemampuan otak waktu berkoordinasi dengan anggota tubuh yang lain.

Mengalami Inkontinensia. Gejala inkontinensia hampir mirip dengan gejala menurunnya kemampuan beraktifitas. Perbedaan pada gejala inkontinensia adalah hilangnya kemampuan seseorang dalam mengontrol kinreja dari usus serta kandung kemih yang disebabkan oleh impuls impuls syaraf yang terganggu.

Mengalami Kelumpuhan. Apabila penyakit kanker tulang sudah kian parah atau pada stadium tertentu, penderita berpeluang mengalami kelumpuhan, baik pada salah satu, beberapa, maupaun pada keseluruhan anggota badan. Tergantung dari ukuran dan bagian pertumbuhan sel-sel kanker. Karena syaraf yang terserang kanker seolah terputus dari rangkaian syaraf secara keseluruhan.

Mengalami Pembengkakan. Terkadang akan memicu pembengkakan pada tulang. Entah itu berupa benjolan ataupun ada sesuatu yang ada di dalamnya. Terjadi Patah Tulang. Sel kanker dapat melemahkan tulang sehingga menyebabkan patah tulang. Bisa pula kerusakan tulang terjadi pada tulang yang sebelumnya terasa sakit. Mengalami Penurunan Berat Badan Secara Tiba-Tiba. Penurunan berat badan yang dengan tiba-tiba merupakan gejala kanker pada umumnya, termasuk kanker tulang. Itulah beberapa gejala kanker tulang. Setelah membaca ini, harapannya anda menjadi peka dan hati-hati terhadap perubahan tubuh. Supaya kanker bisa terdeteksi sejak dini. Anda bisa mengkonsultasikan kesehatan anda kepada tenaga profesional di bidang kesehatan yang disediakan oleh  halo jasa. Halo jasa akan menyediakan tenaga profesional yang akan membantu setiap masalah anda.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top