Info Dokter

Waspadai gejala penyakit sinusitis yang jarang disadari

waspadai gejala penyakit sinusitis ini.

Flu dan juga pilek mungkin penyakit yang tergolong ringan. Namun, meskipun dikatakan ringan, penyakit tersebut sangat membuat jengkel penderitanya. Namun banyak yang mengatakan bahwa flu yang terus menerus pertanda penyakit sinusitis. Lantas apakah anda sudah mengetahui apa itu penyakit sinusitis? Sedari sekarang anda harus waspadai gejala penyakit sinusitis ini. Namun banyak dari masyarakat umum yang belum menyadari penyakit sinusitis ini.

waspadai gejala penyakit sinusitis ini

Sponsor  – halo jasa

Sebenarnya apakah penyakit sinusitis ini? Bagi anda yang belum mengetahui apa itu penyakit sinusitis ini maka anda harus membaca artikel ini hingga akhir. Penyakit sinusitis sebenarnya bukan penyakit yang baru. Penyakit ini sudah lama ditemukan. Namun karena gejalanya hampir sama dengan flu biasa maka banyak orang yang tidak menyadari kehadirannya. Penyakit sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus manusia. Sinus merupakan bagian tubuh manusia yang berupa rongga berisikan udara dan terletak di belakang tulang pipi dan tulang dahi.

Penyakit sinusitis ini termasuk penyakit yang tidak pilih-pilih dalam menyerang orang. Semua orang baik pria maupun wanita, muda maupun tua memiliki potensi yang sama untuk terkena penyakit sinusitis ini. Sebenarnya penyakit sinus ini apabila cepat ditangani tidak akan sampai membahayakan. Namun seringkali penyakit ini terabaikan sehingga naik level. Adapun level-level yang dimaksud adalah

  1. Sinusitis level akut
  2. Sinusitis level subakut
  3. Sinusitis level kronis
  4. Sinusitis level kambuhan

Umumnya gejala sinus dapat dikenali dengan beberapa hal ini, antara lain:

  1. Penderita merasakan sakit kepala yang tak tertahankan.
  2. Penderita mengalami demam dengan suhu bisa lebih dari 38 derajat celcius
  3. Penderita mengalami tersumbatnya hidung bahkan hingga keluar cairan kuning kehijauan dari lubang hidung.
  4. Penderita merasa nyeri pada bagian wajah tepatnya di samping kiri dan kanan hidung dan akan merasa kesakitan apabila ditekan.
  5. Penderita juga merasa indera penciumannya semakin kabur.
  6. Selain itu umumnya penderita juga akan mengeluarkan nafas yang berbau.

Sedangkan gejala yang dialami pada penderita yang masih anak-anak sebenarnya tidak jauhh berbeda yakni :

  1. Anak-anak yang menderita sinusitis akan lebih mudah merasa kesal.
  2. Nafsu makannya akan mulai menurun
  3. Ia juga akan terlihat seringkali bernafas melalui mulut mereka akibat lubang sinus yang tertutup lendir.
  4. Suara mulai terdengar sengau akibat hidung yang tersumbat

Apabila anak anda mengalai gejala yang seperti ini maka anda harus segera membawanya ke dokter. Penanganan yang cepat akan mencegah sinusitis yang di deritanya naik ke level yang lebih berbahaya.

Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang terkena penyakit sinusitis ini?

Hal yang menyebabkan seseorang diserang oleh penyakit sinusitis umumnya pada orang dewasa diakibatkan oleh peradangan pada dinding dalam hidung. Seringkali hal ini diakibatkan oleh flu atau pilek yang tak kunjung sembuh, yang kemudian virus flu disebarkan oleh sinus dari saluran pernapasan bagian atas. Tersebarnya irus ini di dinding hidung bagian dalam akan menyebabkan peradangan dan memunculkan penyakit sinusitis pada diri manusia.

Namun selain infeksi virus, sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi gigi, ataupun kebiasaan merokok. Infeksi ini terjadi biasanya setelah seseorang mengalami flu, sehingga bakteri sekunder yang menyebabkan peradangan di bagian sinus mulai menyebar.

Sedangkan pada anak-anak, munculnya penyakit sinusitis ini bisa disebabkan oleh adanya alergi, tertular penyakit sinusitis dari teman atau lingkungan sekitarnya, kebiasaan minum menggunakan dot atau botol sambil berbaring serta juga bisa disebabkan karena ia tinggal di rumah yang penuh asap. Dari berbagai potensi penyebab ini kita sebagai orang tua bisa menghindarkan anak kita dari penyakit sinusitis ini dengan cara menjaga pergaulannya agar tidak bergaul dengan penderita sinusitis, membiasakan mereka untuk minum sambil duduk, membuat ventilasi dan menjaga kualitas udara yang ada di dalam rumah.

Rupanya penyakit menjengkelkan sinusitis ini juga dapat menjadi pemicu munculnya penyakit-penyakit lainnya. Hal ini akan terjadi ketika penyakit sinus yang anda derita tidak segera di obati dengan benar sehingga terus semakin parah menjadi sinusitis kronis. Berbagai bahaya ketika sinusitis tidak ditangani dengan benar antara lain:

  • Dapat menyebabkan penyakit meningitis atau yang biasa disebut dengan kanker otak. Sinusitis apabila tidak ditangan dengan cepat dan tepat maka infeksi pada sinus dapat menyebar ke dinding otak. Hal inilah yang kemudian akan berkembang menjadi penyakit meningitis. Seperti yang anda ketahui meningitis merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena dapat mengancam jiwa penderitanya.
  • Penyakit sinusitis apabila tidak ditangani dengan tepat dan cepat dapat membuat indera penciuman penderita menjadi rusak. Kerusakan ini bisa sebagian maupun keseluruhan. Dampaknya penderita tidak akan bisa mencium apapun.
  • Selain rusaknya indera penciuman, sinusitis yang dibiarkan hingga kronis juga dapat menyebabkan permasalahan pada indera penglihatan. Penglihatan penderita akan berkurang mulai dari sebagian hingga keseluruhan alias buta.
  • Sinusitis yag sudah level kronis juga dapat menjadi pemicu munculnya infeksi kulit atau tulang.

Demikianlah gejala dan juga bahaya dari penyaki siusitis yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Apabila ada kerabat atau anak anda yang mengalami gejala sebagai berikut maka segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Anda bisa mengkonsultasikan kesehatan anda kepada tenaga profesional di bidang kesehatan.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top