Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Sarapan atau makan pagi adalah hal penting dan dibutuhkan untuk mengisi energi agar dapat menjalani aktivitas dengan baik dan tubuhpun sehat. Setiap orang memiliki selera menu masing-masing. Menu sarapan juga bisa berbeda berdasarkan budaya bahkan negara. Nah, kalau kamu kangen sarapan makanan Indonesia, yuk intip daftar menunya.

Siapa tahu kamu sedang studi lanjut di luar negeri, atau kamu sudah keseringan membuat sarapan praktis ala barat jadi sekarang ini sedang rindu dengan masakan yang Indonesia banget.

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Para pakar menganjurkan pagi hari menyantap makanan yang ringan bagi kinerja pencernaan. Sarapan jangan langsung menyantap makanan yang berat-berat. Sehingga pagi hari lebih baik mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Sarapan memberikan manfaat bagi tubuh manusia, diantaranya adalah memberikan nutrisi pada otak dan tubuh, sekaligus dapat menjadi sarana untuk mengendalikan berat badan.

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

sponsored : perawatan wajah

Perkembangan teknologi saat ini ternyata juga berdampak bagi kehidupan sosial manusia, salah satunya adalah ketika kita ingin mencari sarapan. Kalau beberapa tahun yang lalu, kita masih mudah untuk menemukan berbagai makanan sarapan tradisional khas Indonesia, kini keberadaannya sedikit demi sedikit mulai berkurang variasinya.

Orang-orang yang tinggal di kota-kota besar, lebih memiliki menu sarapan yang praktis dan lebih condong modern, contohnya sereal, susu atau roti. Makanan ini dipilih sebagai menu sarapan karena dianggap cepat mengolahnya, dan efektif bagi mereka yang tak punya waktu banyak untuk memasak. Padahal jika membandingkan jumlah vitamin, mineral dan kalsium, makanan tradisional pun sehat dan baik bagi kesehatan tubuh.

Jadi, supaya beberapa menu sarapan khas Indonesia tidak semakin menghilang, kamu harus ikut melestarikannya. Caranya adalah memilih menu sarapan khas Indonesia, dengan aturan makan yang tepat dan sehat untuk tubuh.

Berikut daftar menu-menu khas Indonesia yang bisa kamu pilih untuk sarapan:

1. Soto

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Soto menjadi pilihan menu sarapan orang Indonesia, karena murah, kenyang dan mudah dijumpai di pinggir jalan ataupun di pasar. Jika disantap dengan porsi yang benar, maka soto tidak akan terlalu mengenyangkan.

Soto ada di banyak daerah di Indonesia, sehingga mempengaruhi jenis soto itu sendiri. Contohnya ada soto Betawi, soto Kudus, soto Lamongan, soto Surabaya, soto Makassar (sering disebut cotto), soto Banjar dan lain sebagainya. Cara memasak masing-masing soto pun berbeda, tinggal kamu lebih suka dengan yang mana.

2. Bubur

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Bubur juga menjadi salah satu pilihan favorit orang Indonesia untuk sarapan. Menu yang satu ini pun ada berbagai macam jenisnya. Sebut saja bubur Ayam Cirebon, bubur Manado atau Tinutuan yang merupakan salah satu makanan khas dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Lalu ada jenis bubur Sumsum, biasanya dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang disajikan dengan kuah gula merah cair atau dalam bahasa Jawa disebut juruh. Ada pula bubur kacang ijo yang seringkali ditambahkan dengan ketan hitam lalu disiram dengan kuah santan. Khusus bubur kacang ijo ini, bisa disantap selagi masih panas atau ditambahkan es.

Bubur tidak terlalu berat untuk sarapan pagi, tetapi cukup untuk memberikan energi.

3. Ketupat / Lontong Sayur

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Nama ketupat sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Apalagi jika musim hari raya Lebaran tiba, pasti ketupat menjadi salah satu menu wajib ada di meja makan. Ketupat dan Lontong memiliki cara pembuatan yang hampir sama. Perbedaannya ketupat dibungkus dengan daun kelapa lalu dikukus dengan bentuk segi empat. Sedangkan lontong dibungkus dengan daun pisang atau kadang-kadang plastik lalu bentuknya memanjang.

Lontong memiliki beberapa jenis, contohnya lontong sayur Medan, ataupun lontong Cap Gomeh. Bahan pelengkap menu sarapan ini adalah tentu saja ketupat atau lontong, yang kemudian dipotong-potong, dan disiram dengan kuah santan dengan isian sayur kacang panjang dan labu, lalu ditambahkan bawang goreng dan kerupuk. Sedangkan lauk tambahannya tergantung selera, bisa ditambah tahu, tempe ataupun telur.

4. Mie

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Siapa sih yang tidak suka dengan mie? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, rasanya sulit untuk menolak menu makan yang satu ini. Jenis makanan yang tergolong ke dalam mie ada macam-macam, contohnya saja mie, bihun atau kwetiaw. Tetapi yang paling banyak dan sering dipilih untuk menu sarapan adalah bihun goreng, mie goreng dan mie ayam.

Mie khususnya mie instan adalah salah satu menu sarapan untuk orang yang inginnya cepat, praktis, murah meriah, dan tidak terlalu jago masak.

Mie instan menawarkan beragam rasa yang cocok di lidah orang Indonesia, itu sebabnya mie instan sangat digemari. Jenisnya pun ada mie rebus, atau mie goreng. mie instan tidak terlalu banyak porsinya, sehingga kadangkala ada yang merasa kurang nendang atau tidak kenyang jika hanya menyantap 1 bungkus saja. Banyak yang kemudian menambahkan beragam sayuran, telur, sosis ataupun bakso agar lebih bergizi dan cukup memberikan energi.

Penting untuk diingat mengkonsumsi mie instan tidak boleh terlalu sering, karena tidak zat pengawet yang ada di dalamnya tidak baik untuk kesehatan.

5. Nasi

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Namanya juga orang Indonesia, rasanya tidak lengkap dan belum disebut makan jika belum menyantap nasi. Untuk sarapan, jenis nasi yang biasa disantap oleh orang Indonesia adalah nasi uduk, nasi kuning, nasi  gudeg, nasi liwet, nasi rawon, nasi kucing dan yang paling simpel adalah nasi telor ceplok. Jadi, yang menjadi favoritmu nasi apa?

6. Cemilan

Kangen Sarapan Makanan Indonesia? Yuk, Intip Daftar Menunya

Cemilan yang paling banyak dipilih orang Indonesia sebagai cemilan sarapan adalah gorengan. Ya. Jika kamu lihat, di pinggir-pinggir jalan banyak sekali gerobak para penjual gorengan. Beragam gorengan disajikan dengan beragam harga dan jenis. Mulai dari tahu isi, bakwan, tempe, singkong, ubi, pisang, dan cireng.

Cemilan lain khas sarapannya orang Indonesia selain gorengan adalah jajan pasar. Bermacam-macam kue jajan pasar juga dijajakan oleh para penjual sarapan di pinggir jalan ataupun di pasar-pasar. Ragamnya ada risoles, lemper ayam, lumpia, martabak, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi beragam jenis menu sarapan asli Indonesia. Kalau kamu lebih suka dan sering menikmati sarapan yang mana? Penting untuk diingat, aturlah agar sarapanmu memiliki gizi yang seimbang, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaatnya. Okay!? Selamat memilih sarapan!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top