Entertainment

Inilah Sejarah Kisah Di Balik Lambang Zodiac (Bagian 3)

sejarah kisah di balik lambang zodiac

Setelah artikel sebelumnya sudah mengulas sejarah mitologi zodiac Virgo, Libra. Kali ini penulis akan mengulas sejarah kisah di balik lambang zodiac dari Sagitarius, Capicorn, Aquarius, dan Pieces. Yuk, langsung saja!

Sponsored: kezia skin expert

  1. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

sejarah kisah di balik lambang zodiac

Inilah kisah di balik bagaimana sagitarius dapat menjadi zodiak yang kita kenal saat ini.

Lambang dari zodiak Sagitarius ialah Centaur. Yang mana sebuah mahluk dengan kepala, tangan, dan dada manusia tetapi  badan berbentuk kuda. Sementara kisah mitologi dari asal mula zodiak Sagitarius ini berasal dari tokoh mitologi Chiron. Chiron adalah centaur ternama yang merupakan anak Poseidon. Dengan mempunyai sifat bijak yang diajarkan oleh Apollo dan Artemis. Chiron pun merupakan kawan dari berbagai tokoh ternama mitologi seperti Hercules dan Achilles.

Sayangnya dalam sebuah perkelahian, Hercules mencoba melindungi dirinya dari serangan panah beracun lawan, tetapi  justeru menyebabkan panah beracun tersebut mengenai kaki Chiron. Chiron mempunyai keabadian sehingga tidak dapat mati. Belum lagi harus merasakan rasa sakit yang luar biasa. Setelah itu Hercules berjanji untuk membantu Chrion. Sewaktu pengelanaan mereka Hercules bertemu dengan Prometheus—pencipta umat manusia yang terkurung.

Satu-satunya cara Prometheus agar dapat terbebas adalah ada seseorang yang menggantikan dirinya untuk dikurung. Walaupun sedang mengalami rasa sakit, Chiron bersedia menggantikan Prometheus. Melihat tindakan pahlawan tersebut, Zeus  mepersilakan Chiron untuk memberikan keabadiannya ke Prometheus. Lalu menempatkan Chiron di rasi bintang sebagai zodiak Sagitarius.

  1. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

sejarah kisah di balik lambang zodiac

Capricorn yaitu salah satu dari dua belas zodiak mempunyai cerita berbeda tentang asal muasalnya. Lambang dari Zodiak Capricorn memiliki bentuk unik semacam lambang zodiak Sagitarius yakni memiliki tubuh setengah domba/kambing namun dengan bentuk ekor seperti ikan. Asal mula dari zodiak Capricorn bermula dari kisah kelahiran Zeus. Zeus sendiri adalah Raja para Dewa. Pada saat kelahirannya, ibu Zeus bernama Rhea takut suaminya—yang bernama Kronos—memakan  anaknya. Lalu Rhea membawa Zeus ke Crete dan memberikannya ke Amaltheia, Si Peri Kambing secara diam-diam. Amaltheia mengasuh Zeus penuh cinta dan dengan segenap pengabdian terbesar. Iarela memberikan susunya sendiri meskipun Zeus bukan anak kandung. Menyembunyikan Zeus dari Kronos dengan menggantungkannya tinggi-tinggi di sebuah pohon supaya Kronos tidak bisa menemukannya baik di bumi, surga, ataupun laut. Singkat cerita, Zeus kemudian menjadi raja dari para dewa. Hebatnya ia tidak pernah melupakan kebaikan dari Amaltheia. Zeus mengubah salah satu tanduk Amaltheia menjadi tanduk penuh kelimpahan, yang dapat memberikan segalanya.  Selain itu Zeus juga menempatkan penggambaran Amaltheia di antara para bintang sebagai zodiak Capricorn. Seperti itulah awal mula lambang dari zodiak Capricon.

  1. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

sejarah kisah di balik lambang zodiac

Berikut adalah bagaimana terciptanya zodiak aquarius.

Zodiak Aquarius mempunyai bentuk lambang seseorang yang menuangkan air dari kendinya. Lambang tersebut dipercaya bahwa itu adalah perlambangan dari kisah Ganymede. Seorang pangeran dan orang tertampan di Troy. Zeus sebagai dewa yang sangat suka dengan manusia cantik dan tampan juga tertarik dengan Ganymedes. Ia bahkan mengubah dirinya menjadi elang raksasa agar bisa membawa Ganymedes menuju Olympus.

Di sana Zeus menugaskan Ganymedes untuk menjabat sebagai juru minum pribadi. Meski itu merupakan sebuah jabatan yang cukup tinggi namun suatu Ganymedes yang diculik dari kerajaan. Keluarga Ganymedes sudah merasa muak akan masalah tersebut. Kemudian Ganymedes menuangkan semua air, ambrosia, dan anggur yang ada. Sehingga menyebabkan hujan tiada henti di Bumi yang akhirnya mengakibatkan air bah atau banjir raksasa.

Pada awalnya Zeus ingin menghukum Ganymedes, namun segera ia menyadari bahwa tindakannya memang cukup jahat ke Ganymedes. Ia tidak jadi menghukum, melainkan memberikan Ganymedes sebuah tempat di rasi bintang sebagai konstelasi Aquarius.

  1. Pisces (19 Febuari – 20 Maret)

sejarah kisah di balik lambang zodiac

Kisah mitologi dari bagaimana konstelasi pisces dikenal sebagai zodiak pisces. Perlambangan dari zodiak Pisces adalah kedua ikan yang berenang dengan arah yang berbeda. Di mana dikisahkan bentuk tersebut mempuyai makna sebuah tindakan penyelamatan Aprhodite beserta anaknya. Cerita tersebut dimulai sesudah Zeus mengalahkan ayahnya Kronos dan anak-anak Gaia. Gaia ingin membalas dendam. Lalu ia menciptakan sebuah monster mengerikan bernama Typhon yang disebut-sebut sebagai monster terbesar serta paling mengerikan yang pernah ada.

Setelah itu Thypon menyampaikan deklarasi perperangan ke semua Dewa Olympus. Namun para dewa berusaha menyembunyikan mereka dengan penyamaran. Zeus mengambil bentuk domba jantan. Sementara Hera menjadi sapi putih, sedangkan Artemis menjadi kucing. Kemudia Ares menjadi babi hutan liar dan seterusnya. Yang terakhir ialah Dewi Cinta dengan kecantikannya. Aphrodite dengan anaknya bernama Eros. Mereka menyelam ke kedalaman laut. Mereka mengambil dua bentuk ekor ikan. Sesudah Typhon berhasil dikalahkan, semua dewa kembali ke bentuk asal. Aphrodite yang merasa berterima kasih atas ikan yang sudah meminjamkan bentuk ekor, menjadikan penggambaran mereka (dua ikan) di langit malam. Macam itulah bagaimana Pisces menjadi rasi bintang. Mereka menjadi zodiak terakhir dalam mitologi Zodiak Yunani.

Seperti itulah bermacam kisah dari seluruh zodiak. Kita tidak tahu cerita tersebut benar atau Cuma mitos belaka. Tetapi bisa kita ambil dari sisi hiburannya saja. Semoga terhibur, ya!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top